PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GO-LAB MELALUI PENDEKATAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP IT AL-FITYAH PEKANBARU
Abstract
Pemahaman konsep merupakan komponen penting dalam pembelajaran IPA Tingkat pemahaman konsep dapat dijadikan ukuran keberhasil dalam pembelajaran tersebut. Pemilihan media pembelajaran dan pendekatan ketika melakukan pembelajar diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep jika menerapkan media pembelajaran Go-Lab melalui pendekatan inquiry. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment dengan rancangan posttest only nonequivalen group design. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII B berjumlah 21 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa posttest hasil pemahaman konsep materi getaran dan gelombang kelas VIII yang terdiri dari 11 soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif melalui tingkat pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media Go-Lab melalui pendekatan inquiry pada materi getaran dan gelombang mengalami peningkatan yang signifikan
Downloads
References
Astuti, L.S. 2017. Penugasan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Formatif 7(1) Vol.7 No.1 : 40 - 48
Haidir dan Salim. 2012. Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif). Medan : Perdana Publishing
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. In Media pembelajaran.
Hidayati, N. S. et al. 2021. Penerapan Metode Praktikum Berbasis Inkuiri Pada Pelajaran Fisika Topik Getaran Dan Gelombang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Xi Sman 1 Pringgarata Tahun Pelajaran 2018/2019. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 10, No. 1 : 34-38
Hikmah, Nurul et al. 2017. Penerapan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia Vol 2, No.2 : 186-195
Juhji. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA Vol. 2, No. 1 : 58-70
Muhajarah, K., & Moh., S. 2020. Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. JUSTEK : Jurnal Sains Dan Teknologi Vol. 3, No. 2 : 77-83
Nahdi, Dede Salim et al. 2018. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 4 No.2 : 9-16
Prasetyarini, Ayomi et al. 2013. Pemanfaatan Alat Peraga IPA untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa SMP Negeri 1 Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika Vol.2 No.1 : 7-10
Purwati, Dewi et al. 2015. Penerapan Media Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 2 Sengkang. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No.1 : 57-63
Putra, P. (2017). Penerapan Pendekatan Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Di SDN 01 Kota Bangun. Muallimuna Vol 3, No. 1 : 28-47
Ramli, M. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press
Ruqoyyah, Siti et al. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Resiliensi Matematika Dengan VBA Microsoft Excel. Tre Alea Jacta Pedagogie : Purwakarta.
Sadiqin, IK et al. 2017. Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Melalui Pembelajaran Problem Solving Pada Topic Perubahan Benda – Benda Disekitar Kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Vol.3 No.1 : 52 - 62
Sari, Pramitha. 2017. Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang Vol.2, No.1 : 41-50
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tamami, Fuad & Rahmatullah. 2021. Using The Go-Lab Platform As A Media In Science Learning. Indonesian Journal of Applied Science and Technology Vol.2 , No. 2 : 64-70
Trianggono, MM. 2017. Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika.E-Journal Universitas PGRI Madiun Vol.3, No.1 : 1 - 12
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Surabaya : Cerdas Pustaka Publisher
Yahya, Fahmi et al. 2019. Virtual Experiment Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Getaran Dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Vol. 5, No. 1 : 144-149
Copyright (c) 2022 Rafi'ul Muzaki, Syahril Syahril, Zuhdi Ma'aruf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.