MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Arianti Prialita Universitas Islam Nusantara
  • Deki Yudiaka Universitas Islam Nusantara
  • Hendi Hendi Universitas Islam Nusantara
  • Rina Medawati Universitas Islam Nusantara
  • Rio Armando Universitas Islam Nusantara
  • Ricky Yoseptry Universitas Islam Nusantara
  • Eva Dianawati Wasliman Universitas Islam Nusantara
Keywords: Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Kualitatif, Studi Kasus, Kualitas Belajar PAI

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana manajemen sarana prasarana pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan Agama Islam di MTs Yaspi Al- Falah Cibeber. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana Pendidikan untuk meningkatkan kualitas belajar Pendidikan PAI di Sekolah MTs Yaspi Al-Falah Cibeber. Metode penelitian dengan kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Teknik pengumpula data: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data: reduksi, penyajian data dan penyimpulan. Teknik keabasahan data: kredibelitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan: rapat analisis kebutuhan sarana dan prasarana. (2) pengadaan: membeli barang yang utamakan untuk kebutuhan pembelajaran.(3) pendistribusian: sarana dan prasarana didistribusikan dengan baik untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar PAI. (4) inventaris: mencatat barang pada buku inventaris. (5) Pengunaan: digunakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan SOP dalam kegiatan pembelajaran PAI (6) pemeliharaan: membersihkan saran akelas dan pemeliharaan gedung. (7) penghapusan: membuang barang yang tidak layak dan tidak sesuai dengan kurikulum dengan ketentuan yang berlaku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnawi, & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Benty, D. D. N., & Gunawan, I. (2017). Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Fathurrahman, F., & Putri Dewi, R. O. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa Di SDN Puter 1 Kembangbahu Lamongan. JURNAL REFORMA, 8(1), 178. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.141

Kompri. (2014). Manajemen Pendidikan 1. Bandung: Alfabeta.

Merriam, Sharan. B., & Tisdell, Elizabeth. J. (2015). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. Jossey-Bass.

Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363

Salim Salabi, A. (2013). Pelaksanaan Manajemen Sarana Dan Prasarana Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Santri Pesantren Modern Az-Zahrah Bireuen.

Sari, R. M., & Salabi, A. S. (2022). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Pesantren: Studi Kasus Dayah Terpadu Al-Muslimun Lhoksukon Aceh Utara. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(2), 255–266. https://doi.org/10.47766/itqan.v13i2.771

Siti Rufaidah, A., Suparno, & Jamaludin, U. (2020). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa di SD Negeri Sukamulya I Melalui Program KURASSAKI. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(1), 65–83. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14423

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung alfabeta.

Taylor, L., Grosskopf, S., Hayes, K., & Razzolini, L. (2023). The role of poverty measurements in achieving educational equity through school finance reform. Journal of Productivity Analysis, 60(2), 109–127. https://doi.org/10.1007/s11123-022-00657-w

Published
2024-06-08
How to Cite
Prialita, A., Yudiaka, D., Hendi, H., Medawati, R., Armando, R., Yoseptry, R., & Wasliman, E. (2024). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1599 - 1610. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1302
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>