Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEAM-CC dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

  • Nur Hasanah STKIP PGRI Situbondo
Keywords: STEAM, Caring Community dan Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa perangkat pembelajaran  matematika berbasis Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics – Caring Community (STEAM-CC) serta engaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Berpikir kreatif dapat dipengaruhi mealui pendekatan dalam proses pembelajaran dan dilakukan dalam kelomok kecil sebagai sarana siswa untuk saling berkolaborasi, belajar, dan peduli melalui Caring Community (CC) dalam Lesson Study for Learning Community (LSLC). Penelitian ini menggunakan mixed method yaitu studi pengembangan model 4-D Thiagarajan dan penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis STEAM-CC yang dikembangkan valid menurut ahli materi dan ahli media, berbasis efektif dengan hasil tes memenuhi ketuntasan kelas, observasi pada Caring Community menunjukkan siswa memiliki kepedulian dalam belajar, dan terdapat pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, D. N., Astriani, M. M., & ... (2020). Analisis Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Menggunakan Metode STEAM-PjBL. Diskusi Panel Nasional …, 331–336. Retrieved from http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4755

Amalia, D., Sutarto, J., & Sugiyo Pranoto, Y. K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bermuatan STEAM Terhadap Karakter Kreatif dan Kemandirian. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1233–1246. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1765

Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Biolearning Journal, 8(1), 24–26. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019

Chong, W. H., & Kong, C. A. (2012). Teacher collaborative learning and teacher self-efficacy: The case of lesson study. Journal of Experimental Education, 80(3), 263–283. https://doi.org/10.1080/00220973.2011.596854

Dian, L., Sari, K., Idayani, D., Munawwir, Z., Hasanah, N., & Noervadila, I. (2021). 01 KELURAHAN ARDIJERO KECAMATAN PANJI SITUBONDO DI TENGAH PANDEMI COVID-19. 2, 560–564.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.

Hadiyanti, N. F. D., Hobri, Prihandoko, A. C., Susanto, Murtikusuma, R. P., Khasanah, N., & Maharani, P. (2021). Development of mathematics e-module with STEM-collaborative project based learning to improve mathematical literacy ability of vocational high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012031

Hasanah, N., Hobri, Fatekurrahman, M., Kusuma, M. A., & Hadiyanti, N. F. D. (2021). Development of lesson study for learning community based learning tools using google classroom media and its impact on students’ creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1), 0–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012017

Hasanah, Nur, Ambarsari, I. F., Surur, M., Darmawati, E. S., & Rakhman, F. (2022). Training Motivasi Belajar Matematika Berbasis Thinking Smart Game pada Siswa MI Multiple Sarina Info Artikel Abstrak dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia [ 1 ]. Bangsa ini telah jenjang dan tingkat pendidikan , agar diperoleh sumber daya ma. 1(2), 62–68.

Hobri, Septiawati, I., & Prihandoko, A. C. (2018a). High-order thinking skill in contextual teaching and learning of mathematics based on lesson study for learning community. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3), 1576–1580. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.12110

Hobri, Septiawati, I., & Prihandoko, A. C. (2018b). High-order thinking skill in contextual teaching and learning of mathematics based on lesson study for learning community. International Journal of Engineering and Technology(UAE). https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.12110

Kusuma, M. A., Susanto, Yuliati, N., Maharani, P., & Hasanah, N. (2021). Thinking process of 7th class students in understanding quadrilateral concepts based on Van Hiele theory. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012012

Pendidikan, J., Hasanah, N., & Ambarsari, I. F. (2022). Pengaruh Metode Kuis Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Ice Braking Terhadap Motivasi Belajar pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 10(3), 1133–1142.

Reswari, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 1. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.490

Tohir, M., Abidin, Z., Dafik, D., & Hobri, H. (2018). Students creative thinking skills in solving two dimensional arithmetic series through research-based learning. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012072

Ummah, B. I., Susanto, Hobri, & Solehah, A. (2021). Development of mathematics learning tool based on open-ended with jumping task and the effects on creative thinking ability of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012016

Usher, D., & Pradita, D. (2018). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember.

Published
2022-12-29
How to Cite
Hasanah, N. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEAM-CC dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 79-89. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.659
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)