EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY ( TEFA ) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN PADA SMK NEGERI PERTANIAN PEMBANGUNAN CIANJUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Teaching Factory (TEFA) terhadap Peningkatan Kualitas Lulusan yang diterapkan pada Siswa Kelas XI Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian dan Perikanan terhadap manajemen produksi. Penelitian ini menggunakan metode kuatitatif. Objek penelitian ini adalah usaha SMK Negeri Pertanian Pembangunan Cianjur yang berlokasi di Jalan Raya Cibeber Km.5 Pasirsembung sirnagalih cilaku, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Kuesioner dari beberapa metode pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran sistem Efektivitas Model Pembelajaran Teaching Factory (TEFA) memang cukup mempengaruhi pada Peningkatan Kualitas Lulusan pada model Pembelajaran ini walaupun dengan sistem Metode pembelajaran tefa yang sederhana dan terbilang masih kurang.
Downloads
References
Akyuwen, J. S., Kempa, R., & Rumfot, S. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Teaching Factory (TEFA) Pada SMK Pusat Keunggulan Yang Ada di Kota Ambon. … Dan Pembelajaran. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/407
Arikunto, suharsimi. (2014). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktek. Jakarta Rineka Cipta.
Astindari, Tri. H. W. (2021). Statistik Penelitian. Ahlimedia Press.
Islami, F., Witono, A. H., & Hakim, M. (2021). Implementasi Pengembangan Manajemen Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Di SMK Negeri 4 Mataram. JPAP (Jurnal Praktisi …. https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/jpap/article/view/488
Krisdayati, F., & Hariyati, N. (2020). Evaluasi supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada program keahlian perbankan di SMK Negeri 1 Jombang. Inspirasi Manajemen Pendidikan. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1700592
Nugroho, A. S., Suryanti, S., & Wiryanto, W. (2022). Peningkatan Kualitas Guru, Sebanding dengan Peningkatan Pendidikan? Jurnal Basicedu. https://www.neliti.com/publications/449617/peningkatan-kualitas-guru-sebanding-dengan-peningkatan-pendidikan
Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pemerintahan Pusat Indonesia. (2015). Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2015 tentang Pembangunan Sumber Daya Industri.
Priadana, Sidik. S. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Sawitri, C. P., Apriyanto, N., & ... (2022). Pengaruh Teaching Factory Dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKRO Sub Kompetensi Sistem Pengapian Konvensional Di SMK Harapan …. … of Vocational Education …. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2101
Setiawan, B., Irianto, S. H. A., & Rusminati, S. H. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan: Kajian Teoritis Untuk Mahasiswa PGSD. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=-QNQEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pentingnya+pendidikan+yang+tujuannya+adalah+untuk+meningkatkan+kecerdasan+intelektual+individu+meningkatkan+perilaku+sebagai+makhluk+sosial+dan+mempengaruhi+peningkatan+kematangan+hidup&ots=IXiYrH9B3F&sig=zWMkC2OEefAEWy0HkbGGsGOkM-0
Sevilla, C. G. (1993). Pengantar Metode Penelitian. UI Press.
Simanjuntak, H., Endaryono, M. M. B. T., Sinaga, D., & ... (2022). Mutu Pendidikan Untuk Jenjang Sekolah Dasar. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=OChdEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA79&dq=analisis+implementasi+supervisi+oleh+kepala+sekolah+untuk+meningkatkan+pembelajaran+pada+satuan+pendidikan+jenjang+sekolah+dasar&ots=sBs1HHcsEY&sig=lQTx3FfvBYBR1JIBJ_m_FbXXpsE
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung alfabeta.
Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. repository.uinjkt.ac.id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55466
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Wasito, H. (2015). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Watini, K., & MT, M. (2024). Design Thinking for Education Merancang Teaching Factory Berbasis Kondisi Sekolah. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=XUnoEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA6&dq=efektivitas+model+pembelajaran+teaching+factory+meningkatkan+kualitas+lulusan&ots=Af9HkiuprX&sig=hinIPQNePZ76oYNDyiEvgKSTNDg
Zuslia, V., Prihandari, H., Triana, B. M., & ... (2022). Analisis Teaching Factory terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Akhir. NECTAR: Jurnal …. https://jom.untidar.ac.id/index.php/nectar/article/view/2270/0
Copyright (c) 2024 Chepi Septiana Muharam, Nanang Kusnendi, Moch. Irfan Fauzi, Ricky Yoseptry, Eva Dianawati Wasliman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.