PENGARUH KELEKATAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL DAN EMPATI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA SISWA DI MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

  • Nurul Hidayati MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung, Indonesia
  • Nik Haryanti IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk
Keywords: Empati, Kelekatan Orang Tua, Perilaku Prososial

Abstract

Remaja sebagai fase dalam meningkatkan kebutuhan prososial.  Remaja diharapkan dapat berkembang kepribadiannya sesuai dengan nilai etika dan moral. Namun, pada kenyataannya di Indonesia mengalami perubahan sosial yang berkembang pesat menjadi masyarakat modern yang telah berubah pula norma-norma, nilai dan gaya hidupnya. Remaja yang terjaga dengan ketat oleh tradisi, nilai tradisional telah mengalami pengikisan yang disebabkan era industrialisasi yang kian cepat. Peneliti merasa penting untuk mengetahui salah satu penyebab remaja mempunyai perilaku prososial yang dipengaruhi oleh kelekatan orang tua, hal ini karena empati membuat anak mampu menghargai orang lain dan mengimplementasikannya dengan perilaku prososial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh  kelekatan orang tua terhadap prososial dan empati sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek yang digunakan adalah Siswa MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung sebanyak 100 responden. Analisa data untuk menguji hipotesa menggunakan analisis model Hayes dengan bantuan SPSS versi 22.00 yang sudah diinstal dengan process macro. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh secara langsung kelekatan orang tua terhadap empati, artinya semakin tinggi kelekatan orang tua semakin tinggi pula empati yang dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh secara langsung empati terhadap prososial artinya semakin tinggi empati, maka semakin tinggi pula prososial yang dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Empati tidak memediasi pengaruh kelekatan orang tua terhadap perilaku prososial dibuktikan dari hasil analisis int_1 memiliki p-value sebesar 0,2122 > 0,05

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aknin, L. B., Dunn, E. W., & Norton, M. I. (2012). Happiness runs in a circular motion: Evidence for a positive feedback loop between prosocial spending and happiness. Journal of Happiness Studies, 13(2), 347–355. doi:10.1007/s10902–011–9267–5
Appleyard K., Berlin L.J. 2007. Supporting Healthy Relationships Between Young Children and Their Parents. http://www.childandfamilypolicy.duke.edu/pdfs/pubpres/SupportingHealthyRelationships.pdf
Armsden, Gay. G and Greenberg, Mark. T. (1983). The inventoryof parent and peer attachment: individual differences and their relationship to psychological well-being in adolescence. Paper at the Annual Meeting of The Western Psychological Association (63rd, San Fransisco, California).
Baron, R. A dan Donn Byrne. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Baron, R.A. dan Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Crain, William. (2007). Teori Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Browne, Erin (2010). The Relationship between Empathy in Children and their Parents, San Luis Obispo: Psychology and Child Development Department College of Liberal Arts California Polytechnic State University
Eisenberg, N. & Morris, A.S., 2011. The origin and social significance of emphaty-related responding. A review of empthaty and moral development: implication for caring and justice by M.L. Hoffman. Social Justice Reseach, 14, 95-120. Doi: 0885-7466/01/0300-0095/0.
Eisenberg, N., & Lennon, R. (1983). Sex differences in empathy and related capacities. Psychological Bulletin, 94(1), 100-131. doi: 10.1037/0033- 2909.94.1.100
Fraenkel, Jack. R., and Norman E. Wallen. 2012. How to Design and Evaluate. Research in Education 8th Edition. Boston: McGraw-Hill Higher Education.
Greitemeyer, T., & Osswald, S. (2010). Effects of prosocial video games on prosocial behavior. Journal of personality and social psychology, 98(2), 211- 221. doi: 10.1037/a0016997
Hayes, A. F. (2013). Introduction to mediation, moderation, and conditional process analysis: A regression-based approach. Guilford Press.
Hurter, S., Paloyelis, Y., Amanda, A. C., & Fotopoulou, A. (2014). Partners’ empathy increases pain ratings: Effects of perceived empathy and attachment style on pain report and display. Journal of Pain, 15(9), 934–944. https://doi.org/10.1016/j.jpain.2014.06.004
Jacobson, K. C., & Crockett, L. J. (2000). Parental monitoring and adolescent adjustment: an ecological perspective. Journal of Research on Adolescence, 10(1), 65–97. http://doi.org/10.1207/SJRA1001_4Kristen C. Jacobson & Lisa J.
Janelle, N. B., Sheehan, A. H., Dahlben, B., & Gutchess, A. H. (2013). Aging, empathy, and prosociality. Journal of Psychological Sciences and Social Sciences, 2-10.
Samuolis, Jessica, Kiera Layburn, dan Kathleen M. Schiaffino, “Identity Development and Attachment to Parents in College Students,” Journal of Youth and Adoles- cence 30, no. 3 (2001): 373
Ma, H. K., Cheung, P. C., & Shek, D. T. L. (2007). The relation of prosocial orientation to peer interactions, family social environment and personality of Chinese adolescents. International Journal of Behavioral Development, 31, 12-18
Malekpour, M. (2007). Effects of attachment on early and later development. The British Journal of Development Disabilities, 53(105), 81-95.
Myers, D. G. (2012). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
O’Brien, E., Konrath, S. H., Grühn, D., & Hagen, A. L. (2013). Empathic concern and perspective taking: Linear and quadratic effects of age across the adult life span. The Journals of Gerontology Series B: Psychological Sciences and Social Sciences, 68(2), 168-175. doi: 10.1093/geronb/gbs055
Papalia, Diane E. Papalia, Sally Wendkos, dan Ruth Duskin Feldman. (2009). Human Development. Terjemahan: Brian Marwensdy. Jakarta: Salemba Humanika
Permanente-hawaii, K., & Hume, D. L. (2010). American Psychological Association. The Corsini Encyclopedia of Psychology, 58(2001), 111–112. http://doi.org/10.1126/science.11.265.132
Rustono. (1999). Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIP Semarang Press.
Santrock, J.W. (2007). Remaja Edisi 11 Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Schroeder, D. A., & Graziano, W. G. (2015). The Oxford handbook of prosocial behavior. Oxford University Press, USA

Speng, R. Nathan, Margaret C. McKinnon, Raymond A. Mar, Brian Levine, (2009) The Toronto Empathy Questionnaire, J Pers Assess. 91(1): 62–71
Sze, J. A., Gyurak, A., Goodkind, M. S., & Levenson, R. W. (2012). Greater emotional empathy and prosocial behavior in late life. Emotion, 12, 1129–1140. doi:10.1037/a0025011
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta
Suryadi. Ace (2014). Pendidikan Indonesia Menuju 2025, Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya
Taylor, Shelley E., Letitia Anne Peplau & David O. Sears. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Upton, Penney. (2012). Psikologi. Jakarta: Erlangga.
Wulandari, Eva (2012) pengaruh attachment terhadap orientasi perilaku prososial pada remaja di sekolah menengah atas Negeri (SMAN) 2 Bekasi, Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi Vol. 1, No.1, Oktober 2012 121
Published
2022-08-24
How to Cite
Hidayati, N., & Haryanti, N. (2022). PENGARUH KELEKATAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL DAN EMPATI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA SISWA DI MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 669-686. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.563
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)