EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY ( TEFA ) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN PADA SMK NEGERI PERTANIAN PEMBANGUNAN CIANJUR

  • Chepi Septiana Muharam Universitas Islam Nusantara
  • Nanang Kusnendi Universitas Islam Nusantara
  • Moch. Irfan Fauzi Universitas Islam Nusantara
  • Ricky Yoseptry Universitas Islam Nusantara
  • Eva Dianawati Wasliman Universitas Islam Nusantara
Keywords: Model Pembelajaran Teaching Factory, Kualitas Lulusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model  Pembelajaran  Teaching  Factory (TEFA) terhadap Peningkatan Kualitas Lulusan yang diterapkan pada Siswa Kelas XI Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian dan Perikanan terhadap manajemen produksi. Penelitian ini menggunakan metode kuatitatif. Objek penelitian ini adalah usaha SMK Negeri Pertanian Pembangunan Cianjur yang berlokasi di Jalan Raya Cibeber Km.5 Pasirsembung sirnagalih cilaku, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Kuesioner dari beberapa metode pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran sistem Efektivitas Model  Pembelajaran  Teaching  Factory (TEFA) memang cukup mempengaruhi pada Peningkatan Kualitas Lulusan pada model Pembelajaran ini walaupun dengan sistem Metode pembelajaran tefa yang sederhana dan terbilang masih kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akyuwen, J. S., Kempa, R., & Rumfot, S. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Teaching Factory (TEFA) Pada SMK Pusat Keunggulan Yang Ada di Kota Ambon. … Dan Pembelajaran. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/407

Arikunto, suharsimi. (2014). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktek. Jakarta Rineka Cipta.

Astindari, Tri. H. W. (2021). Statistik Penelitian. Ahlimedia Press.

Islami, F., Witono, A. H., & Hakim, M. (2021). Implementasi Pengembangan Manajemen Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Di SMK Negeri 4 Mataram. JPAP (Jurnal Praktisi …. https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/jpap/article/view/488

Krisdayati, F., & Hariyati, N. (2020). Evaluasi supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada program keahlian perbankan di SMK Negeri 1 Jombang. Inspirasi Manajemen Pendidikan. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1700592

Nugroho, A. S., Suryanti, S., & Wiryanto, W. (2022). Peningkatan Kualitas Guru, Sebanding dengan Peningkatan Pendidikan? Jurnal Basicedu. https://www.neliti.com/publications/449617/peningkatan-kualitas-guru-sebanding-dengan-peningkatan-pendidikan

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pemerintahan Pusat Indonesia. (2015). Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2015 tentang Pembangunan Sumber Daya Industri.

Priadana, Sidik. S. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Sawitri, C. P., Apriyanto, N., & ... (2022). Pengaruh Teaching Factory Dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKRO Sub Kompetensi Sistem Pengapian Konvensional Di SMK Harapan …. … of Vocational Education …. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2101

Setiawan, B., Irianto, S. H. A., & Rusminati, S. H. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan: Kajian Teoritis Untuk Mahasiswa PGSD. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=-QNQEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pentingnya+pendidikan+yang+tujuannya+adalah+untuk+meningkatkan+kecerdasan+intelektual+individu+meningkatkan+perilaku+sebagai+makhluk+sosial+dan+mempengaruhi+peningkatan+kematangan+hidup&ots=IXiYrH9B3F&sig=zWMkC2OEefAEWy0HkbGGsGOkM-0

Sevilla, C. G. (1993). Pengantar Metode Penelitian. UI Press.

Simanjuntak, H., Endaryono, M. M. B. T., Sinaga, D., & ... (2022). Mutu Pendidikan Untuk Jenjang Sekolah Dasar. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=OChdEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA79&dq=analisis+implementasi+supervisi+oleh+kepala+sekolah+untuk+meningkatkan+pembelajaran+pada+satuan+pendidikan+jenjang+sekolah+dasar&ots=sBs1HHcsEY&sig=lQTx3FfvBYBR1JIBJ_m_FbXXpsE

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung alfabeta.

Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. repository.uinjkt.ac.id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55466

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Wasito, H. (2015). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Watini, K., & MT, M. (2024). Design Thinking for Education Merancang Teaching Factory Berbasis Kondisi Sekolah. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=XUnoEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA6&dq=efektivitas+model+pembelajaran+teaching+factory+meningkatkan+kualitas+lulusan&ots=Af9HkiuprX&sig=hinIPQNePZ76oYNDyiEvgKSTNDg

Zuslia, V., Prihandari, H., Triana, B. M., & ... (2022). Analisis Teaching Factory terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Akhir. NECTAR: Jurnal …. https://jom.untidar.ac.id/index.php/nectar/article/view/2270/0

Published
2024-06-28
How to Cite
Muharam, C., Kusnendi, N., Fauzi, M., Yoseptry, R., & Wasliman, E. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY ( TEFA ) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN PADA SMK NEGERI PERTANIAN PEMBANGUNAN CIANJUR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(4), 1839 - 1853. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1304
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>