PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 6 SITUBONDO

  • Dyan Yuliana
  • Muljono ,
Keywords: embelajaran Model Think Talk Write, hasil belajar siswa.

Abstract

Abstrak
Psikologi pendidikan terdapat salah satu prinsip penting yaitu guru tidak boleh hanya semata-mata
memberikan pengetahuan kepada siswa, akan tetapi siswa harus membangun pengetahuan di dalam
benaknya sendiri. Guru dapat membantu proses ini dengan cara membuat informasi menjadi sangat
bermakna, relevan bagi siswa, dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan dan
menerapkan sendiri ide-idenya. Sedangkan guru hanya berperan sebagai fasilitator dan pengarah. Jadi,
dalam hal ini yang memegang peranan penting adalah guru. Guru harus mampu mengadakan inovasi
pembelajaran Matematika yang efektif dan menyenangkan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif yaitu tipe Think Talk Write (TTW). Hal ini sesuai
dengan hasil observasi pada kelas VII bahwa hasil belajar siswa masih rendah yaitu 55% atau 16 siswa
yang tuntas dari 29 siswa di kelas VII-A. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTK dengan
berkolaborasi dengan guru yang ditetapkan 2 siklus. Dalam PTK ada 4 tahapan yaitu perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Ada dua jenis pengumpulan data yaitu data primer dan data sekunder.
Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder
dengan wawancara. Peneliti menggunakan keabsahan isi dan pengecekan data.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-24
How to Cite
Yuliana, D., & , M. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 6 SITUBONDO. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 6(2), 64-81. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v6i2.37
Section
Articles