PENGARUH LAYANAN BK KLASIKAL DENGAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 HILISERANGKAI

  • Erika Lase Universitas Nias
  • Famahato Lase Universitas Nias
  • Hosianna Rodearni Damanik Universitas Nias
  • Justin Foera-Era Lase Universitas Nias
Keywords: Layanan Bimbingan Konseling Klasikal, Konsep Diri, Prestasi Akademik

Abstract

Pelaksanaan layanan bimbingan konseling guru BK  diharapkan mampu memberikan layanan sesuai dengan tahap-tahapnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengungkap pengaruh yang signifikan secara bersama-sama layanan BK  klasikal (X1) dengan konsep diri (X2) terhadap Prestasi Akademik peserta didik (Y), mengungkap pengaruh yang signifikan secara parsial layanan BK  klasikal (X1) terhadap prestasi akademik peserta didik (Y), mengungkap pengaruh yang signifikan secara parsial konsep diri (X2) terhadap Prestasi Akademik peserta didik (Y). Berdasarkan hasil penelitian berupa produk insrumen dapat ditegaskan bahwa layanan BK Kelasikal (X1) dengan Konsep Diri (X2) berpengaruh dan member kontribusi besar terhadap peningkatan prestasi akademik, serta setiap peningkatan Variabel X1 dengan X2 akan diikuti dengan peningkatan sebesar 1% akan diikuti peningkatan variabel Y sebesar 0,994 %. Ini membuktikan bahwa layanan BK kelasikal dengan Konsep Diri yang diselenggarakan dengan baik sangat ampuh dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwi Pratama, B., & Suharni, S. (2017). Layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa underachiever. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/counsellia.v7i1.1246

Haidar, W. M., & Antika, E. R. (2022). Prestasi Akademik Siswa Ditinjau Dari Kecanduan Bermain Game Online Mobile Legends. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 319–325. https://doi.org/10.26539/teraputik.53872

Handoko, H. P. (2020). Layanan Bimbingan Konseling Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMA N 1 Kota Metro. Jurnal Dewantara, 9(01), 69–84. http://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/128

Hartanti, 2018. Konsep Diri.Universitas PGRI Adi Buana. Surabaya.

Jhoni Putra, U. (2019). Konsep Diri pada pasien luka kaki diabetik. Oksana, 1–50.

Ridha, A. A. (2019). Penerapan Konselor Sebaya dalam Mengoptimalkan Fungsi Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Psikologi, 15(1), 25. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6549

Suryadi, S., Triyono, T., Nur, A., & Dianto, M. (2019). Hubungan Penyesuaian Diri Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Neo Konseling, 2(1). https://doi.org/10.24036/00252kons2020

Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2017). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang Bandar Lampung. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 55–66. https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.306

Thorifah, S. B. A. A., & Darminto, E. (2020). “Peran Konselor dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling” Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 11-18.

Lase, Famahato. 2024. “Peningkatan Karakter Jujur : Studi Pengaruh Layanan BK Kelasikal PKC- KA Strategi BMB3.” 06(03): 16646–59.

Lase, Famahato, Universitas Nias, Article Info, and Article History. 2023. “Pengaruh Layanan Konseling Kelasikal Strategi BMB3 Dan Edukasi Pencegahan Bahaya Pornografi Di Era Digital Terhadap Perilaku Positif Terstruktur Anak.” 6: 4400–4408.

Pranata, Yosep Yoga, and Gendon Barus. 2019. “Peningkatan Karakter Bersahabat Melalui Layanan Bimbingan Kelasikal Dengan Pendekatan Experiential Learning.” Solution, Journal of Counseling and Personal Development 1(1): 1–14.

Rahmah, A. A., & Christiana, E. (2019). Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 9(3), 136–146.

Ridha, A. A. (2019). Penerapan Konselor Sebaya dalam Mengoptimalkan Fungsi Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Psikologi, 15(1), 25. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6549

Saidah, S. (2022). Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Ibtidaiyah. Primary Education Journal (Pej), 1(1), 24–30. https://doi.org/10.30631/pej.v1i1.7

Suryadi, S., Triyono, T., Nur, A., & Dianto, M. (2019). Hubungan Penyesuaian Diri Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Neo Konseling, 2(1). https://doi.org/10.24036/00252kons2020

Suryandari, K. (2023). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Perenialisme Plato. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 67–80. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3104

Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2017). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang Bandar Lampung. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 55–66. https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.306

Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar, 4(1), 13–22.

Wahyuni, D., & Baroroh, K. (2021). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASDAN PRESTASI BELAJAR EKONOMIKA MIKRO Daru Wahyuni Kiromim Baroroh. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 9(April), 102–122. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/4155/3598

Zubaidah, S. (2020). Berfikir Kritis : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains. In Seminar Nasional Sains, 6(8), 1–14.

Published
2025-05-03
How to Cite
Lase, E., Lase, F., Damanik, H., & Lase, J. (2025). PENGARUH LAYANAN BK KLASIKAL DENGAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 HILISERANGKAI. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 1176 - 1188. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1783
Section
Articles