PENDAMPINGAN PEMBENTUKAN KOMUNITAS BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA BINA NEGARA 1 BALEENDAH

  • Imam Zatnika Winandar Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Atep Didin Haerudin Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Ricky Yoseptry Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Yana Rohana Universitas Islam Nusantara, Indonesia
Keywords: pendidikan, pengembangan profesional, kolaborasi, komunitas belajar

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui manajemen Komunitas Belajar (Kombel) dengan pendekatan inovatif, berbasis teknologi, dan kolaboratif. Program kegiatan ini dilatarbelakangi rendahnya pemanfaatan komunitas belajar di satuan pendidikan padahal komunitas belajar dapat mengoptimalisasi kualitas pembelajaran di satuan pendidikan tersebut. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, pendampingan intensif dan evaluasi berkala untuk memastikan keberhasilan implementasi program. Hasil dari program kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta memahami materi, serta adanya perubahan positif dalam motivasi dan partisipasi peserta selama proses pendampingan di komunitas belajar satuan pendidikan. Program ini diharapkan menjadi model keberlanjutan bagi pengembangan pembelajaran berbasis komunitas di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, A., Akbar, R. S., Setiawati, S., & Christine, S. E. (2024). PENDAMPINGAN PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PGSD DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMA RAMU BOGOR. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5695–5703.

Asfahani, A., Puspitarini, R. C., Nuswantoro, P., Dewi, S. P., & Nugroho, F. A. (2024). Pemberdayaan pendampingan orang tua dalam mendukung pendidikan anak di era digital. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6060–6067.

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Jambi. (2023, November 29). Komunitas Belajar dalam Sekolah Ramah guru. Retrieved from slideshare.net: https://www.slideshare.net/slideshow/materi-komunitas-belajar-bagi-setiap-satuan-pendidikan-yang-akan-membuat-dan-melaksanakan-komunitas-belajar-kombel/266920084

Boulder: EDUCAUSE Learning Initiative.

Cambridge, D. K. (2005). Community of Practice Design Guide: A Step-by-Step Guide for Designing & Cultivating Communities of Practice in Higher Education.

Dirjen GTK. (2023, November 29). Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar. Retrieved from kemdikbud.go.id: https://bit.ly/OptimalisasiKomunitasBelajar

Dirjen GTK. (2023, November 29). Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 4263/HK.04.01/2023 tentang Optimalisasi Komunitas Belajar. Retrieved from kemdikbud.go.id: https://static.skm.kemdikbud.go.id/announcements/0a36b446-c1c0-4a9f-834f-5fc3317923cb-Dokumen_269587_1689673721_OPTIMALISASI-KOMUNIT.pdf

Dufour, R. &. (1998). Professional Learning Communities at Work: Best Practices for Enhancing Student Achievement. Bloomington, IN: Solution Tree Press.

Hord, S. M. (1997). Professional Learning Communities: Communities of Continuous Inquiry and Improvement. Austin, TX: Southwest Educational Development Laboratory (SEDL).

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023, November 29). Buku Saku Penggerak Komunitas Belajar. Retrieved from kemdikbud.go.id: https://kspstendik.kemdikbud.go.id/storage/uploads/file-panduan/1710990785.pdf

Meuthia, R. (2023). Strategi Pendampingan Komunitas Belajar Dalam Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 614–639.

Pranata, O. D., Noperta, N., & Trisnawati, W. (2023). Pendampingan Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kota Sungai Penuh Melalui Kerjasama dan Kolaborasi Sekolah-Kampus. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 324–334.

Stoll, L. B. (2006). Professional learning communities: A review of the literature. Journal of Educational Change, 7(4), 221–258.

Susetyarini, E., Rofieq, A., & Latifa, R. (2021). Pendampingan lesson study for learning community sebagai perwujudan merdeka belajar di SMA Muhammadiyah Kepanjen Kabupaten Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 138–148.

Vescio, V. R. (2008). A review of research on the impact of professional learning communities on teaching practice and student learning. Teaching and Teacher Education, 24(1), 80–91.

Wenger, E. (1998). Communities of Practice: Learning, Meaning, and Identity. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Published
2025-01-24
How to Cite
Winandar, I., Haerudin, A., Yoseptry, R., & Rohana, Y. (2025). PENDAMPINGAN PEMBENTUKAN KOMUNITAS BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA BINA NEGARA 1 BALEENDAH. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 470 - 480. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1633
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>