PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUKAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

  • Eka Juliarnita Laoli Universitas Riau
  • Syahril Syahril Universitas Riau, Indonesia
  • Zulirfan Zulirfan Universitas Riau, Indonesia
Keywords: Learning Cycle 5E, Mobile Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Momentum dan Impuls

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan keterampilan berpikir kritis siswa SMA dan mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas yang menerapkan model learning cycle 5E berbantukan media mobile learning dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Tapung Hulu. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Desain penelitian ini yaitu posttest only control group design. Sampel diambil secara acak dari populasi yang berjumlah 4 kelas IPA. Hasil penelitian diperoleh bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen tergolong tinggi sedangkan kelompok kontrol tergolong rendah. Setelah diberikan tes keterampilan berpikir kritis berupa posttest kelompok eksperimen mencapai skor rata-rata 75,40 dengan standar deviasi 16,59 sedangkan kelompok kontrol mencapai skor rata-rata 64,42 dengan standar devisi 15,41. Hasil hipotesis menggunakan independent samples t-test diperoleh dengan signifikan 0,005 yang artinya lebih kecil dari 0.05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan skor rata-rata keterampilan berpikir kritis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnes Reswari Ingkansari, A. A. N. C. S. P. S. (2015) Menumbuhkan Berpikir Kritis: Paradigma, Desain, dan Media Pembelajaran, hingga Manajemen Sarana. PT Kanisius.

https://www.google.co.id/search?hl=id&tbo=p&tbm=bks&q=inauthor:%22Agnes+Reswari+Ingkansari,+Antonita+Ardian+Nugraheni,+C.+Suci+Puji+Setyowati,+dkk.%22

Budiyono, A. et al. (2020) ‘Pengaruh Learning Cycle 5e Berbantuan Permainan Monopoli Fisika Berpoin (MOKAIN) Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik SMA’, Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(2), pp. 22–31.

https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/1481

Cahyani, A. A. et al. (2021) ‘Efektivitas Model Learning Cycle 5E Berbasis Literasi Sains terhadap Kemampuan Bertanya Peserta Didik’, Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), pp. 249–258.

Fajiyusni, Masriani and Rasmawan, R. (2017) ‘Deskripsi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Minyak Bumi Kelas XI MIA 3 SMAN Pontianak’, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Khatulistiwa, 6(10), pp. 1–11. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii/article/view/184

Fatmawati, I. M. L. (2018) Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Deepublish. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=PD1lDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA41&dq=Fatmawati,+I.+M.+L.+(2018)+Pendekatan+Scientific+dalam+Pembelajaran+di+Sekolah+Dasar:+Teori+dan+Praktik.+Deepublish.&ots=yiuJqoF3hr&sig=1iEZ6MqLycZkuvDWPVVmJZpfo4Y

Irhamna, I., Rosdianto, H. and Murdani, E. (2017) ‘Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas VIII’, Jurnal Fisika Flux: Jurnal Ilmiah Fisika FMIPA Universitas Lambung Mangkurat, 14(1), pp. 61–64.

Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P. and Harjono, A. (2017) ‘Pengaruh model learning cycle 5E (engage, explore, explain, elaboration, & evaluate) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X man 1 mataram’, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), pp. 61–67. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/f/article/view/3839

Mustofa, R. faisal (2018) ‘Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar’, 3(24). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/631

Ngurahrai, A. H., Farmaryanti, S. D. and Nurhidayati, N. (2019) ‘Media pembelajaran materi momentum dan impuls berbasis mobile learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa’, Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), pp. 62–70. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/view/5440

Nursafitri, M. N. (2021) ‘pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e dengan analogi terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi/mauliana nursafitri’. Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/160528/

Rasyad, R. (2003) * Metode Statistik Deskriptif Utk Umum. Grasindo. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=_M5oaTSIxaoC&oi=fnd&pg=PA1&dq=Rasyad,+R.+(2003)+*+Metode+Statistik+Deskriptif+Utk+Umum.+Grasindo.&ots=5-jNDeRIP1&sig=SN0EOra74F4Q9GN0Otz38HnBeio

Septiana, Is. (2018) ‘PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 GERUNG’. Universitas Mataram. http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4566

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhardi, D., Chaerunnisa, H. and Santoso, A. S. (2020) Panduan Pengisian Opak Jabar. Deepublish.https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=SyveDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Suhardi,+D.,+Chaerunnisa,+H.+and+Santoso,+A.+S.+(2020)+Panduan+Pengisian+Opak+Jabar.+Deepublish.&ots=9XJbsOs_hc&sig=SyjlCyTihigvspnz3MWRRtP8Iwg

Sumiharsono, R. et al. (2017) Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=VJtlDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Sumiharsono,+R.+et+al.+(2017)+Media+Pembelajaran:+Buku+Bacaan+Wajib+Dosen,+Guru+dan+Calon+Pendidik.+Pustaka+Abadi.&ots=xbXlDk2Y5&sig=bh4Mp51bsREMl4YjCkisPRVhDd8

Supeno, S., Bektiarso, S. and Munawaroh, A. (2018) ‘Pengembangan pocketbook berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA’, in Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), pp. 76–83. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/67

Wahyuni, M. (2020) Statistik Deskriptif untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS Versi 25: Bintang Pustaka. Bintang Pustaka Madani. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/67

Published
2022-12-26
How to Cite
Laoli, E., Syahril, S., & Zulirfan, Z. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUKAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 69-83. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.650
Section
Articles