PENGARUH PERMAINAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Studi Kasus di TK Trisula 02 Kabupaten Kudus

  • Aini Indriasih Universitas Terbuka, Indonesia
  • Ismartoyo Ismartoyo universitas terbuka, Indonesia
  • Yuli Haryati universitas terbuka, Indonesia
Keywords: permainan, kearifan lokal, karakter anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk  mendiskripsikan pengaruh  permainan berbasis kearifan lokal terhadap  pembentukan  karakter anak usia dini di TK Trisula 02 kecamatan Kaliwungu Kudus. Serta untuk mengetahui gambaran perilaku   anak usia dini  dilihat dari setiap aspek, setelah dilakukan pembelajaran dengan permainan berbasis kearifan lokal

Dengan subyek penelitian  melalui total sampling berjumlah  25 anak,   pengumpulan data   menggunakan   instrumen   observasi,   tes perbuatan, dan dokumentasi.  Teknik  analisis data  Uji Perbedaan digunakan Anova satu jalan serta  Uji Pengaruh  regresi linier sederhana.   

Hasil penelitian menjelaskan bahwa kontribusi X terhadap Y diperoleh sebesar  0,325 yang menunjukkan nilai yang cukup. Artinya bahwa pembelajaran yang menerapkan permainan berbasis kearifan lokal   mempengaruhi  karakter anak sebesar 32,5% dan masih ada pengaruh dari variabel lain sebesar 67,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzet, Akhmad Muhaimin. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia :

Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhaslan Belajar dan

kemajuan Bangsa.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

B.E.F., Montolalu, & dkk. (2009). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta:Universitas Terbuka.

Bredekamp, Sue dan Teresa Rosegrant, (1999). “Reaching Potentials: Introduction” Reaching Potentials: Appropriate Curriculum and Assessment for Young Children Volume 1 Editor Sue Bredekamp and Teresa Rosegrant, Washington: NAEYC.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1992). Transformasi Nilai Melalui Permainan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Dharma Kesuma, dkk. (2011) Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ellemberg, D., & St-Louis-Deschênes, M. (2010). The effect of acute physical exercise on cognitive function during development. Psychology of Sport and Exercise, 11(2), 122–126.

Hamad, Ibnu. (2004). Konstruksi Realitas Politik Dalam Media Massa. Jakarta: Granit.

Khasanah Ismatul dkk (2011). Permainan Tradisional sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PAUDIA Vol 1 No. 1 IKIP PGRI Semarang.

Malpaleni Satriana, (2013) sumber Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 7, Edisi 1 April 2013: UPI Bandung.

McMillan, J.H. and Schumacher, S. (2001). Research in Education. New York:

Longman, Inc.

Misbach, Ifa. (2006). Peran Permainan Tradisional yang Bermuata Edukatif Dalam Menyumbang Pembentukan Karakter dan Identitas Bangsa. Jurusan Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia

Montolalu, B.E.F (2008). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta. CV.

Tadkiroatun Musfiroh dan Sri Tatmingsih, (2015). Bermain dan Permainan Anak. Tangerang selatan: Universitas Terbuka.

Published
2022-08-24
How to Cite
Indriasih, A., Ismartoyo, I., & Haryati, Y. (2022). PENGARUH PERMAINAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 659-668. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.562
Section
Articles