TRAINING MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS THINKING SMART GAME PADA SISWA MI MULTIPLE SARINA

  • Nur Hasanah
  • Ida Fitriana Ambarsari STKIP PGRI Situbondo
  • Miftahus Surur STKIP PGRI Situbondo
  • Lusi Endang Sri Darmawati STKIP PGRI Situbondo
  • Fathor Rakhman STKIP PGRI Situbondo
Keywords: Training Motivasi; Thinking Smart Game

Abstract

Pembelajaran matematika pelajaran yang membutuhkan logika dan daya nalar yang baik maka dibutuhkan inovasi-inovasi pembelajaran yang dapat meningkat motivasi siswa. Pembelajaran matematika yang diajarkan secara monoton yang dilakukan oleh guru dapat membuat siswa merasa jenuh dan akhirnya membuat siswa malas dalam belajar. Selain membuat siswa malas belajar terdapat faktor lain yang sudah muncul melalui presepsi mereka sendiri yaitu yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang relatif sulit dan membentuk kesan dan pengalaman secara negatif terhadap matematika yang umumnya dapat berdampak buruk baik bagi motivasi belajar matematika maupun penyesuaian akademik di sekolah. Namun, di sisi lain matematika dianggap penting karena perannya sebagai prediktor yang kuat bagi anak untuk memasuki sekolah formal dibanding keterampilan emosi dan sosial. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan training dalam peningkatan Motivasi Belajar Matematika Berbasis Thinking Smart Game pada Siswa MI Multiple Sarina untuk membantu siswa agar lebih termotivasi dalam belajar matematika dalam metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini yaitu Metode ekspositori, Metode diskusi, Metode praktek dari hasil pengabdian yang didapat dari hasil pengisian angket respon siswa didapat bahwa terdapat 90% siswa yang senang belajar matematika dan masih terdapat 10% siswa yang tidak senang belajar matematika

References

Dian, L., Sari, K., Idayani, D., Munawwir, Z., Hasanah, N., & Noervadila, I. (2021). 01 KELURAHAN ARDIJERO KECAMATAN PANJI SITUBONDO DI TENGAH PANDEMI COVID-19. 2, 560–564.

Hadiyanti, N. F. D., Hobri, Prihandoko, A. C., Susanto, Murtikusuma, R. P., Khasanah, N., & Maharani, P. (2021). Development of mathematics e-module with STEM-collaborative project based learning to improve mathematical literacy ability of vocational high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012031

Hasanah, N., Hobri, Fatekurrahman, M., Kusuma, M. A., & Hadiyanti, N. F. D. (2021). Development of lesson study for learning community based learning tools using google classroom media and its impact on students’ creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1), 0–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012017

Krisbiantoro Dwi, H. D. (2017). Game Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Telematika, 10(2), 255–256.

Kusuma, M. A., Susanto, Yuliati, N., Maharani, P., & Hasanah, N. (2021). Thinking process of 7th class students in understanding quadrilateral concepts based on Van Hiele theory. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012012

Murtikusuma, R. P., Anon, H., Anon, S., Oktavianingtyas, E., Putri, I. W. S., Anon, N., & Insani, K. (2022). The Development of Learning Device of Lesson Study for Learning Community Using Google Classroom and Quizizz Media and Their Effect on Students Creative Thinking Skills. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 12(3), 160. https://doi.org/10.29322/ijsrp.12.03.2022.p12323

Puspitasari, Y., & Hasanah, N. (2019). NASIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MANURUL FATA TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. 6(1), 34–43.

Ramadhan, S., Dahlia, A., & Qudsi, R. (2021). MATEMATIKA DENGAN MODEL TREFFINGER. 4(5), 1083–1092. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1083-1092

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Takdir, M. (2017). Kepomath Go “ Penerapan Konsep Gamifikasi Dalam Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa .” Penelitian Pendidikan INSANI, 20, 1–6.

Vasil’ev, E. N., & Gorelikov, A. I. (1998). Radiation pattern of the horn with the corrugated flange. Huagong Kuangshan Jishu/Technology for Chemical Mines, 27(4), 46–50.

Published
2022-08-18
How to Cite
Hasanah, N., Ambarsari, I., Surur, M., Darmawati, L., & Rakhman, F. (2022). TRAINING MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS THINKING SMART GAME PADA SISWA MI MULTIPLE SARINA. Journal of Community Empowerment and Innovation, 1(2), 62-68. https://doi.org/10.47668/join.v1i2.557
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>