ANALISIS IMPLEMENTASI SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PADA SATUAN PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH DASAR
(Studi Kasus SDN Pameungpeuk 01 Kabupaten Bandung)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan membuat gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta juga fenomena tentang perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing) , pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling) supervisi oleh kepala sekolah untuk meningkatkan pembelajaran di SDN Pameungpek 01. Kualitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kualitas kinerja guru, sehingga usaha untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dapat disiasati dengan berbagai strategi, salah satunya melalui supervisi. Hal ini tidak terlepas dari paradigma bahwa supervisi merupakan pembinaan yang diberikan kepada staf pengajar agar dapat meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa supervisi memainkan peran yang krusial dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Melalui pengawasan yang terencana, pelaksanaan observasi yang cermat, serta pemberian umpan balik yang konstruktif, kepala sekolah dapat membantu guru mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam praktik pengajaran mereka, serta merancang strategi perbaikan yang relevan. Supervisi bukan hanya menjadi alat evaluasi, tetapi juga menjadi sarana pengembangan profesional yang dapat membantu guru meningkatkan kinerja mereka. Implementasi supervisi yang efektif dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di sekolah, di mana kolaborasi antara kepala sekolah dan staf pengajar menjadi kunci. Dengan terbentuknya budaya pembelajaran yang inklusif dan berkelanjutan, guru didukung untuk meningkatkan proses pembelajaran, sementara kepala sekolah berperan penting dalam memberikan arahan dan dukungan yang diperlukan. Supervisi tidak hanya menjadi proses formal, tetapi juga menjadi bagian integral dari budaya sekolah yang berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pencapaian siswa.
Downloads
References
Asyari, S. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational https://jieman.uinkhas.ac.id/index.php/jieman/article/view/14
Ayubi, U. Y., Syahmuntaqy, M. T., & Prayoga, A. (2020). Implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik. Manazhim. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim/article/view/706
Depdiknas. (1994). Kurikulum standar Kompetensi TK dan RA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ginting, R. (2020). Fungsi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Edukasi Nonformal. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/409
Hapizoh, H., Harapan, E., & ... (2020). Pengaruh profesionalisme guru dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. … Pendidikan). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/3764
Hartawati, E. R., Ma’mun, S., & ... (2023). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru melalui Kegiatan Supervisi Kelas dalam Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan SMP. Ideguru: Jurnal Karya …. http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/4889
Makhsun, M. S. I. H. N. (2020). Supervisi akademik: Studi peningkatan kinerja guru MI dalam pengembangan bahan ajar. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=xsM3EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA80&dq=supervisi+kinerja+pendidik&ots=CvahvJJLQA&sig=QPXDYPBUvnY4uCQzSIudcdTGpHI
Moleong, Lexy. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (10th ed.). Remaja Rosdakarya.
Permendikbud Nomor 13. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Pratiwi, E. W., & Roesminingsih, E. (2022). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 10(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen pendidikan/article/view/47508
Rakhman, F., & Surur, M. (2024). Analysis of the Readiness of Driving School Teachers in Implementing the Independent Curriculum at the PAUD Level in Situbondo Regency. Al-Hijr: Journal of Adulearn World, 3(1), 94–107. https://doi.org/10.55849/alhijr.v3i1.596
Rosyidah, U. (2021). Peranan Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Studi Kasus Di MI Widada Kabupaten Blitar.: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan. https://jurnalp4i.com/index.php/manajerial/article/view/490
Sanglah, I. N. (2021). Peningkatan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah pada sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/40700
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ubabuddin, U. (2020). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Tugas Dan Peran Guru Dalam Mengajar. Nidhomul Haq: Jurnal ManajemenPendidikan.https://ejournal.uac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/512
Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wiranata, R., Surur, M., & Aisyah, S. (2023). Pengaruh profesionalisme dan sertifikasi terhadap kinerja guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri Se-Kabupaten Lumajang. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 11(2), 187. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i2.17368
Copyright (c) 2024 Ricky Yoseptry, Indra Suryana, Haldi Rizkiawan Sukarna, Novalia Nurlaela, Iis Kusmiati, Nia Zulfa Septia, Alien Silviani, Neni Sri Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.