MANAGEMEN BLOG GEMPA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LITERASI SD PASCA GEMPA BUMI DI KECAMATAN CUGENANG CIANJUR

  • Nandang Kusnandar Universitas Islam Nusantara
  • Sopandi Sopandi Universitas Islam Nusantara
  • A. Mokh. Taufik Universitas Islam Nusantara
  • Ai Aisyah Universitas Islam Nusantara
  • Susi Susi Universitas Islam Nusantara
  • Ricky Yoseptry Universitas Islam Nusantara
  • Eva Dianawati Wasliman Universitas Islam Nusantara
Keywords: Manjemen, Blog Gempa, Literasi, Pengawas Sekolah, Rapot Pendidikan.

Abstract

Rapor pendidikan yang telah ditetapkan pemerintah sebagai standar  mutu pendidikan mencakup area yang berkaitan dengan input, proses dan output pembelajaran. Dalam rapor pendidikan memuat capaian kompetensi literasi dan numerasi. Capaian literasi pada raport pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Cugenang masih kurang. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pengawas sekolah di kecamatan Cugenang adalah melalui  Blog GEMPA.  Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi  manajemen Blog Gempa  dalam upaya meningkatkan kualitas literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan metoda kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data wawancara, studi dokumentsi dan observasi lapangan. Kesimpulan hasil penelitian tahap Perencanaan Program terdiri dari analisis kebutuhan, analisis sumber daya, desain blog, sosialisasi dan bimbingan teknis. Pengorganisasian program memuat pembagian tugas  dari kordik, pengawas, kepala sekolah, guru dan Operator sekolah. Tahap pelaksanaan dimulai dari koordinasi, sosialisasi, pendampingan, unggah hasil tulisan. Evaluasi Program memuat ketercapaian tujuan, target, sasaran, dan kendala. Kendala yang ditemui yaitu rendahnya kompetensi guru dalam penggunaan teknologi, kurangnya sarana dan prasarana, keterbatasan aplikasi Blog gempa  serta jaringan internet yang masih kurang stabil. Solusi yang dilakukan oleh para pengawas bina diantaranya melakukan komunikasi kepada kepala sekolah dan guru, bimbingan dan monitoring secara periodik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayub D.I, Otavianus. S. Lesmi. K. (2023). Metode Penelitian Pendidikan Praktis. Widina Bhakti Persada Bandung.

Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/2603

Kyalo, E. M. (2021). Implementation of Digital Literacy Program in Public Primary Schools: a Case Study of Makueni County, Kenya. erepository.uonbi.ac.ke. http://erepository.uonbi.ac.ke/handle/11295/155868

Lawson, H. A., Caringi, J. C., Gottfried, R., & ... (2019). Educators’ secondary traumatic stress, children’s trauma, and the need for trauma literacy. … Educational …. https://meridian.allenpress.com/her/article-abstract/89/3/421/425864

Mania, S. (2018). OBSERVASI SEBAGAI ALAT EVALUASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

PUTRI, R. (2022). PEMBELAJARAN AKTIF DAN KREATIF “6 LITERASI DASAR.” repository.radenintan.ac.id. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19833

Rochanah, S. (2018). Management Of Character Leadership Student Leadership In Secondary Middle School Nsq City Cirebon (Vol. 5, Issue 1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ijer

Rosiani, D., Putri, S. A., Astuti, I., Ngatilah, N., Azizah, N. A., & ... (2019). Menembus batas: antologi esai dan feature diseminasi gerakan literasi nasional. repositori.kemdikbud.go.id. https://repositori.kemdikbud.go.id/25633/

Shilpa, K., Kumari, A., Das, M. M., & ... (2023). Exploring Trauma Literacy Quotient Among Indian Journalists and a Way Forward in Post-Pandemic Era: A Case Study of India. Journalism &Mass …. https://doi.org/10.1177/10776958231161889

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Yesi Puspitasari, Fuad Burhanul Bulqiah, Dimas Pratama Herdiansyah, Siti Nur Komariyatul Hasanah, Ita Uzzakah, Rian Agus Prakoso, Niken Pundri Selvianda, Yudis Setiawan, Malikal Balqis, Khozaimah, K., & Raudhatun Nadiyah. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT LANSIA BUTA AKSARA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DAN MENULIS DI DESA SILIWUNG. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 717–722. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i4.6465

Published
2024-06-20
How to Cite
Kusnandar, N., Sopandi, S., Taufik, A., Aisyah, A., Susi, S., Yoseptry, R., & Wasliman, E. (2024). MANAGEMEN BLOG GEMPA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LITERASI SD PASCA GEMPA BUMI DI KECAMATAN CUGENANG CIANJUR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(4), 1745 - 1761. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1300
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)