Strategi Pembelajaran Calistung di PAUD As-Safira yang Sesuai dengan Perkembangan Anak Usia Dini
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pembelajaran Calistung (membaca, menulis, dan berhitung) di PAUD As-Safira yang berlokasi di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, dengan fokus pada efektivitas metode yang digunakan dalam meningkatkan keterampilan dasar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai praktek pembelajaran yang efektif dan rekomendasi untuk peningkatan strategi pengajaran di masa depan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Amalia, D., & Rosdiana, A. (2023). Strategi Mendampingi Dan Menstimulasi Dalam Meningkatkan Membaca Anak Usia Dini Melalui Cergam (Cerita Bergambar). Sarwahita. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/sarwahita/article/view/37427
Aminah, F. R. (2023). Pengembangan Kreativitas Pengajar Dalam Pembelajaran Calistung Di Lembaga Bimbingan Belajar Menara Ilmu Bantul Yogyakarta. digilib.uin-suka.ac.id. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61191/
Arikunto, suharsimi. (2014). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktek. Jakarta Rineka Cipta.
Ayub D.I, Otavianus. S. Lesmi. K. (2023). Metode Penelitian Pendidikan Praktis. Widina Bhakti Persada Bandung.
Azali, B. (2022). Aplikasi Pembelajaran Interaktif “Calistung” Pada Anak Usia Dini Menggunakan Smartphone Android. Jurnal Informatika Polinema. http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jip/article/view/3887
Dhani, D. R. (2023). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Calistung Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan. Indonesian Journal Education Basic. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJEB/article/view/181
Fitria, E., & Anisyah, A. (2023). Pelatihan Keorangtuaan (Parenting) Stimulasi Tumbuh Kembang Anak melalui Bermain di Kelurahan Cipondoh Makmur RW 14 Kota Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat …. https://journals.sagamediaindo.org/index.php/jpmsk/article/view/154
Kurniasih, E. S., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Baca, Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 398–498. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.398-498
Lestari, D. P. (2023). Miskonsepsi Baca Tulis Hitung (Calistung) pada Jenjang PAUD. JECER (Journal Of Early Childhood Education And …. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/39404
Mahmud, B. (2019). Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan. http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/177
Moleong, Lexy. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (10th ed.). Remaja Rosdakarya.
Putri, Y. A. F. (2022). Perkembangan Kognitif Siswa Kelompok B Dengan Pembelajaran Calistung: Studi Kualitatif Di Ra X Sumedang. repository.unibi.ac.id. http://repository.unibi.ac.id/621/
Rezeki, U. S., Cornelia, T. S., & Arfa, S. D. (2023). Sosialisasi Peran Keluarga dalam Mengatasi Mental Hectic pada anak usia dini di sekolah PAUD RIANDA. ABDI PARAHITA.http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/AbdiParahita/article/view/1001
Safitri, R. (2019). … (PRA TK) Yang Mengikuti Les Calistung (Membaca, Menulis, Dan Berhitung) Dan Tidak Mengikuti Les Calistung (Membaca, Menulis Dan …. eprints.umg.ac.id. http://eprints.umg.ac.id/902/
Sevilla, C. G. (1993). Pengantar Metode Penelitian. UI Press.
Suarni, N., Taufina, T., & Zikri, A. (2019). Literasi Membaca Meningkatkan Karakter Positif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1014–1021. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.215
Subadi, T. (2006). Metode Penelitian Kualitatif (1st ed.).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wira, I. A. D., & Trisdyani, N. L. P. (2020). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Sekolah Insan Prestasi School. … : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/JPAUD/article/view/927
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.