IMPLEMENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Kepala sekolah memiliki peranan sebagai supervisor dengan merencanakan dan menjalankan program supervisi pendidikan seperti, melaksanakan supervisi kepada guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta dapat mengevaluasi hasil supervisi pendidikan yang telah dilakukan agar adanya peningkatan kualitas pendidikan yang lebih baik melalui supervisi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi supervisi pendidikan dengan menggunakan penelitian kualitatif untuk memperoleh gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta- fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki guna mengumpulkan data-data yang diperlukan. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan staf TU di SDN 036 Ujungberung, Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan oleh kepala sekolah setiap satu semester sekali, kepala sekolah juga bertindak sebagai koordinator, pemimpin, konsultan, dan evaluator. (2) Kompetensi guru ditandai dengan penerapan indikator kompetensi pedagogik, yang mencakup karakteristik siswa, materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum, teori, modul ajar, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, penguasaan proses pembelajaran dengan teknologi, refleksi, penilaian, dan evaluasi. (3) Hasil implementasi menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi pendidikan dalam meningkatkan kompetensi guru telah berjalan dengan baik, hal ini didukung dengan adanya hasil rekapan penilaian supervisi Pendidikan di SDN 036 Ujungberung Kota Bandung.
Downloads
References
Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., & ... (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. … Wahana Pendidikan. https://jurnal.unigal.ac.id/jwp/article/view/7639
Faozan, A. (2022). Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam melalui Supervisi Akademik, Diklat dan Partsipasi dalam Kelompok Kerja Guru. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ZBxiEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=supervisi+kinerja+pendidik&ots=Wy8Y9iDUY3&sig=tHRmihJ9OecHH20BJ5kQ73OpuK4
Kalalo, R. R., & Merentek, T. C. (2023). Peranan Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Rhapsodi Jurnal Studi Multidisiplin. https://journal.fkipukit.ac.id/index.php/RJSM/article/view/13
Karmila, N., & Suchyadi, Y. (2020). Supervisi Pendidikan Di Sekolah Alam Bogor. … Pendidikan Dan Pengajaran Guru …. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/2011
Lubha, L., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Kepegawaian (Ketenagaan) Pendidikan. Jurnal Ilmu Multidisplin. https://greenpub.org/JIM/article/view/44
Makhsun, M. S. I. H. N. (2020). Supervisi akademik: Studi peningkatan kinerja guru MI dalam pengembangan bahan ajar. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=xsM3EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA80&dq=supervisi+kinerja+pendidik&ots=CvahvJJLQA&sig=QPXDYPBUvnY4uCQzSIudcdTGpHI
Permendikbudriset Nomor 34 Tahun 2021. (n.d.). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pengisian Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Rakhman, F., Agusti, A., Surur, M., Wiranata, R., & Wahyudi, W. (2023). Analysis of Principals’ Leadership Strategies in Improving Teacher Performance and Organizational Culture. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 1128–1134. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5737
Rohmawati, O., Poniyah, P., & Adiyono, A. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/16
Saharudin, S., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi pendidikan. Jurnal Ilmu Multidisplin. https://greenpub.org/JIM/article/view/57
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Supadi, A. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kompetensi Pedagogik Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Gunung Mas Kecamatan Marga …. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni …. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/8380
Turmidzi, I. (2021). Implementasi supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan …. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/245
Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005. (n.d.). Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Utami, W. Z. S., & Garnika, E. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik di Masa Pandemi Covid-19 Di PAUD Permata Bangsa. Journal of Elementary School (JOES). https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOES/article/view/3478
Wiranata, R., Surur, M., & Aisyah, S. (2023). Pengaruh profesionalisme dan sertifikasi terhadap kinerja guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri Se-Kabupaten Lumajang. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 11(2), 187. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i2.17368
Copyright (c) 2024 Rianti Garvita Sari, Ricky Yoseptry, Jelita Dewanty Hendarsyah, M Y Fakhrudin, Nenden Noer Kusmawati, Ferry Wibowo, Maryam Maryam, Premeilani Premeilani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.