TRANSFORMASI KONFLIK ANTAR SISWA MELALUI STRATEGI KONSELING TEMAN SEBAYA: MEWUJUDKAN SEKOLAH HARMONIS DAN EMPATIK

  • Ricky Yoseptry Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Henhen Suhenih Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Rosi Nurmaya Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Alivia Nurul Fauza Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Popi Hidayanti Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Enur Nurasiah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
Keywords: konseling teman sebaya, konflik siswa, pelatihan keterampilan, perubahan perilaku sosial, harmonisasi sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan konseling teman sebaya pada siswa SMA Negeri 13 Bandung sebagai upaya mengatasi konflik antar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pelatihan diberikan kepada 20 siswa perwakilan kelas 10 dan 11, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, simulasi, dan brainstorming. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa mengenai konsep dan teknik konseling teman sebaya, kemampuan mengidentifikasi dan menyelesaikan konflik, serta perubahan perilaku sosial, seperti komunikasi yang lebih baik, peningkatan empati, dan toleransi. Program ini juga mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang lebih harmonis dan kondusif, dengan siswa yang terlatih sebagai agen perubahan. Keberlanjutan program direncanakan melalui pembentukan tim konselor sebaya dan evaluasi berkala untuk memastikan efektivitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astiti, S. P. (2019). Efektivitas Konseling Sebaya (Peer counseling) dalam Menuntaskan Masalah Siswa. Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2). http://e-journal.iainsalatiga.ac.id/index.php/ijip/index

Bariyyah, K., Atmoko, A., Zen, E. F., Apriani, R., & Maizura, N. (2024). Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling melalui Cognitive Behavior Stress Management untuk Mendukung Peer Counselor dalam Penanggulangan Stres Akademik Siswa. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 116–125.

Hamidah, R. N., Santinintyas, W. Y., Kristanto, I., & Daliman, D. (2024). Addressing students’ mental health through peer counseling at SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Community Empowerment, 9(8), 1194–1203.

Irawan, T. M. I. A., Hamzah, R. M., & Mulyati, S. (2024). Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Korban Bullying: Sebuah Kajian Sistematis. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(1), 70–83.

Khairun, N., Putra, D. P., Neliwarti, N., & Pratama, A. R. (2024). Pusat Informasi dan Konseling Remaja Spansatika ok sebagai Wadah Pembentukan Konselor Sebaya yang Mampu Menerapkan Konseling Sebaya di SMP Negeri 1 Tilatang Kamang. Education: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(1), 1–11.

Khoiroh, A. (2024). Pendampingan Strategi Komunikasi Konseling Pada Calon Konselor Di Lembaga Pendidikan. Istikhdamuna: Journal of Engagement and Empowerment, 1(01), 59–75.

Mulyani, Y., & Khoirunisa, N. (2020). Pendidikan kesehatan kelompok sebaya (peer group) terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang Dhysmenorrhea di Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung. Journal For Quality In Women’s Health, 3(1), 62–66.

Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 895–902.

Panjaitan, N. S., Adira, M. L., & Lesmana, G. (2025). Eksistensi Peran Bimbingan dan Konseling Dalam Regulasi Pendidikan. Edukatif, 3(1), 36–45.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Rahmi, S. (2021). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak. Syiah Kuala University Press.

Riskha, D. (2024). Empowering Minds: Strategi dan Sumberdaya Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental di Kalangan Anak Sekolah dan Mahasiswa. Ruang Karya.

Sekar, D. A. C., & Fauzia, N. (2023). Peer Social Support for Adolescent Victims of Bullying. International Journal of Social Science Research and Review, 6(6), 614–628. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v6i6.1377

Sholeh, M. I. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Program Anti-Bullying Di Lembaga Pendidikan Islam. Al Manar, 1(2), 62–85.

Sofyan, S., Mukminin, A., Haryanto, E., Habibi, A., & Lestari, A. (2023). Fasilitasi Siswa Rentan Putus Sekolah Agar Tidak Putus Sekolah Di SMKN 1 Tanjung Jabung Timur. Jurnal JUPEMA, 2(2), 8–29.

Published
2025-01-23
How to Cite
Yoseptry, R., Suhenih, H., Nurmaya, R., Fauza, A., Hidayanti, P., & Nurasiah, E. (2025). TRANSFORMASI KONFLIK ANTAR SISWA MELALUI STRATEGI KONSELING TEMAN SEBAYA: MEWUJUDKAN SEKOLAH HARMONIS DAN EMPATIK. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 415 - 427. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1586
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>