Identifikasi Motivasi Belajar Anak Didik Pra-sekolah Melalui Game Pengenalan Bentuk Geometri

  • Arbi Fadilah Akbar Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Tedjo Darmanto Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Azhari Azhari Universitas Islam Nusantara, Indonesia
Keywords: Pendidikan Pra-sekolah, Pembelajaran Berbasis Game, Identifikasi Motivasi Belajar, Serious Game

Abstract

Pembelajaran berbasis game yang berkaitan dengan bentuk geometri dapat dikategorikan sebagai seious game yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan motivasi belajar anak didik pra-sekolah. Pada penelitian ini pembelajaran dilakukan melalui game tentang pengenalan obyek berbentuk geometri dan dapat dipilih yang ditampilkan dengan warna-warni yang dapat diubah secara acak dengan urutan tertentu. Motivasi belajar dapat diidentifikasi berdasarkan kriteria pemilihan obyek yang dijadikan acuan pemilihan obyek lainnya agar menjadi serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akollo, J. G., Tarumasely, Y., & Surur, M. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Teknik Kolase Berbahan Loleba. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 358–373.

Donald, I., Meyer, K., Brengman, J., Gilespie, S. & Bowness, R. 2015. “Project Sanitarium: Gaming TB – A Serious Game for a Serious Problem”.7th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAMES.2015.7295782

Farihah, H. (2017). Mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui kegiatan bermain stick angka. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1).

Fitria, A. (2013). Mengenalkan dan membelajarkan matematika pada anak usia dini. Muadalah, 1(2).

Guo, J., Singer, N. & bastide, R. 2014. “Design of Serious Game in Training Non-clinical Skills for Professionals in Health care Area”. 3rd International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/SeGAH.2014.7067096

Juniati, W., & Hazizah, N. (2020). Pengaruh permainan sorting color dalam meningkatkan kemampuan klasifikasi pra-matematika di taman kanak-kanak islam budi mulia. Jurnal Golden Age, 4(01), 143–151.

Mustama, M. F., Zainuddin, Z., & Areni, I. S. (2017). Aplikasi Animasi 3D Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Metamorfosis Pada Serangga. Makasar: Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Piedra-Fernadez, J.A., Cangas, A.J., Ojeda-castelo, J.J., Cangas, D. & Fernadez-Garcia, A.J. 2016. “Stigma-Stop a Serious Game against the Stigma in Mental Disorders”.8th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAME S.2016.7590367

Pinasthika, L. T. (2017). Pengaruh Pendidikan Montessori Terhadap Konsep Bermain Anak. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 10(1), 56–66.Piedra-Fernadez, J.A., Cangas, A.J., Ojeda-castelo, J.J., Cangas, D. & Fernadez-Garcia, A.J. 2016. “Stigma-Stop a Serious Game against the Stigma in Mental Disorders”.8th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAME S.2016.7590367

Perez-Colado, I.J., Rotaru, D.C., Freire-Moran, M., Martinez-Ortiz, I. & Fernandez-Manjon, B. 2018. “Multi-Level Game Learning Analytics for Serious Games”.10th International Conference on Game s and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAME S.2018.8493435

Riani, D., & Maryani, K. (2022). Penggunaan Alat Peraga dalam Pengenalan Konsep Matematika pada Anak Usia Dini di TK Al-Falah Kota Cilegon. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 56–68.

Rizvic, S. & Prazina, I. 2015. “Taslihan Virtual Reconstruction – Interactive Digital Story or a Serious Game”. 7th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAMES.2015.7295786

Sit, M., Arlina, A., & Widai, W. (2021). Pengaruh Permainan Super Smart Kids Terhadap Kecerdasan Logika-Matematika Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(2), 155–165.

Susilowati, E., Fathonah, N., Astutik, E. P., Hadi, S., & Prayitno, L. L. (2020). Pendampingan Bunda PAUD dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana untuk Pengenalan Konsep Bangun Datar. Jurnal SOLMA, 9(1), 131–142.

Slimani, A., Elaachak, L., Elquaai, F. & Bouhorma, M. 2016. “Evaluation-Driven Design for Serious Games, the Multilayer Methodology and Collaborative Framework”. 8th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAMES.2016.7590347

Zavcer, G., Mayr, S. & Petta, P. 2014. “Design Pattern Canvas: Towards Co-Creation of Unified Serious Game Design Patterns”. 6th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAMES.2014.7012153

Uno, H. B., & Umar, M. K. (2023). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran: sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan. Bumi Aksara.

Published
2023-09-05
How to Cite
Akbar, A., Darmanto, T., & Azhari, A. (2023). Identifikasi Motivasi Belajar Anak Didik Pra-sekolah Melalui Game Pengenalan Bentuk Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 12 - 24. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.934
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)