MENINGKATKAN HUBUNGAN EMOSIONAL ANTARA ORANG TUA DENGAN PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMK WIRAKARYA 02 DALAM MENCEGAH DEGRADASI MORAL

  • Danni Haryanto Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Toni Norman Hanafi Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Sinta Noviyanti Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Ricky Yoseptry Universitas Islam Nusantara, Indonesia
Keywords: Hubungan Emosional, Orang Tua, Peserta Didik, Degradasi Moral, SMK Wirakarya 02, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan meningkatkan hubungan emosional antara orang tua dengan peserta didik kelas XII di SMK Wirakarya 02 dalam upaya mencegah degradasi moral. Hubungan emosional yang baik antara orang tua dan anak memiliki peran penting dalam pembentukan karakter serta pencegahan perilaku negatif yang dapat mengarah pada degradasi moral. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode campuran (mixed methods). Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi terhadap orang tua dan siswa kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan emosional yang erat, ditandai dengan komunikasi yang intensif, perhatian, dan dukungan orang tua, berkontribusi signifikan terhadap pencegahan degradasi moral siswa. Selain itu, rekomendasi strategis disampaikan untuk meningkatkan peran orang tua melalui kegiatan parenting dan pelatihan pengasuhan yang mendukung kebutuhan emosional siswa. Studi ini menegaskan pentingnya keterlibatan orang tua dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan moral siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Sanusi, Prof. Dr. (2018). SISTEM NILAI : Alternatif Wajah-Wajah Pendidikan. Bandung : Penerbit Nuansa Cendikia

Amelia., Sumarni,Sri. (2022). Peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan sosial

anak usia 5-6 tahun.Jurnal Pendidikan Anak, Volume 11 (2), 2022,

-180. DOI http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v11i2.55121

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/55121

Aminati,Kuni., Rokhmaniyah, Chamdani, Muhamad. (2022). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dalam Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Buluspesantren Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 10 Nomor 01 Tahun 2022 hal 43-49. DOI : https://doi.org/10.20961/jkc.v10i1.55033

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/55033

Badriyah, Laila., Masfufah., Rodiyah,Kholidatur., Chasanah,Abidatul., Abdillah, Moh Arifudin. (2021). Implementasi Pembelajaran P5 dalam Membentuk Karakter Bangsa di Era Society 5.0. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development , Vol. 1, No. 2 (Desember 2021) hal 65-83.

DOI : https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i02.3638

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/absorbent_mind

Baluwa, Moh. Rivaldiansyah., Nadjamuddin ,Asriyati. (2022). Pola Kerjasama Antara Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Educator Volume 3 Nomor 1 (Juli 2022) EDUCATOR : Directory of Elementary Education Journal ISSN (Online) : 2746-4253 hal 61-74. DOI : https://doi.org/10.58176/edu.v3i1.591

Diakses pada tanggal 1 November 2024 pada https://www.researchgate.net/publication/374071346_Pola_Kerjasama_Antara_Orang_Tua_Dan_Guru_Dalam_Meningkatkan_Hasil_Belajar

Dasar UUD 1945 sebagai Sumber Nilai Etika dan Moral Bangsa

Desmita (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT.Remaja

Rosdakarya

Dewantara, Agustinus W Dr, S.S, M.Hum. (2017). Filsafat Moral : Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. Yogyakarta : PT. Kanisius

Dr. Meriyati, M.Pd . (2015) Memahami Karakteristik Anak. Bandar Lampung

Estari, Aan Whiti. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran.SHEs: Conference Series 3 (3) (2020) 1439 – 1444

DOI : https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.56953

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/56953

Guspianto.,Yunita, Livia.,Ningsih, Vinna Rahayu.(2022). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kesehatan Mental Anak Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. JMJ, Volume 10, Nomor 1 Mei 2022, Hal: 138-147. DOI : https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.17807

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://www.online-journal.unja.ac.id/kedokteran/article/view/17807

Hadian, Vini Agustiani., Maulida,Dewinta Arum ., Faiz, Aiman. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Education and development, Vol.10 No.1 Edisi Januari 2022 Hal 240 – 246. Diakses pada tanggal 1 November 2024 Pada :chrome-extension://kdpelmjpfafjppnhbloffcjpeomlnpah/ https://media.neliti.com/media/publications/562487-peran-lingkungan-keluarga-dalampembentuk-792fa7de.pdf

Hakim, Lukman., Mustafa, Pinton Setya. (2023). Perkembangan Peserta Didik dalam Pembelajaran. Mataram : CV. Pustaka Egaliter

Hakim, Nur.,Dewi, Ririn Nurlafika.,Herianingtyas, Nur Luthfi Rizqa. (2023). Hubungan Orang Tua Dan Guru Dalam Mencegah Bullying. Awwaliyah: Jurnal PGMI, Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023. p-ISSN: 2621-5446 e-ISSN: 2656-7296,

DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v6i2.1739

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://www.researchgate.net/publication/376678129_Hubungan_Orang_Tua_dan_Guru_dalam_Mencegah_Bullying

Hamdani Ihsan dan Fuad Ihsan. (2007). Filsafat Pendidikan Islam,. Pustaka Setia.

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Khusniyah, Tri Wardati., Fauziyah, Puji Yanti., Mustadi, Ali. (2023). Keterlibatan Orang Tua Dan Kerjasama Sekolah Dalam Pendidikan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kepustakaan. Progres Pendidikan Vol. 4, No. 3, September 2023, pp. 193~199, p-ISSN: 2721-3374, e-ISSN: 2721-9348, DOI: 10.29303/prospek.v4i3.447.

