Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022

  • Nik Haryanti IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Thoha Putra IAI Hasanuddin Pare Kediri, Indonesia
  • Sri Putrianingsih IAI Hasanuddin Pare Kediri, Indonesia
Keywords: Motivasi belajar, Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain saat pembelajaran, siswa dalam proses belajar-mengajar tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran, siswa cenderung pasif dalam menerima penjelasan dari guru. Selain itu, dalam mengerjakan tugas pelajaran yang diberikan guru siswa mengerjakan tugas tersebut asal jadi, tidak tepat waktu dalam mengumpulkan bahkan tidak mengerjakan sama sekali. Tujuan penelitiannya adalah  untuk menganalisis motivasi belajar siswa Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kulitatif deskriptif.  Subjek penelitiannya siswa kelas V. Instrumn penelitian adalah  angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian  Motivasi belajar siswa Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung   Motivasi belajar siswa Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung  dapat diketahui berdasarkan angket motivasi belajar siswa memiliki persentase 74% atau dalam kategori Tinggi. Hal ini mencerminkan bahwa siswa mempunyai  ketekunan, ulet, minat yang sangat tinggi dalam berprestasi dan mandiri, sehingga kegiatan belajar dapat maksimal terlaksana dengan baik. Pengamatan motivasi belajar siswa  memiliki persentase 83.57% atau dalam kategori Sangat Tinggi. Hal ini mencerminkan bahwa siswa mempunyai  ketekunan, ulet, minat yang sangat tinggi dalam berprestasi dan mandiri, sehingga kegiatan belajar dapat maksimal terlaksana dengan sangat baik.  Bentuk-bentuk kemandirian belajar siswa diantaranya mengerjakan tugas yang diberikan guru hingga tuntas, membuat PR dirumah masing-masing, menghafalkan perkalian dan rumus-rumus matematika dengan cara perpasangan dan hafalan surat-surat pendek secara berpasangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aspian. (2018). Menumbuhkan Motivasi Belajar dalam Rangka Perbaikan Hasil Belajar Peserta Didik. Shautut Tarbiyah, 1–18.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Nuha Litera.

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Malang: Madani Media.

Gusnita, Melisa, & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSq). Jurnal BSIS, 3(2), 286–296. Diambil dari https://journal.upp.ac.id/index.php/absis/article/download/645/539

Jampel, I. N. (2016). Analisis Motivasi Dan Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(3), 109. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i3.9015

Lestari, N. P. P., Ardana, I. M., & Suryawan, I. P. P. (2022). Analisis Motivasi Belajar Matematika Beserta Alternatif Solusinya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Denpasar di Masa Pandemi. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 16(1), 40–51.

Miles, matthew B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. New Delhi: SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Norlena, I. (2015). Sekolah Sebagai Organisasi Formal (Hubungan Antar Struktur). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 43–55. Diambil dari https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1831/1406

Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1–11.

Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101–3108.

Rumbewas, E. a. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar terhadap Peserta Didik. Jurnal Cendekia, 10(02), 123–132. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i02.66

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Siyoto, S., & Ali, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta :Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sururuddin, M., & Prihatini, N. (2018). Analisis Berbagai Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 3 Tebaban. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 56. https://doi.org/10.29408/didika.v4i1.1198

Tabi’in, A. (2017). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsN Pekan Heran Indragri Hulu. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 156–171. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).629

Utami, Y. T. (2020). Marketing Program Pendidikan Luar Sekolah. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 04(1), 51–62. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/8193

Utari, D., & Putra, E. D. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 491–502. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1015

Published
2022-10-04
How to Cite
Haryanti, N., Putra, T., & Putrianingsih, S. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 1057-1072. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.610
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)