MANAJEMEN PEMBEKALAN ENTREPRENEURSHIP DALAM MEMBENTUK JIWA WIRAUSAHA MUDA YANG KOMPETITIF, KREATIF, DAN INOVATIF

  • Irham Fadhila Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Sugeng Pujiono Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Achmad Yakhsyallah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • R. Muhammad Misbahudin Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Ricky Yoseptry Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Iqbaal Firmansyam Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Cecep Jaenudin Universitas Islam Nusantara, Indonesia
Keywords: Entrepreneurship, Barista, Manajemen

Abstract

manajemen pembekalan entrepreneurship yang efektif dalam membentuk jiwa wirausaha muda yang kompetitif, kreatif, dan inovatif. Fokus penelitian dibatasi pada proses dan output manajemen pembekalan, yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program pembekalan entrepreneurship. Melalui pendekatan yang terstruktur, penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan pasar terkait kompetensi kewirausahaan dan mengevaluasi program pembekalan yang ada. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan manajemen pendidikan serta manfaat praktis bagi lembaga pendidikan, pengambil kebijakan, calon wirausaha muda, dan pelaku industri. Program ini juga dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta, khususnya dalam bidang kopi dan barista, sehingga mereka dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan menciptakan ekosistem kewirausahaan yang inovatif. Dengan demikian, penelitian ini berperan penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan di dunia usaha dan meningkatkan daya saing mereka di pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal, F. (2020). Membangun Jiwa Wirausaha yang Kompetitif di Kalangan Generasi Muda. Diakses dari: https://www.wirausaha.com/kompetitif.

Ambarwati, & Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan di Era Milenial Bagi Mahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol 2 (2), 140-144.

Ghemawat, P. (2017). The New Global Entrepreneurs: Managing Innovation and Competition. Harvard Business Review.

Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2013). Entrepreneurship. McGraw-Hill Education.

Indonesian Ministry of Industry. (2019). Strategi Pengembangan Kewirausahaan di Era Industri 4.0. Laporan Kebijakan Industri Indonesia.

Kewirausahaan, E. (2022). Pembekalan Entrepreneurship untuk Membangun Jiwa Wirausaha yang Kreatif dan Inovatif. Diakses dari: https://www.kewirausahaan.com/pembekalan-entrepreneurship

Kurniawan, R. (2021). Entrepreneurship di Kalangan Milenial: Menumbuhkan Jiwa Wirausaha yang Kreatif dan Kompetitif. Majalah Bisnis dan Kewirausahaan, 14(5), 27-32.

Nursal, M. (2018). Pengembangan Jiwa Wirausaha pada Generasi Muda di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(3), 45-58.

Siahaan, A. M., & Arman, M. (2021). Inovasi dalam Kewirausahaan: Pengaruh Terhadap Kinerja Bisnis. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(2), 124-134.

Suryana, Y. (2010). Kewirausahaan: Apa dan Siapa. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 2(1), 23-34.

Purwana, D., & Wibowo, A. (2017). Pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi: Strategi sukses membangun karakter dan kelola usaha. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Timmons, J. A., & Spinelli, S. (2009). New Venture Creation: Entrepreneurship for the 21st Century. McGraw-Hill Education.

Wijaya, D. (2017). Pendidikan kewirausahaan untuk sekolah dan perguruan tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2025-02-14
How to Cite
Fadhila, I., Pujiono, S., Yakhsyallah, A., Misbahudin, R., Yoseptry, R., Firmansyam, I., & Jaenudin, C. (2025). MANAJEMEN PEMBEKALAN ENTREPRENEURSHIP DALAM MEMBENTUK JIWA WIRAUSAHA MUDA YANG KOMPETITIF, KREATIF, DAN INOVATIF. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 612 - 619. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1644
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>