Pengaruh Metode Kuis Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Ice Braking Terhadap Motivasi Belajar pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

  • Nur Hasanah STKIP PGRI Situbondo
  • Ida Fitriana Ambarsari STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
Kata Kunci: Aplikasi Quizziz, Ice Breaking dan Motivasi.

Abstrak

Belajar merupakan suatu proses bagi seseorang agar mendapatkan sebuah keahlian atau capaian kompetensi tertentu yang sesuai dengan kemampuan masing-masing yang setiap siswa membutuhkan proses dengan tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Pembelajaran yang baik yaitu pembelajaran yang sudah terencana dengan baik dan terstruktur, dalam membuat suatu perencanaan pembelajaran guru diperlukannya untuk melihat kemampuan siswanya masing-masing sehingga pembelajaran yang dirancang dalam berjalan dengan baik. Penelitian ini meneliti tengan pengaruh Ice Breaking dan Quizizz terhadap motivasi belajar mempunyai hubugan yang dengan kategori kuat. Untuk hasil uji regresi bergandanya didapat nilai Sig. Untuk variabel kapita selekta terhadap motivasi belajar sebesar 0,009>0,05 dan nilai t hitung 4,179 > t tabel 2,228, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Diketuhai nilai signifikan  pada variabel 0,895>0,005 dan nilai t hitung 0,138 <2,228 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan sehingga adanya hubungan namun belum tentu adanya pengaruh yang signifikan

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1288

Dian, L., Sari, K., Idayani, D., Munawwir, Z., Hasanah, N., & Noervadila, I. (2021). 01 KELURAHAN ARDIJERO KECAMATAN PANJI SITUBONDO DI TENGAH PANDEMI COVID-19. 2, 560–564.

Hadiyanti, N. F. D., Hobri, Prihandoko, A. C., Susanto, Murtikusuma, R. P., Khasanah, N., & Maharani, P. (2021). Development of mathematics e-module with STEM-collaborative project based learning to improve mathematical literacy ability of vocational high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012031

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298

Hasanah, N., Hobri, Fatekurrahman, M., Kusuma, M. A., & Hadiyanti, N. F. D. (2021). Development of lesson study for learning community based learning tools using google classroom media and its impact on students’ creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1), 0–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012017

Hasanah, Nur, Ambarsari, I. F., Surur, M., Darmawati, E. S., & Rakhman, F. (2022). Training Motivasi Belajar Matematika Berbasis Thinking Smart Game pada Siswa MI Multiple Sarina Info Artikel Abstrak dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia [ 1 ]. Bangsa ini telah jenjang dan tingkat pendidikan , agar diperoleh sumber daya ma. 1(2), 62–68.

Hidayat, M. I., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengaruh Metode Kuis Berbantuan Quizizz.

Kusuma, M. A., Susanto, Yuliati, N., Maharani, P., & Hasanah, N. (2021). Thinking process of 7th class students in understanding quadrilateral concepts based on Van Hiele theory. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012012

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Murtikusuma, R. P., Anon, H., Anon, S., Oktavianingtyas, E., Putri, I. W. S., Anon, N., & Insani, K. (2022). The Development of Learning Device of Lesson Study for Learning Community Using Google Classroom and Quizizz Media and Their Effect on Students Creative Thinking Skills. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 12(3), 160. https://doi.org/10.29322/ijsrp.12.03.2022.p12323

Nuryami, N., Janan, T., & Hasanah, N. (2022). the Influence of Realistic Mathematics Education on Year 8 Students’ Spatial Ability of Cuboids and Cubes. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 69–84. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol7no1.2022pp69-84

Puspitasari, Y., & Hasanah, N. (2019). NASIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MANURUL FATA TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. 6(1), 34–43.

Shaharanee, I. N. M., Jamil, J. M., & Rodzi, A. S. S. M. (2016). The application of Google Classroom as a tool for teaching and learning. Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering, 8(10), 5–8.

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347–356. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.470

Diterbitkan
2022-11-15
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>