ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR E-MODUL IPA PJBL MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI KEMAGNETAN
Abstract
Studi ini tujuannya guna 1) mencari tahu kesulitan yang siswa alami pada kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi IPA Fisika 2) mengidentifikasi bahan ajar yang dipakai guru dan metode pembelajaran yang dipakai pada kegiatan proses pembelajaran di kelas; 3) analisis bahan ajar dan metode pembelajaran yang diperlukan oleh siswa pasa kegiatan pembelajaran IPA fisika; 4) mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar berbasis PjBL untuk melatihkan kemampuan berfikir materi kemagnetan di SMP. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah memberikan respon angket online berupa google form kepada siswa kelas IX sebesar 99 responden di SMPN 8 Pekanbaru yang disebarkan melalui media sosisal whatsaap. Teknik analisis yang dipakai ialah deskriptif kuantitatif. Hasil studi memperlihatkan 1) siswa mengalami kesulitan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi IPA Fisika 2) bahan ajar yang dipakai guru adalah buku cetak dan metode pembelajaran yang banyak dipakai ialah metode ceramah; 3) bahan ajar yang diperlukan siswa yaitu e-modul dan metode pembelajaran yang perlu dalam proses pembelajaran IPA fisika adalah metode proyek; 4) Sebanyak 73,7% siswa tertarik untuk menggunakan bahan ajar e-modul sebagai penunjang bahan ajar dalam proses pembelajaran dan siswa menyatakan membutuhkan metode pembelajaran yang lain selain seperti biasa digunakan gurumu untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa.
Downloads
References
Amril, Khairalfi Jumanisa, dan Harris Effendi Thahar. 2022. Pengembangan Modul Elektronik Menulis Teks Cerpen Berbasis Project Based Learning bagi Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 5 (3): 715–30
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. 2020. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.
Arini, W. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya Siswa Kelas Delapan Smp Xaverius Kota Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 23–38.
Cahyani, A. E. M., Mayasari, T., & Sasono, M. 2020. Efektivitas E-modul Project Based Learning Berintegrasi STEM Terhadap Kreativitas Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 15.
Daniel, F. 2017. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 7.
Fatikhah, Ismu, dan Nurma Izzati. 2015. “Matematika Bermuatan Emotion Quotient Pada Pokok Bahasan Himpunan.” EduMa 4 (2): 46–61.
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. 2019. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225–233.
Harahap, N. R., Ompusunggu, E., Marpaung, N., & Pulungan, S. E. 2020. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Siswa pada Materi Kemagnetan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(2), 58–63.
Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. 2021. Analisis Kebutuhan E-modul Fisikasebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA Muslimat NU. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 70–80.
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. 2016. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.
Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y.-. 2020. Implementasi Steam (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 65–73.
Mulyadi, D., Wahyuni, S., & Handayani, R. 2016. Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301–301.
Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin, S. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Sma/ Ma. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 81.
Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Prayitno, B. E. 2019. Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 11–18.
Pritandhari, M. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Direct Intruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. 5(1), 47–56.
Qomariyah, D. N., Subekti, H., Surabaya, U. N., & Kreatif, B. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 242–246.
Rahmadayanti dewi, hartoyo agung. 2021. Analisis Kebutuhan Desain Pengembangan Model IPA Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7174–7187.
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rodi’ah, S., & Hasanah, I. 2021. Eksplorasi Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek Berbantu E-modul Ditinjau dari Berpikir Kreatif Siswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 107.
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. 2020. Pengembangan E-modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 4(1), 51–58.
Samsinar, S. 2019. Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83.
Sasmita, R. S. 2020. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1, 1–5.
Sugiyastini, W., Sudana, D. N., & Suartama, I. K. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Gugus V Banjar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1–11.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Suwarni, E. 2015. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba Di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Siswa Sma Kelas X. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 6(2), 86–92.
Widiastuti, N. L. G. K. 2021. E-modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 435.
Copyright (c) 2023 Nur Ramadhanti, M. Rahmad, Zulirfan Zulirfan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.