TRANSFORMASI KONFLIK ANTAR SISWA MELALUI STRATEGI KONSELING TEMAN SEBAYA: MEWUJUDKAN SEKOLAH HARMONIS DAN EMPATIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan konseling teman sebaya pada siswa SMA Negeri 13 Bandung sebagai upaya mengatasi konflik antar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pelatihan diberikan kepada 20 siswa perwakilan kelas 10 dan 11, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, simulasi, dan brainstorming. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa mengenai konsep dan teknik konseling teman sebaya, kemampuan mengidentifikasi dan menyelesaikan konflik, serta perubahan perilaku sosial, seperti komunikasi yang lebih baik, peningkatan empati, dan toleransi. Program ini juga mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang lebih harmonis dan kondusif, dengan siswa yang terlatih sebagai agen perubahan. Keberlanjutan program direncanakan melalui pembentukan tim konselor sebaya dan evaluasi berkala untuk memastikan efektivitasnya.
Downloads
References
Astiti, S. P. (2019). Efektivitas Konseling Sebaya (Peer counseling) dalam Menuntaskan Masalah Siswa. Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2). http://e-journal.iainsalatiga.ac.id/index.php/ijip/index
Bariyyah, K., Atmoko, A., Zen, E. F., Apriani, R., & Maizura, N. (2024). Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling melalui Cognitive Behavior Stress Management untuk Mendukung Peer Counselor dalam Penanggulangan Stres Akademik Siswa. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 116–125.
Hamidah, R. N., Santinintyas, W. Y., Kristanto, I., & Daliman, D. (2024). Addressing students’ mental health through peer counseling at SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Community Empowerment, 9(8), 1194–1203.
Irawan, T. M. I. A., Hamzah, R. M., & Mulyati, S. (2024). Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Korban Bullying: Sebuah Kajian Sistematis. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(1), 70–83.
Khairun, N., Putra, D. P., Neliwarti, N., & Pratama, A. R. (2024). Pusat Informasi dan Konseling Remaja Spansatika ok sebagai Wadah Pembentukan Konselor Sebaya yang Mampu Menerapkan Konseling Sebaya di SMP Negeri 1 Tilatang Kamang. Education: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(1), 1–11.
Khoiroh, A. (2024). Pendampingan Strategi Komunikasi Konseling Pada Calon Konselor Di Lembaga Pendidikan. Istikhdamuna: Journal of Engagement and Empowerment, 1(01), 59–75.
Mulyani, Y., & Khoirunisa, N. (2020). Pendidikan kesehatan kelompok sebaya (peer group) terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang Dhysmenorrhea di Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung. Journal For Quality In Women’s Health, 3(1), 62–66.
Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 895–902.
Panjaitan, N. S., Adira, M. L., & Lesmana, G. (2025). Eksistensi Peran Bimbingan dan Konseling Dalam Regulasi Pendidikan. Edukatif, 3(1), 36–45.
Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Rahmi, S. (2021). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak. Syiah Kuala University Press.
Riskha, D. (2024). Empowering Minds: Strategi dan Sumberdaya Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental di Kalangan Anak Sekolah dan Mahasiswa. Ruang Karya.
Sekar, D. A. C., & Fauzia, N. (2023). Peer Social Support for Adolescent Victims of Bullying. International Journal of Social Science Research and Review, 6(6), 614–628. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v6i6.1377
Sholeh, M. I. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Program Anti-Bullying Di Lembaga Pendidikan Islam. Al Manar, 1(2), 62–85.
Sofyan, S., Mukminin, A., Haryanto, E., Habibi, A., & Lestari, A. (2023). Fasilitasi Siswa Rentan Putus Sekolah Agar Tidak Putus Sekolah Di SMKN 1 Tanjung Jabung Timur. Jurnal JUPEMA, 2(2), 8–29.
Copyright (c) 2025 Ricky Yoseptry, Henhen Suhenih, Rosi Nurmaya, Alivia Nurul Fauza, Popi Hidayanti, Enur Nurasiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.