PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GO-LAB MELALUI PENDEKATAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP IT AL-FITYAH PEKANBARU

  • Rafi'ul Muzaki Universitas Riau, Indonesia
  • Syahril Syahril Universitas Riau, Indonesia
  • Zuhdi Ma'aruf Universitas Riau, Indonesia
Keywords: Pemahaman Konsep, Media Pembelajaran, Pendekatan Inquiry, Go-Lab

Abstract

Pemahaman konsep merupakan komponen penting dalam pembelajaran IPA Tingkat pemahaman konsep dapat dijadikan ukuran keberhasil dalam pembelajaran tersebut. Pemilihan media pembelajaran dan pendekatan ketika  melakukan pembelajar diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep jika menerapkan media pembelajaran Go-Lab melalui pendekatan inquiry. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment dengan rancangan posttest only nonequivalen group design. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII B berjumlah 21 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa posttest hasil pemahaman konsep materi getaran dan gelombang kelas VIII yang terdiri dari 11 soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif melalui tingkat pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media Go-Lab melalui pendekatan inquiry pada materi getaran dan gelombang mengalami peningkatan yang signifikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, L.S. 2017. Penugasan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Formatif 7(1) Vol.7 No.1 : 40 - 48

Haidir dan Salim. 2012. Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif). Medan : Perdana Publishing

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. In Media pembelajaran.

Hidayati, N. S. et al. 2021. Penerapan Metode Praktikum Berbasis Inkuiri Pada Pelajaran Fisika Topik Getaran Dan Gelombang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Xi Sman 1 Pringgarata Tahun Pelajaran 2018/2019. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 10, No. 1 : 34-38

Hikmah, Nurul et al. 2017. Penerapan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia Vol 2, No.2 : 186-195

Juhji. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA Vol. 2, No. 1 : 58-70

Muhajarah, K., & Moh., S. 2020. Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. JUSTEK : Jurnal Sains Dan Teknologi Vol. 3, No. 2 : 77-83

Nahdi, Dede Salim et al. 2018. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 4 No.2 : 9-16

Prasetyarini, Ayomi et al. 2013. Pemanfaatan Alat Peraga IPA untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa SMP Negeri 1 Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika Vol.2 No.1 : 7-10

Purwati, Dewi et al. 2015. Penerapan Media Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 2 Sengkang. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No.1 : 57-63

Putra, P. (2017). Penerapan Pendekatan Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Di SDN 01 Kota Bangun. Muallimuna Vol 3, No. 1 : 28-47

Ramli, M. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press

Ruqoyyah, Siti et al. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Resiliensi Matematika Dengan VBA Microsoft Excel. Tre Alea Jacta Pedagogie : Purwakarta.

Sadiqin, IK et al. 2017. Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Melalui Pembelajaran Problem Solving Pada Topic Perubahan Benda – Benda Disekitar Kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Vol.3 No.1 : 52 - 62

Sari, Pramitha. 2017. Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang Vol.2, No.1 : 41-50

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tamami, Fuad & Rahmatullah. 2021. Using The Go-Lab Platform As A Media In Science Learning. Indonesian Journal of Applied Science and Technology Vol.2 , No. 2 : 64-70

Trianggono, MM. 2017. Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika.E-Journal Universitas PGRI Madiun Vol.3, No.1 : 1 - 12

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Surabaya : Cerdas Pustaka Publisher

Yahya, Fahmi et al. 2019. Virtual Experiment Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Getaran Dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Vol. 5, No. 1 : 144-149

Published
2022-10-29
How to Cite
Muzaki, R., Syahril, S., & Ma’aruf, Z. (2022). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GO-LAB MELALUI PENDEKATAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP IT AL-FITYAH PEKANBARU. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 875-885. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.621
Section
Articles