Pembelajaran Berbasis Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini di TK Prambatan Lor Kabupaten Kudus

  • Aini Indriasih Universitas Terbuka, Indonesia
Keywords: anak usia dini, kecakapan hidup, kreatifitas

Abstract

Penelitian ini menyajikan quasi eksperimen dengan desain pretest dan postest. Tahap penelitian  meliputi penyusunan skenario pembelajaran untuk mengetahui kondisi awal anak sebelum diberikan perlakuan, terlebih dahulu diadakan assesmen berupa tes perbuatan dilakukan secara acak dan diobservasi, pelaksanaan pembelajaran kecakapan hidup dengan bantuan media   yang sudah dipersiapkan melalui berbagai permainan yang telah dirancang oleh peneliti dan guru. Subjek penelitiannya  siswa  kelompok B dengan teknik sampel menggunakan total sampling yaitu semua populasi dijadikan sampel yang berjumlah 26 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua instrument pengumpul data utama yaitu observasi dan   dokumentasi. Data sebelum diujikan ke responden perlu dilakukan uji coba intrumen fungsinya untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrument. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data statistik dengan melakukan uji beda. Hasil penelitian ini bahwa terdapat perbedaan peningkatan kreativitas antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dan observasi dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M., & Munastiwi, E. (2021). Kreativitas Guru Dalam Mengajarkan Kecakapan Hidup Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi COVID-19. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 35.

Astuti, D., & Irene, S. (2003). Pengembangan Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Penanaman Etos Kerja dan Membangun Kreativitas Anak. Cakrawala Pendidikan, 1, 85548.

Cahyaningrum, S. N., Sutadji, E., & Solichin, S. (2014). Hubungan Antara Life Skills Siswa Dengan Hasil Belajar Praktikum Pengelasan di SMKN 1 Trenggalek. JURNAL TEKNIK MESIN, 21(2).

Catron, Carol.E dan Jan Allen. 1999.Early Childhood Curriculum: ACreative Play Model, 2nd Edition.NewJersey: Merill Publ.

Depdiknas (2003) Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah: Jakarta Dirjen Olahraga

Depdiknas. (2003). Pedoman Penyelenggaraan Program Kecakapan Hidup (life skill) Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta.

Hasan, M., Azizah, N., Nurjannah, N., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pengembangan Pembelajaran Kecakapan Hidup Berbasis Karakter Kewirausahaan pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4299–4309.

Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61–72.

Maddaleno, Matilde dan Francisca Infante. (2004) Life Skills Approach toChild and Adolescent Healthy. USA: Pan American Health Organization.

Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1112–1119.

Mislaini, M. (2017). Pendidikan Dan Bimbingan Kecakapan Hidup (Life Skill) Peserta Didik.

Mujayanah, M. (2023). Pengembangan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini Melalui Kuliner Tancok Ayu (Ketan Pencok Bumiayu) sebagai Produk Unggulan Kuliner di KB Mutiara Bunda. Pena Edukasia, 1(2), 161–168.

Nurani Yuliani (2011) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Nurhasanah, N., Ridwan, D., Apriandinata, I., Nur, R. A., & Hidayat, A. R. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Media Bahan Alam Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak PAUD. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1).

Rachmawati, Y dan Kurniati, E (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Rakhman, F., & Surur, M. (2022). Belajar dan Pembelajaran. CV. Muhammad Fahmi Al-Azizy.

Salsabila, W. T., Faza, M. R., & Hidayat, M. R. (2021). Pendidikan Kecakapan Hidup Sebagai Solusi Pembelajaran Matematika Di Era Merdeka Belajar Dalam Menjawab Tantangan PISA. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 2, 105–118.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tirtayati, N. P. E., Suarni, N. K., & Magta, M. (2014a). Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).

Tirtayati, N. P. E., Suarni, N. K., & Magta, M. (2014b). Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).

Yuliani Nuraini, dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Published
2023-06-01
How to Cite
Indriasih, A. (2023). Pembelajaran Berbasis Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini di TK Prambatan Lor Kabupaten Kudus. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(3), 864 - 876. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.869
Section
Articles