PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENGENTASAN PERILAKU KONFORMITAS DI SMA NEGERI 1 ULU IDANOTAE
Abstract
Pelaksanaan layanan bimbingan konseling guru BK diharapkan mampu memberikan layanan sesuai dengan tahap-tahapnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengungkap pengaruh yang signifikan secara bersama-sama Layanan Bimbingan Kelompok (X1) dan Konseling Kelompok (X2) terhadap pengentasan Perilaku Konformitas (Y), mengungkap pengaruh yang signifikan secara parsial layanan Bimbingan Kelompok (X1) terhadap pengentasan Perilaku Konformitas (Y), mengungkap pengaruh yang signifikan secara parsial Konseling Kelompok (X2) terhadap pengentasan Perilaku Konformitas (Y). Berdasarkan hasil penelitian berupa produk insrumen dapat ditegaskan bahwa layanan Bimbingan Kelompok (X1) dan Konseling Kelompok (X2) berpengaruh dan memberi kontribusi besar terhadap pengentasan Perilaku Konformitas, serta setiap peningkatan Variabel X1 dengan X2 akan diikuti dengan peningkatan sebesar 1% akan diikuti peningkatan variabel Y sebesar 1,032%.
Downloads
References
Abidin, U. K., & Anam, S. (2019). Fenomena Geng Santri (Pengaruh Konformitas KelompokTeman Sebaya terhadap perilaku Positif dan Negatif Geng Santri di PondokPesantren). Miyah: Jurnal Studi Islam, 13(01), 98-125.
Aenun Apriliani1, Bahtiar Efendi2, Eni Candra Nurhayati3. 2024. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Pada Manajemen(Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Sains Al-Qur’an).” Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah 4(2): 63–68.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Adhiputra, N. (2015). Konseling Kelompok: Perspektif Teori dan Aplikasi. Media Abadi.
Bimbingan, Jurnal, Konseling Vol, and Bulan April Tahun. 2025. “1226 Peningkatan Kepercayaan Diri Korban.” 9(2): 1226–35.
Baron, R.A., dan Bryne, D. (2005). Psikologi Sosial Jilid 2 (Terjemahan: Djuwita, R. dkk). Jakarta: Erlangga.
Corey, G. 2005. Theory and Practice of Counseling & Psichoterapy. Seventh edition. USA: Broks/Cole Thompson
Cooley, L. (2009). The Power of Groups: Solution-Focused Group Counseling in Schools. Corwin a SageCompany.
Crespi, T. D. (2009). Group Counseling in The Schools: Legal, Ethical, and Treatment Issues InSchool Practice. Psychology in the Schools,46(3), 274–283.
Corey, G. (2009b). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Thomson
Didik, Pergaulan Peserta. 2025. “Wa Ode Asmaun , Ridwan Syahran , Desak Putu Sastrawati | 62.” 9: 61–72.
Faramitha, H. (2023). Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Konsep Diri Remaja dan Implikasinya Bagi Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 6 Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 3(2), 101-110.
Gea, Deliani, and Famahato Lase. 2024. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Kemampuan Berinteraksi Sosial , Kontrol Diri Dan Peningkatan Kualitas Kegiatan Belajar Terhadap Motivasi Berprestasi Dalam Belajar.” 06(03): 16383–96.
Herik, Eva et al. 2020. “Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Ilmiah Bening 8: 91–102. http://dx.doi.org/10.36709/bening.
Gazda, G. M. (1984). Group Counseling: A Developmental Approach. Allyn and Bacon.
Gladding, S. T. (2009). Counseling: a Comprehensive Profession. Pearson Education, Inc.
Harefa, I. J., Zebua, E., Lase, F., & Damanik, H. R. (2024) Efektivitas Latanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Konformitas. Wibawa: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 18-35.
Hanifah, Sylvanita, and Stephani Raihana Hamdan. 2024. “Peer Conformity and Stress : Study on Factors Causing College.” Psycho Idea 22(1): 47–58.
