PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBANTU FLIPBOOK DI WILAYAH KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG
Abstract
Bahan ajar berbantu flipbook sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran maksimal. Pengembangan bahan ajar modul merupakan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Meskipun demikian, banyak pendidik kesulitan membuat modul yang efektif karena kurangnya pengetahuan dan pelatihan. Kegiatan PKM ini bertujuan: Meningkatkan pengetahuan pendidik tentang bahan ajar, Membantu pendidik membuat modul ajar efektif. Metode pelaksanaan dilakukan dengan Ceramah, Praktik, Diskusi. Pelaksanaan: Online (Aplikasi Zoom), Offline (Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung). Langkah-langkah kegiatan: Persiapan, Pelaksanaan, Refleksi. Hasil pelatihan PKM di Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung menunjukkan: Pelatihan berjalan lancar dan peserta antusias, Peningkatan signifikan dalam kemampuan membuat bahan ajar berbantu flipbook (74% menjadi 85%, peningkatan 8.1%), Kegiatan mencapai indikator keberhasilan. Pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan pendidik dalam membuat modul efektif dan memberikan kontribusi pada proses pembelajaran berkualitas.
References
Adiarta, A., Ganesha, U. P., Ganesha, U. P., & Ganesha, U. P. (2018). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft, 1(2), 31–44.
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62—65. Diambil dari http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1653809
Fitri, E., & Pahlewi, T. (2020). Pengembangan LKPD Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMKN 2 Nganjuk. JPAP: Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 281–291. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9871
Gintings, A. (2012). Esensi Praktis: Belajar dan Pembelajaran,. Bandung: Humanlora.
Harmi, K. A. dan H. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabeta.
Hayati, M. (2012). Desain Pembelajaran: Berbasis Karakter,. Pekanbaru: Al-Mujtahadah Press.
Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Di SMK Negeri 1 Sampang. Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 83–88. Diambil dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/13674
Jultri, S. (2020). Desain Pembelajaran Pedati Sebagai Alternatif. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III, 61–66.
Kasihani, K. . S. (2007). English for Young Learners. Jakarta: PT Bumi Aksar.
Khairul, Darlius, D., & Syofii, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Flip Book Pada Mata Kuliah Teknologi Sepeda Motor di Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(2), 129–134. https://doi.org/10.36706/jptm.v6i2.6979
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.
Mulyadi, et. al. (2016). Pengembangan Media Flash flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 296–301.
Noviarni. (2014). Perencanaan Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya Menuju Guru yang Kreatif dan Inovatif. Pekanbaru: Banteng Media.
Pixyorizaa. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving. Lampung: Fakultas tarbiyah dan Keguruan Universitas Raden Intan.
Pornamasari, E. I. (2015). Flipbook Maker Dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together ( NHT) Berbasis Teori, 74–83.
Rakhmawati, M. S. H. & L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Di SMK N 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1).
Rasiman. (2014). Development of Mathrmatics Learning Media E-Comic Based on Flipbook Maker to Increase the Critical Thingking Skill and Character of Junior High School Students. International Journal of Education and Research, 2(11).
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan e-modul kimia berbasis kemampuan kreatif dengan menggunakan kvisoft flipbook maker. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(1), 51–58. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/alotropjurnal/article/view/13709/6747
Rusnilawati, & Gustiana, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah Dengan PendekataN CTL Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2).
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860
Copyright (c) 2025 Nik Haryanti, Viya Ananda Nur Sakdiyah, Viya Ananda Nur Sakdiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.