OPTIMALISASI PERAN KOMUNITAS BELAJAR DALAM MENDUKUNG PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA BINA NEGARA 1 BALEENDAH

  • Eli Siti Rodiah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Rose Else Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Sulthon Al-Hakim Noer Musthafa Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Ricky Yoseptry Universitas Islam Nusantara, Indonesia
Keywords: komunitas belajar, kualitas pembelajaran, pengabdian kepada masyarakat, inovasi pendidikan, kolaborasi

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran Komunitas Belajar dalam mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di SMA Bina Negara 1 Baleendah. Rendahnya pemanfaatan komunitas belajar di lingkungan sekolah menjadi latar belakang utama pelaksanaan program ini, meskipun komunitas belajar memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pelatihan, pendampingan intensif, dan evaluasi berkala yang melibatkan guru, siswa, dan pemangku kepentingan sekolah. Pelaksanaan program dilakukan melalui pendekatan partisipatif dan kolaboratif, dengan fokus pada penerapan inovasi berbasis teknologi untuk memperkuat manajemen komunitas belajar. Hasil program menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman materi, keterampilan kolaboratif, serta motivasi belajar peserta. Selain itu, implementasi program ini menciptakan perubahan positif dalam pola komunikasi dan interaksi antar anggota komunitas belajar. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat menjadi model keberlanjutan bagi satuan pendidikan lainnya dalam mengoptimalkan komunitas belajar untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, A., Akbar, R. S., Setiawati, S., & Christine, S. E. (2024). Pendampingan Pelatihan Model Pembelajaran Pgsd Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Sma Ramu Bogor. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5695–5703.

Asfahani, A., Puspitarini, R. C., Nuswantoro, P., Dewi, S. P., & Nugroho, F. A. (2024). Pemberdayaan pendampingan orang tua dalam mendukung pendidikan anak di era digital. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6060–6067.

Ekawardani, D., Haryati, T., & Wuryandini, E. (2024). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Mutu Akademik di SDN 1 Gembyungan Kecamatan Randublatung Blora. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 842–847.

Hentihu, V. R., Badu, T. K., Mukadar, S., Loilatu, S. H., & Lisaholit, S. (2022). Optimalisasi peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di smp negeri 2 jikumerasa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 409–416.

Kadafi, A., Asri, D. N., Ardi, P., Afifah, D. R., & Andria, A. (2022). Optimalisasi Learning Management System Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3237–3247.

Maisura, M., Ulandary, Y., Murnaka, N. P., Azhari, D. S., Erliana, L., & Ahyani, E. (2023). Strategi manajemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di era digital. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2733–2747.

Meuthia, R. (2023). Strategi Pendampingan Komunitas Belajar Dalam Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 614–639.

Pranata, O. D., Noperta, N., & Trisnawati, W. (2023). Pendampingan Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kota Sungai Penuh Melalui Kerjasama dan Kolaborasi Sekolah-Kampus. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 324–334.

Purnama, B. J. (2016). Optimalisasi manajemen Sumber Daya Manusia dalam upaya peningkatan mutu sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 12(2), 113839.

Rifaldi Dwi Syahputra1, Nuri Aslami2 (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal.https://doi.org/10.55606/makreju.v1i3.1615

Ricky Yoseptry1, Agus Wahyu2, Hari Suprayoga3, Nur Indah Juniati4, Siti Fatimah5, Yeti Nurhayati6, Abdul Rahman7, Nesa Halimah Adzania8 (2024). Implementasi Supervisi Di Balai Besar Guru Penggerak (Bbgp) Jawa Barat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK

Sihombing, D., & Samosir, H. (2021). Optimalisasi peran manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 612–622.

Sugiyono. (2006). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta : Bandung, 2006, hal. 3. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 22–29.

Supardi, S., Hariyati, N., Rahmasari, D., Khamidi, A., Riyanto, Y., & Rifqi, A. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Optimalisasi Paguyuban Kelas pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 3380–3384.

Suryadi, F., Pasaribu, M. H., Siahaan, A. D., Sabri, A., & Lubis, Y. (2024). Peran manajemen pendidikan dalam mewujudkan sekolah berkualitas. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(4), 92–107.

Susetyarini, E., Rofieq, A., & Latifa, R. (2021). Pendampingan lesson study for learning community sebagai perwujudan merdeka belajar di SMA Muhammadiyah Kepanjen Kabupaten Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 138–148.

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi peran pengawasan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online di masa pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48.

Widoyoko, S. E. P., & Putro, E. (2013). Optimalisasi peran guru dalam evaluasi program pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 22(2), 177–186.

Published
2025-02-08
How to Cite
Rodiah, E., Else, R., Musthafa, S., & Yoseptry, R. (2025). OPTIMALISASI PERAN KOMUNITAS BELAJAR DALAM MENDUKUNG PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA BINA NEGARA 1 BALEENDAH. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 579 - 591. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1634
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3