AKTUALISASI DUKUNGAN LITERASI SEKOLAH SMK LABOR PEKANBARU MENYIAPKAN GENERASI UNGGUL WAWASAN AKADEMIK TEKNOLOGI
Abstract
Artikel ini bertujuan menumbuhkembangkan wawasan akademik dan kemampuan teknologi peserta didik melalui akulturasi kurikulum merdeka di SMK labor Pekanbaru melalui dukungan literasi sekolah berupa pembudayaan ekosistem literasi di sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Sasarannya adalah semua warga sekolah. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi langsung di sekolah SMK Labor Pekanbaru untuk mengetahui aktualisasi kurikulum merdeka melalui dukungan literasi di sekolah. Hasil yang diperoleh terdapat banyak dukungan literasi yang di terapkan di SMK Labor Pekanbaru yang mendukung pembelajaran di kurikulum merdeka. Ekosistem literasi sekolah berupa dukungan-dukungan yang diberikan oleh sekolah untuk memenuhi kebutuhan berliterasi warga sekolah. Dukungan Literasi Sekolah yang dapat diberikan bukan hanya berupa buku akademik formal digunakan untuk menambah wawasan dibidang akademik, namun dukungan literasi namun juga berupa dukungan pengetahuan secara umum sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Dukungan literasi yang diterapkan lebih dari sekedar berbentuk buku fisik pada suatu ruangan perpustakaan yang umum diketahui namun juga dapat berbentuk soft file yaitu e-book. Bahkan dalam mendukung literasi sekolah memberikan dukungan melalui tempat yang tidak monoton hanya di perpustakaan tetapi memberikan dukungan tempat berupa pondok literasi, taman pelantar merdeka belajar, sudut baca, digital library. Kemudian untuk menambah wawasan akademik sekolah SMK Labor Pekanbaru memberikan dukungan menggunakan aplikasi eco literasi dan TV Literasi.
Downloads
References
Afifah, N. A., Erwina, W., & Rohman, A. S. (2020). Peran Tenaga Perpustakaan dalam Mewujudkan Keberhasilan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri 02 Rajamandala. Jurnal Pustaka Budaya, 7(2), 105-112.
Ainiyah, N. (2017). Membangun penguatan budaya literasi media dan informasi dalam dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 65-77.
Aswat, H., Nurmaya, G., & Lely, A. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70-78.
Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2018). Literasi Sekolah sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar yang Berdampak pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 5(2), 153-166.
Fatimah, Nurul. 2022. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dalam Bentuk Pojok Baca Terhadap Minat Membaca Siswa SD Inpres Jongaya Kota Makassar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hatta, M., Suparman, S., & Niar, N. (2022). Upaya Pengelolaan Perpustakaan Umum Kabupaten Enrekang untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2449-2459.
Hidayat, M. H., & Basuki, I. A. (2018). Gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 810-817.
Mohamad, Yamin. 2022. Keterampilan Literasi, Kurikulum Merdeka dan Pelatihan Menulis. https://www.kompasiana.com/mohamadashabulyamin2428/62e95f543555e46a4e601ca5/keterampilan-literasi-kurikulum-merdeka-dan-pelatihan-menulis. Diaskes pada 3 Agustus 2022
Muhammad, Hamid. 2016. Laporan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemnterian Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Praptanti, I., & Ernawati, A. (2019, December). Evaluasi pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) pada sekolah menengah atas negeri dan swasta di wilayah purwokerto kota. In Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP (pp. 289-296).
Solichah, N., Solehah, H. Y., & Hikam, R. (2022). Persepsi Serta Peran Orang Tua dan Guru terhadap Pentingnya Stimulasi Literasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3931-3943.
Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154-163.
Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325-342.
Copyright (c) 2023 Yulia Soteria Simatupang, M. Rahmad, Muhammad Sahal, Aflina Sari Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.