PENGEMBANGAN APLIKASI MECHA: LAYANAN PERBAIKAN KENDARAAN BERBASIS SMARTPHONE MENGGUNAKAN MVP (MODEL VIEW PRESENTER) SEBAGAI DESIGN PATTERN

  • Laode Ghazy Naufal Iksyam Universitas Islam Indonesia
  • Irving Vitra Paputungan Universitas Islam Indonesia, Indonesia
Keywords: Perkembangan Teknologi, Smartphone, Bisnis Layanan, Perbaikan Kendaraan, Aplikasi Mobile, Mvp, Kotlin, Version Control Git, Rest Api, User Flow

Abstract

Dalam era digital ini, penggunaan teknologi smartphone telah menjadi penting dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi MECHA, yang menyediakan layanan perbaikan kendaraan melalui smartphone. Aplikasi ini menggunakan pola desain MVP (Model View Presenter) untuk memisahkan tugas-tugas yang terkait dengan visualisasi, pemrosesan, dan manajemen data. MECHA menjadi penghubung antara pengguna kendaraan dan pemilik bengkel, mempermudah komunikasi dan pencarian pelanggan. Pengembangan aplikasi ini juga melibatkan penggunaan bahasa pemrograman Kotlin, version control GIT, dan REST API. Diharapkan MECHA dapat memberikan kenyamanan dan solusi perbaikan yang efisien bagi pengguna kendaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, R., & Elan Maulani, I. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Bisnis Modern. Jurnal Sosial Teknologi, 3(2), 94–98. doi: 10.59188/jurnalsostech.v3i2.635

Ariesta, A., Dewi, Y. N., Sariasih, F. A., & Fibriany, F. W. (2021). Penerapan Metode Agile Dalam Pengembangan Application Programming Interface System Pada PT XYZ. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 7(1), 38. doi: 10.24014/coreit.v7i1.12635

Dean Nugraha. (2018). Pengembangan Startup Berbasis Sociopreneur Sebagai Inovasi Kreatif Guna Peningkatan Nilai Jual Pada Produk Pisang Domestik Balikpapan Dengan Metode Model View Presenter (Mvp)-Studi Kasus Aplikasi Paradis.

Dwi Martha, Z., Pramono Adi, E., & Soepriyanto, Y. (n.d.). EBOOK BERBASIS MOBILE LEARNING.

Ferico, A., Pasaribu, O., Darwis, D., & Surahman, A. (2019). System Informasi Geografis Untuk Pencarian Lokasi Bengkel Mobil Di Wilayah Kota Bandar Lampung. Jurnal TEKNOKOMPAK, 13(2), 1–6. Retrieved from http://maps.google.com.

Fitrahriansyah, I., Haerul Jaman, J., Ilmu Komputer, F., Singaperbangsa Karawang, U., & Hs Ronggowaluyo Telukjambe Timur, J. (2022). Pemanfaatan Application Programming Interface (API) pada Aplikasi Layanan Jasa Perbaikan Kendaraan Bermotor. 15(1), 1979–276. doi: 10.30998/faktorexacta.v15i1.9848

Hapsari, E. D., & Yuda, Y. P. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Berbasis Mobile Terhadap Prestasi Siswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 351–361. doi: 10.47668/edusaintek.v9i2.475

Jamilah, Y. S., & Padmasari, A. C. (n.d.). Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Say.Co. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/tanra/

Kathleen, A., Sutanto, R. P., & Pranayama, A. (n.d.). Analisis Perbandingan User Flow Dari Aplikasi E-Catalogue Ifurnholic.

Kusnawi. (2010). Penerapan Design Patterns Untuk Perancangan Berbasiskan Objek Oriented. 11.

Limbong, E. G., Ismail, ;, Subianto, B., Friza, ;, Parwis, Y., & Suprianto, P. (2019). Perancangan Ilustrasi Tata Cara Penggunaan Kendaraan Umum Sebagai Media Edukasi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 4(1).

Lutfiani, N., Harahap, P., Aini, Q., Dimas, A., Ahmad, A. R., & Rahardja, U. (2020). InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan Attribution-NonCommercial 4.0 International. Some rights reserved Inovasi Manajemen Proyek I-Learning Menggunakan Metode Agile Scrumban. 5(1). doi: 10.30743/infotekjar.v5i1.2848

Ngurah, G., Widhiananda, A., Made, I., Suyadnya, A., & Saputra, K. O. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Reservasi Service Untuk Bengkel Sepeda Motor Berbasis WEB (Vol. 4, Issue 2). Komang Oka Saputra.

Riza Aulia Putra. (2018). Peran Teknologi Digital Dalam Perkembangan Dunia Perancangan Arsitektur. In Elkawnie: Journal of Islamic Science and Technology (Vol. 4, Issue 1). Retrieved from www.jurnal.ar-raniry.com/index.php/elkawnie

Rizki, B., Surya, P., Putra Kharisma, A., & Yudistira, N. (2020). Perbandingan Kinerja Pola Perancangan MVC, MVP, dan MVVM Pada Aplikasi Berbasis Android (Studi kasus : Aplikasi Laporan Hasil Belajar Siswa SMA BSS) (Vol. 4, Issue 11). Retrieved from http://j-ptiik.ub.ac.id

Sahrial, R., Fauzi, D. F., & Susilawati, E. (2022). Pemanfaatan Json Untuk Menampilkan Data Realtime COVID-19 Dengan Model View Presenter. In Jurnal TEKNOINFO (Vol. 16, Issue 1).

Selvi Dwi Hartiyani, Agung Prayogo, & Erlinawati. (n.d.). Aplikasi Multimedia Pembelajaranaksara Jawa Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar.

Sutanto, R. P. (2022). Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra. Nirmana, 22(1), 41–51. doi: 10.9744/nirmana.22.1.41-51

Suteja, B. R., & Harjoko, A. (2008). I-1 User Interface Design for e-Learning System. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.

Zaki, B., & Putra, S. D. (n.d.). Aplikasi Bengkel Online Menggunakan Global Positioning System (GPS) Berbasis Android Pada CV. Rumah Otomotif.

Published
2023-08-10
How to Cite
Iksyam, L., & Paputungan, I. (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI MECHA: LAYANAN PERBAIKAN KENDARAAN BERBASIS SMARTPHONE MENGGUNAKAN MVP (MODEL VIEW PRESENTER) SEBAGAI DESIGN PATTERN. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 47 - 60. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.932
Section
Articles