PENGARUH LAYANAN BK KLASIKAL DENGAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 HILISERANGKAI
Abstract
Pelaksanaan layanan bimbingan konseling guru BK diharapkan mampu memberikan layanan sesuai dengan tahap-tahapnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengungkap pengaruh yang signifikan secara bersama-sama layanan BK klasikal (X1) dengan konsep diri (X2) terhadap Prestasi Akademik peserta didik (Y), mengungkap pengaruh yang signifikan secara parsial layanan BK klasikal (X1) terhadap prestasi akademik peserta didik (Y), mengungkap pengaruh yang signifikan secara parsial konsep diri (X2) terhadap Prestasi Akademik peserta didik (Y). Berdasarkan hasil penelitian berupa produk insrumen dapat ditegaskan bahwa layanan BK Kelasikal (X1) dengan Konsep Diri (X2) berpengaruh dan member kontribusi besar terhadap peningkatan prestasi akademik, serta setiap peningkatan Variabel X1 dengan X2 akan diikuti dengan peningkatan sebesar 1% akan diikuti peningkatan variabel Y sebesar 0,994 %. Ini membuktikan bahwa layanan BK kelasikal dengan Konsep Diri yang diselenggarakan dengan baik sangat ampuh dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik.
Downloads
References
Dwi Pratama, B., & Suharni, S. (2017). Layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa underachiever. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/counsellia.v7i1.1246
Haidar, W. M., & Antika, E. R. (2022). Prestasi Akademik Siswa Ditinjau Dari Kecanduan Bermain Game Online Mobile Legends. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 319–325. https://doi.org/10.26539/teraputik.53872
Handoko, H. P. (2020). Layanan Bimbingan Konseling Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMA N 1 Kota Metro. Jurnal Dewantara, 9(01), 69–84. http://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/128
Hartanti, 2018. Konsep Diri.Universitas PGRI Adi Buana. Surabaya.
Jhoni Putra, U. (2019). Konsep Diri pada pasien luka kaki diabetik. Oksana, 1–50.
Ridha, A. A. (2019). Penerapan Konselor Sebaya dalam Mengoptimalkan Fungsi Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Psikologi, 15(1), 25. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6549
Suryadi, S., Triyono, T., Nur, A., & Dianto, M. (2019). Hubungan Penyesuaian Diri Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Neo Konseling, 2(1). https://doi.org/10.24036/00252kons2020
Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2017). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang Bandar Lampung. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 55–66. https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.306
Thorifah, S. B. A. A., & Darminto, E. (2020). “Peran Konselor dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling” Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 11-18.
Lase, Famahato. 2024. “Peningkatan Karakter Jujur : Studi Pengaruh Layanan BK Kelasikal PKC- KA Strategi BMB3.” 06(03): 16646–59.
Lase, Famahato, Universitas Nias, Article Info, and Article History. 2023. “Pengaruh Layanan Konseling Kelasikal Strategi BMB3 Dan Edukasi Pencegahan Bahaya Pornografi Di Era Digital Terhadap Perilaku Positif Terstruktur Anak.” 6: 4400–4408.
Pranata, Yosep Yoga, and Gendon Barus. 2019. “Peningkatan Karakter Bersahabat Melalui Layanan Bimbingan Kelasikal Dengan Pendekatan Experiential Learning.” Solution, Journal of Counseling and Personal Development 1(1): 1–14.
Rahmah, A. A., & Christiana, E. (2019). Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 9(3), 136–146.
Ridha, A. A. (2019). Penerapan Konselor Sebaya dalam Mengoptimalkan Fungsi Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Psikologi, 15(1), 25. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6549
Saidah, S. (2022). Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Ibtidaiyah. Primary Education Journal (Pej), 1(1), 24–30. https://doi.org/10.30631/pej.v1i1.7
Suryadi, S., Triyono, T., Nur, A., & Dianto, M. (2019). Hubungan Penyesuaian Diri Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Neo Konseling, 2(1). https://doi.org/10.24036/00252kons2020
Suryandari, K. (2023). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Perenialisme Plato. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 67–80. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3104
Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2017). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang Bandar Lampung. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 55–66. https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.306
Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar, 4(1), 13–22.
Wahyuni, D., & Baroroh, K. (2021). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASDAN PRESTASI BELAJAR EKONOMIKA MIKRO Daru Wahyuni Kiromim Baroroh. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 9(April), 102–122. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/4155/3598
Zubaidah, S. (2020). Berfikir Kritis : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains. In Seminar Nasional Sains, 6(8), 1–14.
Copyright (c) 2025 Erika Lase; Famahato Lase, Hosianna Rodearni Damanik, Justin Foera-Era Lase

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.