PENGARUH COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) TERHADAP GANGGUAN KECEMASAN DI SMA NEGERI 3 GUNUNGSITOLI
Abstract
Pelaksanaan layanan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) guru BK diharapkan mampu memberikan perhatian lebih kepada peserta didik dalam menangani gangguan kecemasan. Tujuan penelitian ini yaitu melihat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama Cognitive Behavioral Therapy (CBT) (X) terhadap Gangguan Kecemasan Siswa (Y). Berdasarkan hasil penelitian berupa produk instrument dapat ditegaskan bahwa Cognitive Behavioral Therapy (CBT) (X) berpengaruh dan memberikontribusi terhadap penurunan gangguan kecemasan siswa, R Square (R2) atau kuadrat dari R, yaitu koefisien determinasi sebesar 0,74,1%. Ini membuktikan bahwa Cognitive Behavioral Therapy (CBT) yang diselenggarakan dengan baik dan sangat bisa digunakan dalam menurunkan gangguan kecemasan siswa. Kemudian penetapan kriteria dalam uji T (Hipotesis) didapatkan nilai t-hitung adalah 2.539 sedangkan nilai t-tabel adalah 1,694 maka dapat disimpulkan bahwa nilai sig 2,539 < 1,694 artinya H0 ditolak dan Ha diterima dan signifikansi < 0,05 (0,016 < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak untuk pengujian kedua variable. Sehingga dapat diambil kesimpulan diatas bahwa ada hubungan yang positif dan signifikansi antara variable X (Cognitive Behavioral Therapy) dengan variabel Y (Gangguan Kecemasan) di kelas XII-MIPA-I SMA Negeri 3 Gunungsitoli.
Downloads
References
Agustini, A. R. (2024). Mengatasi Kecemasan melalui Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT). Proceeding Conference on Psychology and Behavioral Sciences, 92.
Al Habsy, B. (2017). Modul Konseling Kelompok Cognitive Behavior untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMK. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan.
ALWISOL. (2019). PSIKOLOGI KEPRIBADIAN. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Asrori, A. &. (2015). Terapi kognitif perilaku untuk mengatasi gangguan kecemasan sosial. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(1), 89-107.
Atika, L. A. (2023). Atika, L., Arlizon,Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Terapi Kognitif Dalam Upaya Menurunkan Kecemasan Sosial (Social Anxiety) Siswa SMA. Jurnal Fokus Konseling;, 77.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy - The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company. .
BAPPENAS. (2023). Sumatera Utara. Retrieved from SDGS Bappenas: https://sdgs.bappenas.go.id/product/sumatera-utara/
Biromo, A. R. (2024, Agustus). Anxiety Disorder - Penyebab, Gejala, Jenis, dan Pengobatannya. Retrieved from Siloam Hosipital: https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/anxiety-disorder
Buulolo, I. F. (2023, Desember). Pengidap Depresi dan Gangguan Kecemasan Capai 70 Persen. Retrieved from RRI GUNUNGSITOLI: https://www.rri.co.id/gunung-sitoli/kesehatan/494484/pengidap-depresi-dan-gangguan-kecemasan-capai-70-persen
Dawolo, B. C. (2024, Oktober). Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) Tahun 2024 “Saatnya Memprioritaskan Kesehatan Mental di Tempat Kerja”. Retrieved from RSUD dr. M. THOMSEN NIAS: https://rsud.niaskab.go.id/hari-kesehatan-jiwa-sedunia-hkjs-tahun-2024-saatnya-memprioritaskan-kesehatan-mental-di-tempat-kerja.html
Elina, R. R. (2009). Efektifitas Terapi Kognitif terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan pada Penderita Asma di Surakarta. In Tesis. Fakultas Psikologi-UGM.
Faisal, M. R. (2024). Peer Group Anxienty Disorder Dalam Upaya Pencegahan Gangguan Kecemasan Remaja. Uwais Inspirasi Indonesia .
Fenty, F. (2022). ANALISIS STUDI KASUS KLIEN DENGAN GANGGUAN KECEMASAN (ANXIETY DISORDER). Prespektif, 151.
Fitri Fauziah, J. W. (2007). Psikologi Abnormal Klinis Dewasa. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Fitria, L. N. (2020). Cognitive Behavior Therapy Counseling Untuk Mengatasi Anxiety Dalam Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 26.
