PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPS KOMPETENSI DASAR KEGIATAN PELAKU EKONOMI DI MASYARAKAT KELAS VII MTs SABDARIA NADA SEMESTER GANJIL
Abstrak
Metode pembelajaran demonstrasi pada penelitian ini bertujuanagar siswa dapat secara aktif dan kreatif memecahkan masalah dalam kegiatan belajar, sehingga terjadi keseimbangan serta keterpaduan antara kemampuan intelektual (kognitif), sikap (efektif), dan keterampilan (Psikomotorik). Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar kegiatan pelaku pelaku ekonomi di masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas VIII MTs Sabdaria Nada semester ganjil. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua kali siklus. Dari rekapitulasi hasil penelitian mengenai hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai ulangan siswa pada siklus II mencapai 85% dengan kreteria sangat aktif. Nilai tersebut telah memenuhi KKM secara individual yaitu sebesar ≥ 70 dan secara klasikal 85% siswa yang memperoleh nilai sesuai dengan KKM sebanyak 32 siswa (90%). Penerapan metode pemebelajaran demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa, melalui kegiatan diskusi siswa dapat berinteraksi dalam kelompok yang memungkinkan siswa saling bertukar pikiran untuk mengingat dan memahami materi
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto, S. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi, S. 1991. Metodologi Reseach. Yogyakarta: Andi Offset.
Hobri. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jember: Pena Salsabila.
Ibrahim, H.M. dkk. 2000. Pemebelajaran Kooperatif. Surabaya: Universty Press
Lei, A. 2002. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Mariah, S.Y. 2005. Skor Hasil Belajar Kajian Tangan Ditinjau Dari Metode Penilaian dan Gaya Kepemimpinan Guru Dalam Jurnal Pendidikan (No.1 Vol.6). Jakarta: Lembaga Pendidikan Universitas Terbuka.
Matsum, J.H. 2006. Analisis Aktivitas Belajar dan Pembelajaran Akuntansi Keuangan Kelas II AK 3 SMK Negeri 3 Pontianak dalam Jurnal Umum Pengetahuan Sosial (No.3 Vol.VII). Jember: Universitas Jember.
Moleong, J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KKB. Bandung: Remaja Rodakarya.
Prasetyo, E. 2007. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Open Ended Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jember: Universitas Jember.
Rafi’i, S. 2002. Prosedur Evaluasi. Jakarta: Bina Aksara.
Satrijono, II. 2000. Pengembangan Model Belajar Kooperatif Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Dalam Penceraan Pendidikan (XIII No.46). Jember: Universitas Jember.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N dan Ibrahim. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, N. 2002. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta
Tim Pelatihan Proyek PGSM. 1995. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.








