ANALISIS IMPLEMENTASI SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PADA SATUAN PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH DASAR

(Studi Kasus SDN Pameungpeuk 01 Kabupaten Bandung)

  • Ricky Yoseptry Universitas Islam Nusantara
  • Indra Suryana Universitas Islam Nusantara
  • Haldi Rizkiawan Sukarna Universitas Islam Nusantara
  • Novalia Nurlaela Universitas Islam Nusantara
  • Iis Kusmiati Universitas Islam Nusantara
  • Nia Zulfa Septia Universitas Islam Nusantara
  • Alien Silviani Universitas Islam Nusantara
  • Neni Sri Rahayu Universitas Islam Nusantara
Keywords: Analisis, Implementasi, Supervisi Akademik, Pendidikan Dasar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan membuat gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta juga fenomena tentang perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing) , pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling) supervisi oleh kepala sekolah untuk meningkatkan pembelajaran di SDN Pameungpek 01. Kualitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kualitas kinerja guru, sehingga usaha untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dapat disiasati dengan berbagai strategi, salah satunya melalui supervisi. Hal ini tidak terlepas dari paradigma bahwa supervisi merupakan pembinaan yang diberikan kepada staf pengajar agar dapat meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa supervisi memainkan peran yang krusial dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Melalui pengawasan yang terencana, pelaksanaan observasi yang cermat, serta pemberian umpan balik yang konstruktif, kepala sekolah dapat membantu guru mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam praktik pengajaran mereka, serta merancang strategi perbaikan yang relevan. Supervisi bukan hanya menjadi alat evaluasi, tetapi juga menjadi sarana pengembangan profesional yang dapat membantu guru meningkatkan kinerja mereka. Implementasi supervisi yang efektif dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di sekolah, di mana kolaborasi antara kepala sekolah dan staf pengajar menjadi kunci. Dengan terbentuknya budaya pembelajaran yang inklusif dan berkelanjutan, guru didukung untuk meningkatkan proses pembelajaran, sementara kepala sekolah berperan penting dalam memberikan arahan dan dukungan yang diperlukan. Supervisi tidak hanya menjadi proses formal, tetapi juga menjadi bagian integral dari budaya sekolah yang berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pencapaian siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyari, S. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational https://jieman.uinkhas.ac.id/index.php/jieman/article/view/14

Ayubi, U. Y., Syahmuntaqy, M. T., & Prayoga, A. (2020). Implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik. Manazhim. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim/article/view/706

Depdiknas. (1994). Kurikulum standar Kompetensi TK dan RA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ginting, R. (2020). Fungsi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Edukasi Nonformal. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/409

Hapizoh, H., Harapan, E., & ... (2020). Pengaruh profesionalisme guru dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. … Pendidikan). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/3764

Hartawati, E. R., Ma’mun, S., & ... (2023). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru melalui Kegiatan Supervisi Kelas dalam Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan SMP. Ideguru: Jurnal Karya …. http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/4889

Makhsun, M. S. I. H. N. (2020). Supervisi akademik: Studi peningkatan kinerja guru MI dalam pengembangan bahan ajar. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=xsM3EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA80&dq=supervisi+kinerja+pendidik&ots=CvahvJJLQA&sig=QPXDYPBUvnY4uCQzSIudcdTGpHI

Moleong, Lexy. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (10th ed.). Remaja Rosdakarya.

Permendikbud Nomor 13. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Pratiwi, E. W., & Roesminingsih, E. (2022). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 10(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen pendidikan/article/view/47508

Rakhman, F., & Surur, M. (2024). Analysis of the Readiness of Driving School Teachers in Implementing the Independent Curriculum at the PAUD Level in Situbondo Regency. Al-Hijr: Journal of Adulearn World, 3(1), 94–107. https://doi.org/10.55849/alhijr.v3i1.596

Rosyidah, U. (2021). Peranan Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Studi Kasus Di MI Widada Kabupaten Blitar.: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan. https://jurnalp4i.com/index.php/manajerial/article/view/490

Sanglah, I. N. (2021). Peningkatan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah pada sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/40700

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ubabuddin, U. (2020). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Tugas Dan Peran Guru Dalam Mengajar. Nidhomul Haq: Jurnal ManajemenPendidikan.https://ejournal.uac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/512

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiranata, R., Surur, M., & Aisyah, S. (2023). Pengaruh profesionalisme dan sertifikasi terhadap kinerja guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri Se-Kabupaten Lumajang. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 11(2), 187. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i2.17368

Published
2024-06-11
How to Cite
Yoseptry, R., Suryana, I., Sukarna, H., Nurlaela, N., Kusmiati, I., Septia, N., Silviani, A., & Rahayu, N. (2024). ANALISIS IMPLEMENTASI SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PADA SATUAN PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1627 - 1643. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1290
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2