MEMBANGUN MENTAL WIRAUSAHA DI KALANGAN SISWA SMKN 1 CIBADAK UNTUK MASA DEPAN YANG MANDIRI
Abstract
Kewirausahaan merupakan salah satu pilar penting dalam menciptakan kemandirian ekonomi di masyarakat. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membangun mental wirausaha di kalangan siswa SMKN 1 Cibadak, guna mempersiapkan mereka menjadi individu yang mandiri dan berdaya saing setelah lulus. Kegiatan ini melibatkan serangkaian pelatihan dan pendampingan yang meliputi pengenalan dasar kewirausahaan, pengembangan keterampilan kreatif dan inovatif, serta simulasi pengelolaan usaha. Melalui metode pendekatan partisipatif, program ini melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar, mulai dari identifikasi peluang bisnis hingga perencanaan dan eksekusi ide usaha. Selain itu, diberikan pula penguatan nilai-nilai kepemimpinan, keberanian mengambil risiko, dan pemecahan masalah sebagai elemen kunci dalam membangun mental wirausaha. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep kewirausahaan, serta munculnya motivasi dan keberanian untuk memulai usaha. Program ini diharapkan menjadi model pengembangan kewirausahaan di tingkat pendidikan menengah kejuruan yang dapat direplikasi di sekolah lain. Dengan demikian, siswa SMKN 1 Cibadak dapat berkontribusi lebih besar dalam menggerakkan ekonomi lokal dan nasional di masa depan.
Downloads
References
Ardhana, A. Y. A., Syazeedah, H. N. U., Fitriyaningrum, R. I., & Gunawan, A. (2025). Analisis Ketidaksesuaian antara Pendidikan dengan Kebutuhan Dunia Kerja di Indonesia. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 3(4), 1020–1026.
Arianto, A., & Masnawati, E. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Masyarakat Dalam Berwirausaha Di Indonesia. Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(2), 433–443.
Avianti, W., & Pitaloka, E. (2024). Menanamkan Jiwa Kewirausahaan pada Generasi Muda: Pelatihan Keterampilan Kewirausahaan untuk Ketahanan Bisnis. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 9(1), 1–12.
Basuki, W. (2022). Manajemen pendidikan teknologi kejuruan dan vokasi. Bumi Aksara.
Caniago, R. (2024). Implementasi Program Market Day Untuk Penguatan Pada Tema Kewirausahaan Siswa Kelas V Min 2 Kota Bengkulu. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Fadilah, M. R., & Numalasari, F. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Melalui Pola Pikir Wirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Menengah Atas: Studi Kasus SMA Labschool Cibubur. Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).
Hammoda, B. (2022). Mapping Digital Technologies Used in Entrepreneurship Education against the Competences They Develop Using Entrecomp Framework as a Reference: A Systematic Literature Review. INTED2022 Proceedings, 5489–5498.
Harto, B., Rukmana, A. Y., Boari, Y., Rusliyadi, M., Aldo, D., Juliawati, P., & Dewi, Y. A. (2023). Wirausaha Bidang Teknologi Informasi: Peluang usaha dalam meyongsong era society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kusuma, M. T. A., & Muharom, F. (2024). Transformasi Peran Pendidik dan Tren Pembelajaran Digital di Era Teknologi. Indonesian Journal of Community Engagement, 1(2), 84–97.
Maula, N., Awaludin, A., Muntaqo, A., Maulana, M. A., Syafiq, M., Baity, N. S., & Mahdiyana, R. (2024). Pembelajaran Kewirausahaan Sebagai Pencetak Young Entrepreneur di Madrasah Aliyah Al Iman Adiwerna. SETYAKI: Jurnal Studi Keagamaan Islam, 2(4), 78–84.
Noerhartati, E., & Jatiningrum, C. (2021). Pendidikan Kewirausahaan di Indonesia. Penerbit Adab.
Nurjaya, N., Artiyani, M., Rahmat, R., & Mukhtar, A. (2024). Praktik Ekonomi Kreatif Makanan Kuliner Indonesia Dalam Mendukung Wirausaha Muda Siswa SMK. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4776–4784.
Permenkop UKM. (2015). Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 10/PER/M.KUKM/IX/2015 Tahun 2015 tentang Kelembagaan Koperasi. www.peraturan.go.id
Riana, A., Pirton, J., Firmananda, F. I., & Farhas, R. J. (2023). Eksplorasi Transformasi Digital dalam Kewirausahaan dan Inovasi: Literature Review. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(1), 50–57.
Rijal, M. (2024). Keterampilan Vokasional Untuk Masa Depan: Memanfaatkan Teknologi dan Inovasi Untuk Meningkatkan Peluang Karir. Jurnal Ekonomi Dan Riset Pembangunan, 2(1), 36–45.
Said Permana, P. (2022). Pengelolaan Program Kelompok Usaha Siswa (KUS) di SMA Negeri 5 Depok. In Aufklarung: Jurnal Pendidikan (Vol. 2, Issue 4). http://pijarpemikiran.com/index.php/Aufklarung
Soerahman, S., Saputra, R., & Prastiwi, D. (2024). Peran Strategis Akademisi dalam Peningkatan Teknologi Industri untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.
Zidan, F., Nugroho, D., Asri, R., & Agustina, S. (2024). Peran pendidikan dalam mempersiapkan generasi creativepreneur di masa depan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 5(1), 41–46.
Copyright (c) 2025 Ricky Yoseptry, Nitro Nitro, Erwin Sunandar Lubis, Iwan Iwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.