Penerapan Model Maria Montessori Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Pada Anak Usia Dini di Tk Nurul Yasin Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus

  • Aini Indriasih Universitas Terbuka, Indonesia
  • Barokah Widuroyekti Universitas Terbuka, Indonesia
  • Yuli Haryati Universitas Terbuka, Indonesia
  • Sumaji Sumaji Universitas Muria Kudus, Indonesia
Keywords: model maria montessori, aspek kognitif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model maria montessori untuk meningkatkan aspek kognitifpada anak usia dini di kecamatan mejobo kabupaten kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di  TK Pertiwi  di kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data digunakan pedoman observasi anak didik, dan tes unjuk kerja anak.Analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1) aspek kognitif anak dalam bentuk hasil karya yaitu pada siklus I anak yang berkembang sangat baik  7 anak (46,67 %), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 9 anak (60%), sehingga terjadi peningkatan sebesar 13,33%, (2) Aspek kognitif anak dalam bentuk penugasan pada siklus I anak yang berkembang sangat baik   5 anak atau 33,33 %, sedangkan pada siklus II menjadi 8 anak atau 53,33%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 20% dan (3) aspek kognitif anak dalam bentuk unjuk kerja pada siklus I anak yang berkembang sangat baik   5 anak  atau 33,33%, sedangkan pada siklus II  menjadi 9 anak atau 60%, sehingga terdapat peningkatan sebesar 26,67%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, Fauziah. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Medan: Madenatera.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional.

Hainstock. (2008). Kenapa Montessori?. Jakarta: Mitra Media.

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan).Jakarta: Erlangga.

Lazuardi, A. L. (2013). Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD Pendidikan Anak usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumitra, A. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif Di PAUD Assya’idiyah Kab. Bandung Barat). Jurnal Empowerment, 4(1).

Wardani IGAK, Wihardit Kuswaya. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Published
2021-11-24
How to Cite
Indriasih, A., Widuroyekti, B., Haryati, Y., & Sumaji, S. (2021). Penerapan Model Maria Montessori Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Pada Anak Usia Dini di Tk Nurul Yasin Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(2), 531-543. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.321
Section
Articles