PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 2 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Tri Astindari
  • Irma Noervadila
Keywords: Problem Based Learning, Metode Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Ada berbagai permasalahan tersendiri dalam proses pembelajaran. Salah satu permasalahan yang sering terjadi di kelas adalah rendahnya ketuntasan belajar siswa yang disebabkan oleh hasil belajar siswa yang rendah. Salah satunya adalah pada mata pelajaran Matematika kelas X Ak.1 di SMK Negeri 2 Situbondo. Pengalaman kami menunjukkan bahwa siswa akan berjuang dengan konsep-konsep baru diteknik matematika dan kesulitan yang dihadapin dalam memecahkan masalah menggunakan metode tertentu. Dengan demikian kami memulai sebuah penelitian untuk meningkatakan mengajaran dan pembelajaran siswa. Kami dirancang mengajar strategi untuk mendukung pengembangan siswa dalam memecahkan masalah di matematika serta keterampilan bekerja dan komunikasi dalam tim. Kami menggunakan perspektif penelitian tindakan sebagai metode pembelajaran sehingga dapat memastikan fleksibilitas dalam merespon dinamikan interaksi dalam guru dan mahasiswa. Penelitian ini akan menyajikan akun dari penelitian kami dan menyoroti berbagai masalah dalam penggunaan atau penerapan penelitian tindakan. Kombinasi  penelitian tindakan  telah memberikan kontribusi terhadap daya tarik bagi para peneliti, guru dan masayrakat akademik dan pendidikan pada umunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil  Belajar Siswa dengan menerapkan Problem Based Learning (PBL) Kelas X Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X Ak di SMK Negeri 2 Situbondo. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan pelaksanaannya dimulai pada tanggal 1 Agustus 2018 sampai dengan tanggal 5 September 2018. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa PBL dapat meningkatkan kemampuan akademik dan dapat meningkatkan kemampuan kerjasama antar siswa, karena dengan pembelajaran berbasis masalah siswa dapat menemukan sendiri konsep yang harus diketahui berdasarkan penyelidikan terhadap masalah nyata. Pada siklus I dicapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 83 % dan secara perorangan siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dan 5 siswa tidak tuntas. Faktor – faktor yang menyebabkan tidak tuntas belajar dari 5 siswa tersebut adalah mereka kurang menguasai materi, kurang teliti, malu bertanya, dan kurang pandai mengatur waktu dalam mengerjakannya. Pada siklus II dicapailah ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 89 %  sebanyak 27 siswa yang tuntas secara individu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

.......... 2006. Contoh / Model Silabus Mapel IPS SMP. Jakarta; Depdiknas. Aloysius Gonzaga Mubuuke. 2016. Faktor Faktor kognitif dan sosial

mempengaruhi respon siswa dan pemanfaatan fasilitator masukan dalam pembelajaran PBL. Afrika Selatan: Universitas Stellenbosch.

Arikunto, S. 2000. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta;

Rineka Cipta.

Cooper et, Al. 1999. Classroom Teacing Skill, Edisi 9. Virginia; Univ. of

Virginia.

Dimyati dan Mulyono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta; Rineka Cipta. Djamarah, Saiful Bahri & Aswan Zaini. 1999. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta; Reneka Cipta.

Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta; Rineka

Cipta.

Hakim, T. 2001. Belajar Secara Efektif. Jakarta; Puspa Swara.

Ibrahim, Muslim dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual ( Contexstual Teaching and Learning / CTL ) dan Penerapan dalam KBK. Malang; Univ. Negeri Malang.

Lei, A. 2005. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang – ruang Kelas.

Jakarta; Grasindo.

Michael Angelo B. 2016. Problem Based Learning of Process system Engineering and Process Integartion Concept with Metacognitive Strategies. Filipina ; Universitas Manila

Nur. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya.

Nurhadi dan Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang; Universitas Negeri Malang.

Roselainy abdul rahman. 2012. Meningkatkan Pengajaran Teknik matematika menggunakan penelitian tindakan. Malaysia ; UTM Kuala Lumpur

Seituni, S. (2019). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Upaya Peningkatan Aktivitas Mahasiswa Terhadap Sikap Demokratis Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3(1), 95-104.

Sudjana. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Bandung.

Published
2019-12-04
How to Cite
Astindari, T., & Noervadila, I. (2019). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 2 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 6(2), 15-24. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v6i2.25
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>