Identifikasi Kreatifitas Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Pembelajaran Urutan Angka Melalui Game Sorting

  • Tedjo Darmanto Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Rama Adi Saputra Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Raden Muhammad Fadhil Universitas Islam Nusantara, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Berbasis Game, Identifikasi Kreatifitas, Game Sorting, Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar, Serious Game.

Abstract

Pembelajaran berbasis game yang berkaitan dengan angka seperti bagaimana melakukan pengurutan angka dapat meningkatkan minat belajar melalui metoda pembelajaran gamifikasi melalui permainan game sorting. Bermain tentang bagaimana mengurutkan angka yang dibuat permainan game dapat meningkatkan motivasi belajar melalui reward sebagai pemenang permainan yang juga dapat digunakan sebagai sarana identifikasi kreatifitas siswa sekolah dasar kelas satu berdasarkan cara melakukan langkah-langkah permainan. Strategi pemenangan permainan dapat dipersingkat melalui pemilihan antara urut angka menaik atau menurun sebagai moda permainan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayed, I., Ghazel, A., Jaume-I-Capo, A., Moya-Alcover, B., Varona, J. & Bueso, P.M. 2016. “Fall Prevention Serious Games for Ederly People Using RGBD Devices”. 8th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAMES.2016.7590349

Ahmed, A.M., Mehdi, Q.H., Moreton, R. & Elmaghraby, A. 2015. “Serious Games providing Opportunities to Empower Citizen Engagement and Participation in e-Government Services”. 2015 Computer Games: AI, Animation, Mobile, Multimedia, Educational and Serious Games. Doi: 10.1109/CGames.2015.7272971

Farihah, H. (2017). Mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui kegiatan bermain stick angka. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1).

Hatzigiannakoglou, P. 2015. “Junk-Food Destroyer: Helping Adolescents with Down Syndrome to Understand Healthy Eating through Serious Game”. 7th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAMES.2015.7295778

Juniati, W., & Hazizah, N. (2020). Pengaruh permainan sorting color dalam meningkatkan kemampuan klasifikasi pra-matematika di taman kanak-kanak islam budi mulia. Jurnal Golden Age, 4(01), 143–151.

Kontogianni, G., Koutsaftis, C., Skamantzari, M, Georgopoulos, A. & Chrysanthopoulou, C. 2016. “Developing and Exploiting 3D Textured Models for a Serious Game Application”. 8th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAMES.2016.7590344

Mangowal, R.G., Yuhana, U.L., Yuniarno, E.M. & Purnomo, M.H. 2017. “MathBharata: A Serious Game for Motivating Disabled Students to Study mathematics”.5th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/SeGAH.2017.7939277

Rahmany, A. N., Sujana, A. P., & Utoro, R. K. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Game Puzzle Pada Pembelajaran Unsur Kimia Berbasis Android. EProceedings of Applied Science, 7(5).

Rozi, F., & Khomsatun, K. (2019). Rancang bangun game edukasi pengenalan warna untuk pendidikan anak usia dini menggunakan adobe flash berbasis android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(1), 12–18.

Uno, H. B., & Umar, M. K. (2023). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran: sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan. Bumi Aksara.

Yusoff, A., Crowder, R. & Gilbert, L. 2010. “Validation of Serious Games Attributes Using the Technology Acceptance Model”. Second International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAMES.2010.7

Vaseva, D. 2014. “The Potential of Serious Games based on Literary Plots to Develop Knowledge, Skills and Habitual Patterns”. 6th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAMES.2014.7012168

Published
2023-09-05
How to Cite
Darmanto, T., Saputra, R., & Fadhil, R. (2023). Identifikasi Kreatifitas Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Pembelajaran Urutan Angka Melalui Game Sorting. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 1 - 11. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.935
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)