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://www.researchgate.net/publication/374725822_KETERLIBATAN_ORANG_TUA_DAN_KERJASAMA_SEKOLAH_DALAM_PENDIDIKAN_SISWA_SEKOLAH_DASAR_STUDI_KEPUSTAKAAN

Kurniawati, Ani., dan Basuki. (2023). MEMBANGUN HUBUNGAN YANG BAIK ANTARA GURU DAN SISWA. KURIKULA: JURNAL PENDIDIKAN VOLUME, 7 No 2 http://dx.doi.org/10.56997/kurikula.v7i2.812.

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/kurikula/index

Meningkatkan Kolaborasi Sekolah dan Orang Tua dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

https://bpmpntb.kemdikbud.go.id/artikel/27/meningkatkan-kolaborasi-sekolah-dan-orang-tua-dalam-peningkatan-mutu-pendidikan

Diakses tanggal 1 November 2024

Natsir, Nanat Fatah., Aisyah, Ade., Hasbiyallah, dan Ihsan, Mahlil Nurul.(2018) Mutu Pendidikan : Kerjasama Guru dan Orang Tua. Jurnal MUDARRISUNA Vol. 8 No. 2 July-Desember 2018 pp. 311-327. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v8i2.33150

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/3315

Pradipta, Ditya., Mulyadi,Sima., Rahman, Taopik. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD AGAPEDIA, Vol 5, No 2 Hal 211-218. Doi: https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40744

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/40744

Pratiwi, Ni Kadek Santya . (2018). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Volume. 3, Nomor 1 April 2018

ISSN: 2527-5445, http://dx.doi.org/10.25078/aw.v3i1.908

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW

Prihatmojo,Agung ., Badawi. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4 (1) (2020) 142-152

DOI : https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/41129

Rantauwati, Henny Sri. (2020). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Melalui Kubungortu Dalam Pembentukan Karakter Siswa SD. Jurnal Wuny. Vol 2, No.1 Hal. 116-130.

DOI : http://dx.doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30951

Diakses pada tangal 1 November 2024, Pada https://journal.uny.ac.id/index.php/wuny/article/view/30951

Revalina, Atiqah., Moeis, Isnarmi., Indrawadi, Junaidi. (2023). Degradasi Moral siswa dalam penerapan nilai-nilai Pancasila ditinjau dari makna dan hakikat Pendidikan kewarganegaraan sebagai Pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 14 Nomor 1 Hal 53-62,

DOI : https:// 10.2181/jpka.v1411.57131

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/57131

Sagala, Syaiful, Prof.Dr.H.,S.Sos. (2013).Etika Dan Moralitas Pendidikan : Peluang dan Tantangan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Sari,Mela Permata ., Khotimah, Nurul. (2021). Hubungan Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Belajar Dengan Perkembangan Moral Anak. Kumara Cendekia Vol. 9 No. 3

DOI : https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.53912

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/53912

Septiana, Reza.,Aziz, Thoriq Abdul. (2023).Studi Membangun Karakter Kerjasama Orang Tua Dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 3 No. 1 Mei Tahun 2023 | Hal. 28 – 32.

DOI : http://dx.doi.org/10.56393/melior.v3i1.1650

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://www.researchgate.net/publication/375750244_Studi_Membangun_Karakter_Kerjasama_Orang_Tua_Dan_Guru_dalam_Meningkatkan_Motivasi_Belajar_Peserta_Didik

Sholikha, Juliatus .,Irwanto.,N, Nur Ainy Fardana. (2019).Kualitas Interaksi Orang Tua Dan Anak Terhadap Perkembangan Emosional Anak. Original Research Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, Vol.3, No. 3 hal 243-248. DOI : https://doi.org/10.20473/imhsj.v3i3.2019.243-248

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://e-journal.unair.ac.id/IMHSJ/article/view/27945

Sobur, Alex. (2016). Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Taliawo, Oni. (2019). Hubungan Kerja Sama Antara Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Smp Negeri Satu Atap 1 Desa Buo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat Maluku Utara. HOLISTIK, Journal of Social and Culture, Vol. 12 No. 3, Hal 1-19.

Diakses pada tanggal 1 November 2024 pada https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25481

Trihastuti, Maria Claudia Wahyu.(2014). Hubungan Antara Kedekatan Emosional Siswa Pada

Orangtua Dan Keberadaan Psikologis Siswa. Jurnal Psiko-Edukasi, Mei (1-13)

ISSN: 1412-9310 Vol. 12, 2014 hal 1-13. Diakses pada tanggal 1 November 2024 pada chrome-extension://kdpelmjpfafjppnhbloffcjpeomlnpah/ https://media.neliti.com/media/publications/486719-none-1cbc2ce9.pdf

Triwardhani, Ike Junita.,Trigartanti ,Wulan., Rachmawati ,Indri., Putra , Raditya Pratama. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 8, No. 1, Juni 2020, hlm. 99-113.

DOI : https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada https://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/23620

Utomo, Wijanarko, Dwi. (2024). Meningkatkan Hubungan Emosioal antara Orang Tua dengan Peserta Didik dalam Mencegah Degradasi Moral Peserta Didik. Disampaikan hari Rabu, 13 November 2024, Bertempat di SMK WIRAKARYA 02.

Wahyuningsih, Sri Endah.,Maghfiroh ,Anik.,lfatia, Ainaya A.,Hafizshah,Zahra. (2023). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Anak Dalam Keluarga. Research Gate.Diakses pada tanggal 1 November 2024, pada : https://www.researchgate.net/publication/375922237.

Published
2025-02-08
How to Cite
Haryanto, D., Hanafi, T., Noviyanti, S., & Yoseptry, R. (2025). MENINGKATKAN HUBUNGAN EMOSIONAL ANTARA ORANG TUA DENGAN PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMK WIRAKARYA 02 DALAM MENCEGAH DEGRADASI MORAL. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 555 - 568. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1653
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>