PERANCANGAN APLIKASI BERGERAK MECHA PADA BIDANG OTOMOTIF DENGAN METODE DESIGN THINKING

  • Rio Yuda Sakti Universitas Islam Indonesia
  • Irving Vitra Paputungan Universitas Islam Indonesia, Indonesia
Keywords: Design Thinking, Aplikasi Bergerak, Atomic Design, Umpan Balik Pengguna

Abstract

Design Thinking adalah pendekatan kreatif dan empatik untuk memecahkan masalah yang lebih berfokus kepada pengguna. Pendekatan ini menggabungkan logika analitis dengan kreativitas dan inovasi untuk menghasilkan solusi yang lebih baik. Pendekatan ini dapat diterapkan dalam pengembangan aplikasi yang dalam prosesnya, design thinking memiliki 5 tahapan yaitu: empathize, define, ideate, prototyping, dan test yang semuanya memiliki keterlibatan dengan pengguna. dalam pengembangan aplikasi bergerak Mecha ini juga menggunakan atomic design yang dimana dapat memudahkan pengembang untuk mengubah rancangan desain aplikasi apabila ada solusi yang lebih baik melalui umpan balik dari pengguna. Oleh karena itu, pengembangan dari aplikasi Mecha ini akan menerapkan pendekatan dengan metode design thinking dan atomic design demi memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Frost, “Atomic Design.” Diakses: 14 Juni 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.softouch.on.ca/kb/data/Atomic%20Design.pdf

D. A. Rusanty, H. Tolle, dan L. Fanani, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking,” 2019. [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id

H. Joo, “A Study on Understanding of UI and UX, and Understanding of Design According to User Interface Change,” 2017. [Daring]. Tersedia pada: http://www.ripublication.com

R. Dam dan T. Siang, “What is Design Thinking and Why Is It So Popular?” Diakses: 14 Juni 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://athena.ecs.csus.edu/~buckley/CSc170_F2018_files/What%20is%20Design%20Thinking%20and%20Why%20Is%20It%20So%20Popular.pdf

R. Septian Hardinata, I. Sulistianingsih, R. F. Wijaya, dan A. M. Rahma, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Rekam Medis Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Puskesmas Simeuluetengah) Design Of Medical Record Service Information System Using The Design Thinking Method (Case study: Puskesmas Simeulue Tengah),” Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), vol. 5, no. 2, 2022, Diakses: 13 Juni 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.31539/intecoms.v5i2.5013

R. Wolniak, “SYSTEMY WSPOMAGANIA W INŻYNIERII PRODUKCJI Inżynieria Systemów Technicznych.” Diakses: 13 Juni 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://yadda.icm.edu.pl/baztech/element/bwmeta1.element.baztech-81d700a1-e4ea-4257-87cf-d0b790873bc8/c/wolniak2_SWwIP_2017_6.pdfWolcott

Z. Dwi Martha, E. Pramono Adi, dan Y. Soepriyanto, “ebook berbasis mobile learning.” [Daring]. Tersedia pada: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3705

Published
2023-07-12
How to Cite
Sakti, R., & Paputungan, I. (2023). PERANCANGAN APLIKASI BERGERAK MECHA PADA BIDANG OTOMOTIF DENGAN METODE DESIGN THINKING. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1199 - 1211. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.950
Section
Articles