AKTUALISASI DUKUNGAN LITERASI SEKOLAH SMK LABOR PEKANBARU MENYIAPKAN GENERASI UNGGUL WAWASAN AKADEMIK TEKNOLOGI

  • Yulia Soteria Simatupang Universitas Riau
  • M. Rahmad Universitas Riau, Indonesia
  • Muhammad Sahal Universitas Riau, Indonesia
  • Aflina Sari Dewi SMK Labor Pekanbaru, Indonesia
Keywords: Literasi, Wawasan Akademik, Teknologi

Abstract

Artikel ini bertujuan menumbuhkembangkan wawasan akademik dan kemampuan teknologi peserta didik melalui akulturasi kurikulum merdeka di SMK labor Pekanbaru melalui dukungan literasi sekolah berupa pembudayaan ekosistem literasi di sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Sasarannya adalah semua warga sekolah. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi langsung di sekolah SMK Labor Pekanbaru untuk mengetahui aktualisasi kurikulum merdeka melalui dukungan literasi di sekolah. Hasil yang diperoleh terdapat banyak dukungan literasi yang di terapkan di SMK Labor Pekanbaru yang mendukung pembelajaran di kurikulum merdeka. Ekosistem literasi sekolah berupa dukungan-dukungan yang diberikan oleh sekolah untuk memenuhi kebutuhan berliterasi warga sekolah. Dukungan Literasi Sekolah yang dapat diberikan bukan hanya berupa buku akademik formal digunakan untuk menambah wawasan dibidang akademik, namun dukungan literasi namun juga berupa dukungan pengetahuan secara umum sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Dukungan literasi yang diterapkan lebih dari sekedar berbentuk buku fisik pada suatu ruangan perpustakaan yang umum diketahui namun juga dapat berbentuk soft file yaitu e-book. Bahkan dalam mendukung literasi sekolah memberikan dukungan melalui tempat yang tidak monoton hanya di perpustakaan tetapi memberikan dukungan tempat berupa pondok literasi, taman pelantar merdeka belajar, sudut baca, digital library. Kemudian untuk menambah wawasan akademik sekolah SMK Labor Pekanbaru memberikan dukungan menggunakan aplikasi eco literasi dan TV Literasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N. A., Erwina, W., & Rohman, A. S. (2020). Peran Tenaga Perpustakaan dalam Mewujudkan Keberhasilan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri 02 Rajamandala. Jurnal Pustaka Budaya, 7(2), 105-112.

Ainiyah, N. (2017). Membangun penguatan budaya literasi media dan informasi dalam dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 65-77.

Aswat, H., Nurmaya, G., & Lely, A. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70-78.

Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2018). Literasi Sekolah sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar yang Berdampak pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 5(2), 153-166.

Fatimah, Nurul. 2022. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dalam Bentuk Pojok Baca Terhadap Minat Membaca Siswa SD Inpres Jongaya Kota Makassar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hatta, M., Suparman, S., & Niar, N. (2022). Upaya Pengelolaan Perpustakaan Umum Kabupaten Enrekang untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2449-2459.

Hidayat, M. H., & Basuki, I. A. (2018). Gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 810-817.

Mohamad, Yamin. 2022. Keterampilan Literasi, Kurikulum Merdeka dan Pelatihan Menulis. https://www.kompasiana.com/mohamadashabulyamin2428/62e95f543555e46a4e601ca5/keterampilan-literasi-kurikulum-merdeka-dan-pelatihan-menulis. Diaskes pada 3 Agustus 2022

Muhammad, Hamid. 2016. Laporan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemnterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Praptanti, I., & Ernawati, A. (2019, December). Evaluasi pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) pada sekolah menengah atas negeri dan swasta di wilayah purwokerto kota. In Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP (pp. 289-296).

Solichah, N., Solehah, H. Y., & Hikam, R. (2022). Persepsi Serta Peran Orang Tua dan Guru terhadap Pentingnya Stimulasi Literasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3931-3943.

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154-163.

Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325-342.

Published
2023-02-11
How to Cite
Simatupang, Y., Rahmad, M., Sahal, M., & Dewi, A. (2023). AKTUALISASI DUKUNGAN LITERASI SEKOLAH SMK LABOR PEKANBARU MENYIAPKAN GENERASI UNGGUL WAWASAN AKADEMIK TEKNOLOGI. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 426-438. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.716
Section
Articles