IMPLEMENTASI SUPERVISI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA BIDANG PENGEMBANGAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (P3TK)
Abstract
Suatu organisasi bisa sukses tergantung dari sumber daya manusia dalam mengelola organisasi. Untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas pada suatu organisasi atau lembaga pendidikan perlu dilakukan pengembangan. Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menjamin kualitas sumber daya manusia yaitu pemberian bimbingan dan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif sebagaimana layaknya seorang pegawai suatu lembaga pendidikan. Kegiatan supervisi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan. Kegiatan pengawasan dilaksanakan secara sistematis oleh atasan sebagai pengawas agar seluruh pegawai dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai pelaksanaan supervisi terhadap kinerja pegawai pada Bidang Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P3TK) Dinas Pendidikan Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pendidikan Kota Bandung pada Bidang Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P3TK). Hasil penelitian implemantasi supervisi terhadap kinerja pegawai pada Bidang P3TK meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Implementasi supervisi dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Bidang Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P3TK) Dinas Pendidikan Kota Bandung, Umumnya telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan sehingga dapat meningkatkan Kinerja pegawai sesuai dengan tugas pokok fungsinya masing-masing.
Downloads
References
Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., & ... (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. … Wahana Pendidikan. https://jurnal.unigal.ac.id/jwp/article/view/7639
Amadi, A. S. M., & Anwar, N. (2023). Ragam Pendekatan dalam Supervisi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/10022
Arifin, M. (2019). Pengantar ilmu pendidikan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=kn6QDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=pentingnya+pendidikan+yang+tujuannya+adalah+untuk+meningkatkan+kecerdasan+intelektual+individu+meningkatkan+perilaku+sebagai+makhluk+sosial+dan+mempengaruhi+peningkatan+kematangan+hidup&ots=FqManNbplJ&sig=VWeyg_VlmYOEosoNuRkDlwvEBHk
Gapari, M. Z. (2021). Pelaksanaan Teknik Supervisi dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di SMPN 2 Jerowaru. MANAZHIM. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim/article/view/1064
Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/1100
Harahap, F. A., Yunita, E., Harahap, T. S. A., & ... (2023). Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sekolah SMP Swasta PAB 1 Medan Estate. … Riset Pendidikan …. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/view/775
Hidayah, B. (2020). Supervisi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan. http://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/murobbi/article/view/385
Hs, S. (2019). Penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/21164
Lakapung, H. A., Goru, R., Perseveranda, M. E., & ... (2023). Dampak Sertifikasi Guru, Supervisi Pengawas, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan). Jurnal Ekonomi …. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/1535
Lubha, L., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Kepegawaian (Ketenagaan) Pendidikan. Jurnal Ilmu Multidisplin. https://greenpub.org/JIM/article/view/44
Muchlis, M. (2022). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational …. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/ALIGNMENT/article/view/3776
Noverta, W. (2019). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah. osf.io. https://osf.io/preprints/inarxiv/7qby3/
Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=nvOiEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pentingnya+pendidikan+yang+tujuannya+adalah+untuk+meningkatkan+kecerdasan+intelektual+individu+meningkatkan+perilaku+sebagai+makhluk+sosial+dan+mempengaruhi+peningkatan+kematangan+hidup&ots=ytHjKez1rx&sig=hHUefmZJoUU77bStNiZq2245EWI
Riska, S. A. (2021). Supervisi Pendidikan. osf.io. https://osf.io/preprints/q6jxh/
Rohmawati, O., Poniyah, P., & Adiyono, A. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/16
Saharudin, S., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi pendidikan. Jurnal Ilmu Multidisplin. https://greenpub.org/JIM/article/view/57
Sukiyat, H. (2020). Strategi implementasi pendidikan karakter. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=g6XODwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pentingnya+pendidikan+yang+tujuannya+adalah+untuk+meningkatkan+kecerdasan+intelektual+individu+meningkatkan+perilaku+sebagai+makhluk+sosial+dan+mempengaruhi+peningkatan+kematangan+hidup&ots=Oh952F9Qq_&sig=5pjiqWYDKpczSNDMJJ9pTMp04ag
Supadi, A. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kompetensi Pedagogik Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Gunung Mas Kecamatan Marga …. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni …. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/8380
Ubabuddin, U. (2020). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Tugas Dan Peran Guru Dalam Mengajar. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan …. https://e-journal.uac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/512
Wiliyanto, N. R. (2020). Manajemen Pendidikan Inklusidi SMAN 1 Padang. MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 4(1).
Copyright (c) 2024 Ricky Yoseptry, Anshori Daulatul Islam, Andini Anggraeni Kusnadi, Ferry Timorochmadi, Khamisah Nurdini, Siti Robiah, Susan Marisan, Yana Maulana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.