MENINGKATKAN HUBUNGAN EMOSIONAL ANTARA ORANG TUA DENGAN PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMK WIRAKARYA 02 DALAM MENCEGAH DEGRADASI MORAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan meningkatkan hubungan emosional antara orang tua dengan peserta didik kelas XII di SMK Wirakarya 02 dalam upaya mencegah degradasi moral. Hubungan emosional yang baik antara orang tua dan anak memiliki peran penting dalam pembentukan karakter serta pencegahan perilaku negatif yang dapat mengarah pada degradasi moral. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode campuran (mixed methods). Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi terhadap orang tua dan siswa kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan emosional yang erat, ditandai dengan komunikasi yang intensif, perhatian, dan dukungan orang tua, berkontribusi signifikan terhadap pencegahan degradasi moral siswa. Selain itu, rekomendasi strategis disampaikan untuk meningkatkan peran orang tua melalui kegiatan parenting dan pelatihan pengasuhan yang mendukung kebutuhan emosional siswa. Studi ini menegaskan pentingnya keterlibatan orang tua dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan moral siswa.
Downloads
References
Achmad Sanusi, Prof. Dr. (2018). SISTEM NILAI : Alternatif Wajah-Wajah Pendidikan. Bandung : Penerbit Nuansa Cendikia
Amelia., Sumarni,Sri. (2022). Peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan sosial
anak usia 5-6 tahun.Jurnal Pendidikan Anak, Volume 11 (2), 2022,
-180. DOI http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v11i2.55121
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/55121
Aminati,Kuni., Rokhmaniyah, Chamdani, Muhamad. (2022). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dalam Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Buluspesantren Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 10 Nomor 01 Tahun 2022 hal 43-49. DOI : https://doi.org/10.20961/jkc.v10i1.55033
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/55033
Badriyah, Laila., Masfufah., Rodiyah,Kholidatur., Chasanah,Abidatul., Abdillah, Moh Arifudin. (2021). Implementasi Pembelajaran P5 dalam Membentuk Karakter Bangsa di Era Society 5.0. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development , Vol. 1, No. 2 (Desember 2021) hal 65-83.
DOI : https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i02.3638
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/absorbent_mind
Baluwa, Moh. Rivaldiansyah., Nadjamuddin ,Asriyati. (2022). Pola Kerjasama Antara Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Educator Volume 3 Nomor 1 (Juli 2022) EDUCATOR : Directory of Elementary Education Journal ISSN (Online) : 2746-4253 hal 61-74. DOI : https://doi.org/10.58176/edu.v3i1.591
Diakses pada tanggal 1 November 2024 pada https://www.researchgate.net/publication/374071346_Pola_Kerjasama_Antara_Orang_Tua_Dan_Guru_Dalam_Meningkatkan_Hasil_Belajar
Dasar UUD 1945 sebagai Sumber Nilai Etika dan Moral Bangsa
Desmita (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT.Remaja
Rosdakarya
Dewantara, Agustinus W Dr, S.S, M.Hum. (2017). Filsafat Moral : Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. Yogyakarta : PT. Kanisius
Dr. Meriyati, M.Pd . (2015) Memahami Karakteristik Anak. Bandar Lampung
Estari, Aan Whiti. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran.SHEs: Conference Series 3 (3) (2020) 1439 – 1444
DOI : https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.56953
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/56953
Guspianto.,Yunita, Livia.,Ningsih, Vinna Rahayu.(2022). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kesehatan Mental Anak Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. JMJ, Volume 10, Nomor 1 Mei 2022, Hal: 138-147. DOI : https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.17807
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://www.online-journal.unja.ac.id/kedokteran/article/view/17807
Hadian, Vini Agustiani., Maulida,Dewinta Arum ., Faiz, Aiman. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Education and development, Vol.10 No.1 Edisi Januari 2022 Hal 240 – 246. Diakses pada tanggal 1 November 2024 Pada :chrome-extension://kdpelmjpfafjppnhbloffcjpeomlnpah/ https://media.neliti.com/media/publications/562487-peran-lingkungan-keluarga-dalampembentuk-792fa7de.pdf
Hakim, Lukman., Mustafa, Pinton Setya. (2023). Perkembangan Peserta Didik dalam Pembelajaran. Mataram : CV. Pustaka Egaliter
Hakim, Nur.,Dewi, Ririn Nurlafika.,Herianingtyas, Nur Luthfi Rizqa. (2023). Hubungan Orang Tua Dan Guru Dalam Mencegah Bullying. Awwaliyah: Jurnal PGMI, Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023. p-ISSN: 2621-5446 e-ISSN: 2656-7296,
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v6i2.1739
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://www.researchgate.net/publication/376678129_Hubungan_Orang_Tua_dan_Guru_dalam_Mencegah_Bullying
Hamdani Ihsan dan Fuad Ihsan. (2007). Filsafat Pendidikan Islam,. Pustaka Setia.
Hasbullah. (2009). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Khusniyah, Tri Wardati., Fauziyah, Puji Yanti., Mustadi, Ali. (2023). Keterlibatan Orang Tua Dan Kerjasama Sekolah Dalam Pendidikan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kepustakaan. Progres Pendidikan Vol. 4, No. 3, September 2023, pp. 193~199, p-ISSN: 2721-3374, e-ISSN: 2721-9348, DOI: 10.29303/prospek.v4i3.447.
