Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP IT Qurrata A’yun

  • Efrimul Yanti Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Asmendri Asmendri Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Muhammad Yusuf Salam Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
Keywords: strategi kepala sekolah, kinerja guru

Abstract

The principal is the main factor in managing educational institutions in order to realize the goals of education itself. The main problem in this research is what the strategy of the principal of SMP IT Qurrata A’yun in improving teachers performance. Data processing is carried out in a qualitative descriptive manner, which is obtained through observation, interviews and documentation. The role of the principal of SMP IT Qurrata A’yun by using a democratic leadership style, so that the principal can mobilize teachers in carrying out school programs and can achieve the goals that have been set. The principal’s strategy of SMP IT Qurrata A’yun in improving teacher performance are by conducting performance coaching for teachers, conducting supervision, fostering teacher discipline, providing motivation and giving awards

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmendri. 2014. The Roles of School Principal in the Implementation of Character Educational at Boarding School. 21(2). 104-111. http://www.journal.tarbiyahiainib.ac.id/

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Asf, Jasmani dan Syaiful Mustofa 2013. Supervisi Pendidikan Terobosan Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Assauri Sofian. 2018. Strategic Management. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Barnawi dan Muhammad Arifin. 2012. Kinerja Guru Profesional, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Carwan. 2017. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru dan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Cimahi Kabupaten Kuningan. Tesis. Sukabumi: Universitas Nusa Putra

Engkoswara, Komariah Aan dan Riduwan. 2015. Administrasi Pendidikan. Bandung; CV. Alfabeta.

Euis dan Donni. 2016. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: CV. Alfabeta.

Fathurrohman P dan Sutikno M. Sobry. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditana. Handoko, T. Hani. 2015. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: BPFE.

Hadijaya, Yusuf. 2017. Menyusun Strategi Berbuah Kinerja Pendidik Efektif. Pandan: Perdana Publishing.

Helmawati. 2014. Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah Melalui Managerial Skills, Jakarta: Renika Cipta.

Jamal Ma‟mur Asmani. 2012. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press. Jasmani dan Mustofa Saiful. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru Dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah Dan Guru, Yogyakarta: Ar-ruzz.

Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu, Bandung: Alfabeta.

Kementrian Agama RI Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. 2017. Bogor: Unit Percetakan Al-Qu‟an.

Mahdi, 2013. Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada MTsS Al-Fauzul Kabir Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar. Tesis. Program Studi Magister Administrasi, Pendidikan Pascasarjana, Universitas Syiah Kuala.

Moleong, J. Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ke 29.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, H. 2015. Manajemen Pendidikan; Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Prenada Media Group.

Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 pada Bab II Pasal 3 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Dasar. Jakarta: Sinar Grafika.

Qomar, Mujamil. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Salim dan Syahrum. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Cipta Pustaka.

Setiawan, Bahar Agus. 2013. Transformational Leadership: Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soebagio, Atmodiwiryo. 2011. Manajemen Pengawasan dan Supervisi Sekolah.Jakarta: PT. Ardadizya Jaya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan VI. Bandung: CV. Alfabeta.

Suherman, A dan Soandi O. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Aditama. Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprihatiningrum, J. 2013. Guru Profesional Pedoman Kerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Syafaruddin dan Asrul. 2013. Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung: Cita Pustaka Media.

Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yaumi, Muhammad dalam D. Stolovith, Harold. 2007. The Developtment and Evolution of Human Performance Improvement, dalam Dempsey, John V. and Reiser, Robert A. Trends and Issues in Instrictional Design.

Published
2023-01-18
How to Cite
Yanti, E., Asmendri, A., & Salam, M. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP IT Qurrata A’yun. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 288-297. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.675
Section
Articles