Hartono, & Boy, S. (2012). Psikologi Konseling (Revisions). Prenada Media Group.
Irmayanti, Rima.(2018). Teknik Bimbingan dan Konseling Ruang Lingkup Sekolah. Bandung :Prodi Bimbingan Dan Konseling IKIP Siliwangi.
Jahju Hartanti. (2022). Bimbingan Kelompok. Surabaya
Lase 2021. Pendidikan Karakter Cerdas Di Perguruan Tinggi. 1st ed. ed. Hendrizal. Padang: PPs UNP.
Lase 2024. “Peningkatan Karakter Jujur : Studi Pengaruh Layanan BK Kelasikal PKC- KA Strategi BMB3.” 06(03): 16646–59.
Latipun. (2006). Psikologi Konseling. UNM Pres.
Lubis, N. L., & Hasnida. (2016). Konseling Kelompok (Pertama). Kencana.
Marliani, Rosleny. 2016. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: CV Pustaka Setia.
Myers, D.G. (1983). Social Psychology. New York: Mc. Graw Hill Inc.
Muchlis, Amalia. 2024. “Hubungan Depresi Dan Perilaku Konformitas Dengan Kejadian Internet Gaming Disorder Pada Remaja.” Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako) 10(2): 187–94.
Megawati Gulo, Noibe Halawa, Riana, Yanida Bu’ulolo. 2024. “Resistensi Perempuan Nias Terhadap Dominasi Budaya Patriarki Melalui Pendidikan.”Journal on Education 07(01): 17466–80.
Majdi, M. Z. Z. (2024). Effektivitas konseling teknik assertive training dalam mereduksi perilaku konformitas pada kelompok teman sebaya. Jurnal Konseling Gusjigang, 10(1), 59-67.
Nurihsan, A. J. (2012). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling (Revisions). Refika Aditama.
Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. UNP Press.
Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.
Perusse, R., Goodnough, G. E., & Lee, V. V. (2009). Gorup Counseling in the Schools. Psychologyin the Schools,46(3), 274–283.
Suminar, E & Miyuntari, T. (2015). Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. 4 (2).
Sanyata, S. (2010). Teknik dan Strategi Konseling Kelompok. Jurnal Paradigma, V(09), 105–120.
Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap KonformitasTeman Sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 01(01), 9–17.
Silvia, T., Yandri, H., & Juliawati, D. (2022). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Berbicara diDepan Kelas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Jurnal Mahasiswa BKAn-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 9–15.
Sartika, M., & Yandri, H. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok TerhadapKonformitas Teman Sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development,1(1) (2019) https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/bkpi/. akses: 01-02-2023.
Signed, Wilcoxon, Rank Test, Wilcoxon Signed, and Rank Test. 2025. “768 Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik.” 9(2): 768–81.
Silviawi, and Nefi Darmayanti. 2024. “Implementasi Metode Ice Breaking Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA): Systematic Literature Review.” G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling 8(3): 1591–1602
Mardison, 2016. Konformitas Teman Sebaya Sebagai Pembentuk Perilaku Individu. IAIN Iman Bonjol Padang
Wingkel, W, S., & Srihastuti. (2007). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.
Yunalia, E. M., & Etika, A. N., (2020). Remaja dan Konformitas Teman Sebaya.Malang: Ahlimedia Press
Yandri, H., Alfaiz, A., & Juliawati, D. (2019). Pengembangan Keterampilan Berpikir Positif melaluiLayanan Konseling Kelompok bagi Anggota Ikatan Mahasiswa Pemuda Pelajar Semurup,Kota Padang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 509–516.
Ziliwu, Mawarni, Famahato Lase, Mondang Munthe, and Jonisman Kristian Laoli. 2023. “Kemampuan Menerima Diri (Self Acceptance) Terhadap Tindakan Bullying Antar Siswa.” 2(1): 203–10.
Copyright (c) 2025 Ersa Penyabar Lase; Famahato Lase, Hosianna Rodearni Damanik, Justin Foera-Era Lase

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.