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://www.researchgate.net/publication/374725822_KETERLIBATAN_ORANG_TUA_DAN_KERJASAMA_SEKOLAH_DALAM_PENDIDIKAN_SISWA_SEKOLAH_DASAR_STUDI_KEPUSTAKAAN
Kurniawati, Ani., dan Basuki. (2023). MEMBANGUN HUBUNGAN YANG BAIK ANTARA GURU DAN SISWA. KURIKULA: JURNAL PENDIDIKAN VOLUME, 7 No 2 http://dx.doi.org/10.56997/kurikula.v7i2.812.
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/kurikula/index
Meningkatkan Kolaborasi Sekolah dan Orang Tua dalam Peningkatan Mutu Pendidikan
Diakses tanggal 1 November 2024
Natsir, Nanat Fatah., Aisyah, Ade., Hasbiyallah, dan Ihsan, Mahlil Nurul.(2018) Mutu Pendidikan : Kerjasama Guru dan Orang Tua. Jurnal MUDARRISUNA Vol. 8 No. 2 July-Desember 2018 pp. 311-327. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v8i2.33150
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/3315
Pradipta, Ditya., Mulyadi,Sima., Rahman, Taopik. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD AGAPEDIA, Vol 5, No 2 Hal 211-218. Doi: https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40744
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/40744
Pratiwi, Ni Kadek Santya . (2018). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Volume. 3, Nomor 1 April 2018
ISSN: 2527-5445, http://dx.doi.org/10.25078/aw.v3i1.908
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW
Prihatmojo,Agung ., Badawi. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4 (1) (2020) 142-152
DOI : https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/41129
Rantauwati, Henny Sri. (2020). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Melalui Kubungortu Dalam Pembentukan Karakter Siswa SD. Jurnal Wuny. Vol 2, No.1 Hal. 116-130.
DOI : http://dx.doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30951
Diakses pada tangal 1 November 2024, Pada https://journal.uny.ac.id/index.php/wuny/article/view/30951
Revalina, Atiqah., Moeis, Isnarmi., Indrawadi, Junaidi. (2023). Degradasi Moral siswa dalam penerapan nilai-nilai Pancasila ditinjau dari makna dan hakikat Pendidikan kewarganegaraan sebagai Pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 14 Nomor 1 Hal 53-62,
DOI : https:// 10.2181/jpka.v1411.57131
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/57131
Sagala, Syaiful, Prof.Dr.H.,S.Sos. (2013).Etika Dan Moralitas Pendidikan : Peluang dan Tantangan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Sari,Mela Permata ., Khotimah, Nurul. (2021). Hubungan Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Belajar Dengan Perkembangan Moral Anak. Kumara Cendekia Vol. 9 No. 3
DOI : https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.53912
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/53912
Septiana, Reza.,Aziz, Thoriq Abdul. (2023).Studi Membangun Karakter Kerjasama Orang Tua Dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 3 No. 1 Mei Tahun 2023 | Hal. 28 – 32.
DOI : http://dx.doi.org/10.56393/melior.v3i1.1650
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://www.researchgate.net/publication/375750244_Studi_Membangun_Karakter_Kerjasama_Orang_Tua_Dan_Guru_dalam_Meningkatkan_Motivasi_Belajar_Peserta_Didik
Sholikha, Juliatus .,Irwanto.,N, Nur Ainy Fardana. (2019).Kualitas Interaksi Orang Tua Dan Anak Terhadap Perkembangan Emosional Anak. Original Research Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, Vol.3, No. 3 hal 243-248. DOI : https://doi.org/10.20473/imhsj.v3i3.2019.243-248
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://e-journal.unair.ac.id/IMHSJ/article/view/27945
Sobur, Alex. (2016). Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Taliawo, Oni. (2019). Hubungan Kerja Sama Antara Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Smp Negeri Satu Atap 1 Desa Buo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat Maluku Utara. HOLISTIK, Journal of Social and Culture, Vol. 12 No. 3, Hal 1-19.
Diakses pada tanggal 1 November 2024 pada https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25481
Trihastuti, Maria Claudia Wahyu.(2014). Hubungan Antara Kedekatan Emosional Siswa Pada
Orangtua Dan Keberadaan Psikologis Siswa. Jurnal Psiko-Edukasi, Mei (1-13)
ISSN: 1412-9310 Vol. 12, 2014 hal 1-13. Diakses pada tanggal 1 November 2024 pada chrome-extension://kdpelmjpfafjppnhbloffcjpeomlnpah/ https://media.neliti.com/media/publications/486719-none-1cbc2ce9.pdf
Triwardhani, Ike Junita.,Trigartanti ,Wulan., Rachmawati ,Indri., Putra , Raditya Pratama. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 8, No. 1, Juni 2020, hlm. 99-113.
DOI : https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620
Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/23620
Utomo, Wijanarko, Dwi. (2024). Meningkatkan Hubungan Emosioal antara Orang Tua dengan Peserta Didik dalam Mencegah Degradasi Moral Peserta Didik. Disampaikan hari Rabu, 13 November 2024, Bertempat di SMK WIRAKARYA 02.
Wahyuningsih, Sri Endah.,Maghfiroh ,Anik.,lfatia, Ainaya A.,Hafizshah,Zahra. (2023). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Anak Dalam Keluarga. Research Gate.Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada : https://www.researchgate.net/publication/375922237.
Copyright (c) 2025 Danni Haryanto, Toni Norman Hanafi, Sinta Noviyanti, Ricky Yoseptry

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.