PENGEMBANGAN APLIKASI MECHA: LAYANAN PERBAIKAN KENDARAAN BERBASIS SMARTPHONE MENGGUNAKAN MVP (MODEL VIEW PRESENTER) SEBAGAI DESIGN PATTERN
Abstract
Dalam era digital ini, penggunaan teknologi smartphone telah menjadi penting dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi MECHA, yang menyediakan layanan perbaikan kendaraan melalui smartphone. Aplikasi ini menggunakan pola desain MVP (Model View Presenter) untuk memisahkan tugas-tugas yang terkait dengan visualisasi, pemrosesan, dan manajemen data. MECHA menjadi penghubung antara pengguna kendaraan dan pemilik bengkel, mempermudah komunikasi dan pencarian pelanggan. Pengembangan aplikasi ini juga melibatkan penggunaan bahasa pemrograman Kotlin, version control GIT, dan REST API. Diharapkan MECHA dapat memberikan kenyamanan dan solusi perbaikan yang efisien bagi pengguna kendaraan.
Downloads
References
Anggraeni, R., & Elan Maulani, I. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Bisnis Modern. Jurnal Sosial Teknologi, 3(2), 94–98. doi: 10.59188/jurnalsostech.v3i2.635
Ariesta, A., Dewi, Y. N., Sariasih, F. A., & Fibriany, F. W. (2021). Penerapan Metode Agile Dalam Pengembangan Application Programming Interface System Pada PT XYZ. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 7(1), 38. doi: 10.24014/coreit.v7i1.12635
Dean Nugraha. (2018). Pengembangan Startup Berbasis Sociopreneur Sebagai Inovasi Kreatif Guna Peningkatan Nilai Jual Pada Produk Pisang Domestik Balikpapan Dengan Metode Model View Presenter (Mvp)-Studi Kasus Aplikasi Paradis.
Dwi Martha, Z., Pramono Adi, E., & Soepriyanto, Y. (n.d.). EBOOK BERBASIS MOBILE LEARNING.
Ferico, A., Pasaribu, O., Darwis, D., & Surahman, A. (2019). System Informasi Geografis Untuk Pencarian Lokasi Bengkel Mobil Di Wilayah Kota Bandar Lampung. Jurnal TEKNOKOMPAK, 13(2), 1–6. Retrieved from http://maps.google.com.
Fitrahriansyah, I., Haerul Jaman, J., Ilmu Komputer, F., Singaperbangsa Karawang, U., & Hs Ronggowaluyo Telukjambe Timur, J. (2022). Pemanfaatan Application Programming Interface (API) pada Aplikasi Layanan Jasa Perbaikan Kendaraan Bermotor. 15(1), 1979–276. doi: 10.30998/faktorexacta.v15i1.9848
Hapsari, E. D., & Yuda, Y. P. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Berbasis Mobile Terhadap Prestasi Siswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 351–361. doi: 10.47668/edusaintek.v9i2.475
Jamilah, Y. S., & Padmasari, A. C. (n.d.). Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Say.Co. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/tanra/
Kathleen, A., Sutanto, R. P., & Pranayama, A. (n.d.). Analisis Perbandingan User Flow Dari Aplikasi E-Catalogue Ifurnholic.
Kusnawi. (2010). Penerapan Design Patterns Untuk Perancangan Berbasiskan Objek Oriented. 11.
Limbong, E. G., Ismail, ;, Subianto, B., Friza, ;, Parwis, Y., & Suprianto, P. (2019). Perancangan Ilustrasi Tata Cara Penggunaan Kendaraan Umum Sebagai Media Edukasi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 4(1).
Lutfiani, N., Harahap, P., Aini, Q., Dimas, A., Ahmad, A. R., & Rahardja, U. (2020). InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan Attribution-NonCommercial 4.0 International. Some rights reserved Inovasi Manajemen Proyek I-Learning Menggunakan Metode Agile Scrumban. 5(1). doi: 10.30743/infotekjar.v5i1.2848
Ngurah, G., Widhiananda, A., Made, I., Suyadnya, A., & Saputra, K. O. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Reservasi Service Untuk Bengkel Sepeda Motor Berbasis WEB (Vol. 4, Issue 2). Komang Oka Saputra.
Riza Aulia Putra. (2018). Peran Teknologi Digital Dalam Perkembangan Dunia Perancangan Arsitektur. In Elkawnie: Journal of Islamic Science and Technology (Vol. 4, Issue 1). Retrieved from www.jurnal.ar-raniry.com/index.php/elkawnie
Rizki, B., Surya, P., Putra Kharisma, A., & Yudistira, N. (2020). Perbandingan Kinerja Pola Perancangan MVC, MVP, dan MVVM Pada Aplikasi Berbasis Android (Studi kasus : Aplikasi Laporan Hasil Belajar Siswa SMA BSS) (Vol. 4, Issue 11). Retrieved from http://j-ptiik.ub.ac.id
Sahrial, R., Fauzi, D. F., & Susilawati, E. (2022). Pemanfaatan Json Untuk Menampilkan Data Realtime COVID-19 Dengan Model View Presenter. In Jurnal TEKNOINFO (Vol. 16, Issue 1).
Selvi Dwi Hartiyani, Agung Prayogo, & Erlinawati. (n.d.). Aplikasi Multimedia Pembelajaranaksara Jawa Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar.
Sutanto, R. P. (2022). Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra. Nirmana, 22(1), 41–51. doi: 10.9744/nirmana.22.1.41-51
Suteja, B. R., & Harjoko, A. (2008). I-1 User Interface Design for e-Learning System. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.
Zaki, B., & Putra, S. D. (n.d.). Aplikasi Bengkel Online Menggunakan Global Positioning System (GPS) Berbasis Android Pada CV. Rumah Otomotif.
Copyright (c) 2024 Laode Ghazy Naufal Iksyam, Irving VitraPaputungan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.