Garrett, B. (2017). Brain and Behaviour. An introduction to biological psychology (4th ed.). SAGE Publications.
Gloriabarus. (2022, Oktober Sabtu). Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental. Retrieved from UNIVERSITAS GADJAH MADA: https://ugm.ac.id/id/berita/23086-hasil-survei-i-namhs-satu-dari-tiga-remaja-indonesia-memiliki-masalah-kesehatan-mental/
Hayati, S. H. (2022). Cognitive Behavioral Therapy(CBT)dalam Menurunkan Social Anxiety Disorder(SAD)dan Obsessive Compulsive Disorder(OCD)Pada Remaja. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 156.
Imaswati. (2023). Pengaruh Konseling Cognitive Behavior Therapy (CBT) Dalam Mereduksi Gangguan Anxiety Peserta Didik Sebelum Ujian Akhir Semester. IJoCE: Indonesia Journal Of Counseling and Education, 63.
Jones, R. N. (2006). Teori dan Praktik Konseling dan Terapi. Callifornia: PUSTAKA BELAJAR.
Kemenkes, R. (2018). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Republik Indonesia.
Mawarizka, H. T. (2023). Menurunkan kecemasan denganCognitiveBehavior Therapypada penderita Posttraumatic Stress Disorder. PROCEDIA : Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, 5.
McLeod, J. (2006). Pengantar Konseling Teori dan Studi Kasus(Edisi Keenam). Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Muyasaroh, H. e. (2020). Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (Unugha) Cilacap. Repository UNUGHA.
Muyasaroh, H. Y. (202). Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap dalam menghadapi Pandemi Covid 19. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (Unugha) Cilacap. Repository UNUGHA.
Muyasaroh, H. Y. (2020). Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (Unugha) Cilacap. . Repository UNUGHA.
Nevid, J. S. (2005). Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: Erlangga.
Noviandari, H. K. (2016). TEKNIKCOGNITIVE RESTRUCTURINGUNTUKMENINGKATKANSELFEFFICACYBELAJARSISWA. Jurnal Psikologi, 78.
Nuraeni, A. &. (2022). PENERAPAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN. Jurnal Kajian Islam, Tasawuf dan Psikoterapi, 66.
Oemarjoedi, A. K. (2003). Pendekatan Cognitive Behavior dalam Psikoterapi. Jakarta: Kreativ Media.
Putranto, A. (2006). Aplikasi Cognitive Behaviour dan Behaviour Activation dalam Intervensi Klinis. Jakarta: Grafindo Books Media.
RI, K. (2018). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Republik Indonesia.
Rizky Muhammad, N. K. (2023). Efektifitas Pendekatan Cognitive behavioral therapy (CBT) untuk Mengatasi Depresi. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 268.
Savitri, R. (2003). Kecemasan Bagaimana Mengatasi Penyebabnya. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
Sembiring, M. T. (2024). Sosialisasi dan Implementasi Hipnoterapi The Heart Tecknique (THT) Untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan Emosi Siswa. Caradde: Jurnal Pengabdia Kepada Masyarakat, 538.
Setyorini, R. F. (2024). Penerapan Konseling Individu Berbasis Cognitive BehavioralTherapy(CBT)DalamMeningkatkanMotivasiSiswa. GUIDING WORLD JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 30.
SITANGGANG, S. M. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEMANEN TEH PTPN IV TOBASARI. Medan : (repository.uma.ac.id).
Skinner, B. F. (2013). ILMU PENGETAHUAN DAN PERILAKU MANUSIA. New York: PUSTAKA BELAJAR.
Sopiyah, N. J. (2020). Efektivitas Teknik Konseling Cognitive Behavioral untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 04.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Populasi dan Sampel, Teknik Pengambilan Sampel, Pengukuran Skala. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
WHO. (2024, Oktober). Kesehatan Mental Remaja. Retrieved from World Health Organization: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-mental-health
Yahya AD, E. (2016). Pengaruh Konseling Cognitif Behavior Therapy (Cbt) dengan Teknik Self Control untuk. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 134.
Yehuda, A. D. (2024). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Cbt Terhadap Kecemasan Sosial Siswa SMP. jurnal bimbingan dan konseling, 47.
Copyright (c) 2025 Eka Triningsih Zebua; Hosianna Rodearni Damanik, Justin Foera-Era Lase, Famahato Lase

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.