PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA TOPIK KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA SISWA KELAS VII SMPN 6 SIAK HULU
Abstract
Penggunaan media pembelajaran, penanaman konsep, prinsip, dan hukum IPA akan menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif. Pembelajaran yang melibatkan peran aktif peserta didik adalah model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs). Media pembelajaran menggunakan mind mapping pada kedua kelas sebagai media mencatat pemahaman siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Group Design yaitu menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah simple random sampling. Sampel yang digunakan kelas VII 2 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 3 dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dari analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan, dari skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Keadaan pemahaman konsep IPA pada topik klasifikasi materi dan perubahannya yang menggunakan model pembelajaran conceptual understanding procedures pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Pemahaman konsep siswa melalui pembelajaran conceptual understanding procedures pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, sehingga pembelajaran conceptual understanding procedures lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep.
Downloads
References
Adha, M. A., Arifin, I., Maisyaroh, M., Sultoni, S., & Sunarni, S. 2020. Perbedaan Minat Berwirausaha Berdasarkan Jenis Kelamin Mahasiswa. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 208-215 (dapat diakses : https://bit.ly/3ExjmXP).
Ananda, R. 2019. Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10 (dapat diakses : https://bit.ly/3BARIqV).
Assaibin, M., & Rahayu, A. 2021. Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Model Pembelajaran (CUPs) Matematika SMK Negeri 1 Polewali. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2975-2988 (dapat diakses : https://bit.ly/3YfIb2p).
Budiyanto, M. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Konsep Berbantuan Lks Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Getaran Dan Gelombang. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 102-108 (dapat diakses : https://bit.ly/3ttlDgb).
Dianti, I. P., Handoko, A., & Netriwati, N. 2020. Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures Disertai Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Kreativitas Belajar. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12(1), 85-93 (dapat diakses : https://bit.ly/3Ai0Yj7).
Fitriyani, D., Syaodih, E., & Annisa, N. 2017. Pengembangan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. EDUCARE, 1-11 (dapat diakses : https://bit.ly/3TDDeNl).
Hendawati, Y., & Kurniati, C. 2017. Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 13(1) (dapat diakses : https://bit.ly/3hJXUpG).
Hidayati, F., & Sinulingga, K. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Binjai TP 2014/2015. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(4) (dapat diakses : https://bit.ly/3Yn2z1G).
Ibrahim, I., Kosim, K., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan lkpd terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 14-23 (dapat diakses : https://bit.ly/3VSbF4G).
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219-230 (dapat diakses : https://bit.ly/3BWqHyD).
Pranata, T. I., Agwadinata, F., Sulistri, E., & Hendriana, E. C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CUPs Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pelajaran IPA di SD. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 262-270 (dapat diakses : https://bit.ly/3AfldxO).
Prastowo, S. H. B., Suhartin, Y., & Prihandono, T. 2017. Analisis Pemahaman Konsep Spektrum Cahaya Pada Siswa SMA Kelas XII. FKIP e-Proceeding, 2(1), 6-6 (dapat diakses : https://bit.ly/3O3sUgt).
Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93-102 (dapat diakses : https://bit.ly/3UYa2By).
Widayanti, Rahayu, Cari, dan Sarwanto. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Kit Pada Materi Kemagnetan Untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, Dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP Kelas IX SMPN 1 Nguntoronadi. Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 7, No. 3 (dapat diakses : https://bit.ly/3twrfq2).
Windura, Susanto. 2016. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta : PT Alex Media Komputindo.
Copyright (c) 2022 Sri Wahyu Rahmadina, Syahri Syahri, Zulirfan Zulirfan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.