Pembelajaran Berbasis Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini di TK Prambatan Lor Kabupaten Kudus
Abstract
Penelitian ini menyajikan quasi eksperimen dengan desain pretest dan postest. Tahap penelitian meliputi penyusunan skenario pembelajaran untuk mengetahui kondisi awal anak sebelum diberikan perlakuan, terlebih dahulu diadakan assesmen berupa tes perbuatan dilakukan secara acak dan diobservasi, pelaksanaan pembelajaran kecakapan hidup dengan bantuan media yang sudah dipersiapkan melalui berbagai permainan yang telah dirancang oleh peneliti dan guru. Subjek penelitiannya siswa kelompok B dengan teknik sampel menggunakan total sampling yaitu semua populasi dijadikan sampel yang berjumlah 26 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua instrument pengumpul data utama yaitu observasi dan dokumentasi. Data sebelum diujikan ke responden perlu dilakukan uji coba intrumen fungsinya untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrument. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data statistik dengan melakukan uji beda. Hasil penelitian ini bahwa terdapat perbedaan peningkatan kreativitas antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dan observasi dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Ali, M., & Munastiwi, E. (2021). Kreativitas Guru Dalam Mengajarkan Kecakapan Hidup Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi COVID-19. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 35.
Astuti, D., & Irene, S. (2003). Pengembangan Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Penanaman Etos Kerja dan Membangun Kreativitas Anak. Cakrawala Pendidikan, 1, 85548.
Cahyaningrum, S. N., Sutadji, E., & Solichin, S. (2014). Hubungan Antara Life Skills Siswa Dengan Hasil Belajar Praktikum Pengelasan di SMKN 1 Trenggalek. JURNAL TEKNIK MESIN, 21(2).
Catron, Carol.E dan Jan Allen. 1999.Early Childhood Curriculum: ACreative Play Model, 2nd Edition.NewJersey: Merill Publ.
Depdiknas (2003) Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah: Jakarta Dirjen Olahraga
Depdiknas. (2003). Pedoman Penyelenggaraan Program Kecakapan Hidup (life skill) Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta.
Hasan, M., Azizah, N., Nurjannah, N., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pengembangan Pembelajaran Kecakapan Hidup Berbasis Karakter Kewirausahaan pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4299–4309.
Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61–72.
Maddaleno, Matilde dan Francisca Infante. (2004) Life Skills Approach toChild and Adolescent Healthy. USA: Pan American Health Organization.
Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1112–1119.
Mislaini, M. (2017). Pendidikan Dan Bimbingan Kecakapan Hidup (Life Skill) Peserta Didik.
Mujayanah, M. (2023). Pengembangan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini Melalui Kuliner Tancok Ayu (Ketan Pencok Bumiayu) sebagai Produk Unggulan Kuliner di KB Mutiara Bunda. Pena Edukasia, 1(2), 161–168.
Nurani Yuliani (2011) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Nurhasanah, N., Ridwan, D., Apriandinata, I., Nur, R. A., & Hidayat, A. R. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Media Bahan Alam Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak PAUD. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1).
Rachmawati, Y dan Kurniati, E (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Rakhman, F., & Surur, M. (2022). Belajar dan Pembelajaran. CV. Muhammad Fahmi Al-Azizy.
Salsabila, W. T., Faza, M. R., & Hidayat, M. R. (2021). Pendidikan Kecakapan Hidup Sebagai Solusi Pembelajaran Matematika Di Era Merdeka Belajar Dalam Menjawab Tantangan PISA. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 2, 105–118.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tirtayati, N. P. E., Suarni, N. K., & Magta, M. (2014a). Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Tirtayati, N. P. E., Suarni, N. K., & Magta, M. (2014b). Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Yuliani Nuraini, dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Copyright (c) 2023 Aini Indriasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.