PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA TOPIK KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA SISWA KELAS VII SMPN 6 SIAK HULU

  • Sri Wahyu Rahmadina Universitas Riau
  • Syahri Syahri Universitas Riau, Indonesia
  • Zulirfan Zulirfan Universitas Riau, Indonesia
Keywords: Pemahaman Konsep, Conceptual Understanding Procedures, Mind Mapping.

Abstract

Penggunaan media pembelajaran, penanaman konsep, prinsip, dan hukum IPA akan menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif. Pembelajaran yang melibatkan peran aktif peserta didik adalah model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs). Media pembelajaran menggunakan mind mapping pada kedua kelas sebagai media mencatat pemahaman siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen dengan rancangan penelitian  Posttest Only Control Group Design yaitu menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah simple random sampling. Sampel yang digunakan kelas VII 2 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 3 dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dari analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan, dari skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Keadaan pemahaman konsep IPA pada topik klasifikasi materi dan perubahannya yang menggunakan model pembelajaran conceptual understanding procedures pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Pemahaman konsep siswa melalui pembelajaran conceptual understanding procedures pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, sehingga pembelajaran conceptual understanding procedures lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, M. A., Arifin, I., Maisyaroh, M., Sultoni, S., & Sunarni, S. 2020. Perbedaan Minat Berwirausaha Berdasarkan Jenis Kelamin Mahasiswa. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 208-215 (dapat diakses : https://bit.ly/3ExjmXP).

Ananda, R. 2019. Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10 (dapat diakses : https://bit.ly/3BARIqV).

Assaibin, M., & Rahayu, A. 2021. Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Model Pembelajaran (CUPs) Matematika SMK Negeri 1 Polewali. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2975-2988 (dapat diakses : https://bit.ly/3YfIb2p).

Budiyanto, M. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Konsep Berbantuan Lks Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Getaran Dan Gelombang. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 102-108 (dapat diakses : https://bit.ly/3ttlDgb).

Dianti, I. P., Handoko, A., & Netriwati, N. 2020. Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures Disertai Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Kreativitas Belajar. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12(1), 85-93 (dapat diakses : https://bit.ly/3Ai0Yj7).

Fitriyani, D., Syaodih, E., & Annisa, N. 2017. Pengembangan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. EDUCARE, 1-11 (dapat diakses : https://bit.ly/3TDDeNl).

Hendawati, Y., & Kurniati, C. 2017. Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 13(1) (dapat diakses : https://bit.ly/3hJXUpG).

Hidayati, F., & Sinulingga, K. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Binjai TP 2014/2015. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(4) (dapat diakses : https://bit.ly/3Yn2z1G).

Ibrahim, I., Kosim, K., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan lkpd terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 14-23 (dapat diakses : https://bit.ly/3VSbF4G).

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219-230 (dapat diakses : https://bit.ly/3BWqHyD).

Pranata, T. I., Agwadinata, F., Sulistri, E., & Hendriana, E. C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CUPs Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pelajaran IPA di SD. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 262-270 (dapat diakses : https://bit.ly/3AfldxO).

Prastowo, S. H. B., Suhartin, Y., & Prihandono, T. 2017. Analisis Pemahaman Konsep Spektrum Cahaya Pada Siswa SMA Kelas XII. FKIP e-Proceeding, 2(1), 6-6 (dapat diakses : https://bit.ly/3O3sUgt).

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93-102 (dapat diakses : https://bit.ly/3UYa2By).

Widayanti, Rahayu, Cari, dan Sarwanto. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Kit Pada Materi Kemagnetan Untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, Dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP Kelas IX SMPN 1 Nguntoronadi. Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 7, No. 3 (dapat diakses : https://bit.ly/3twrfq2).

Windura, Susanto. 2016. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta : PT Alex Media Komputindo.

Published
2022-12-26
How to Cite
Rahmadina, S., Syahri, S., & Zulirfan, Z. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA TOPIK KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA SISWA KELAS VII SMPN 6 SIAK HULU. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 58-68. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.647
Section
Articles