PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH BERASRAMA DAN PERAN PEMBINA ASRAMA TERHADAP PEMBINAAN KARAKTER SISWA SEKOLAH BERASRAMA PADA SMAN DI SUMBAR
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah terjadinya krisis moral pada generasi penerus bangsa yang berkaitan dengan karakter. “Pergaulan remaja saat ini sangat merisaukan dikarenakan perkembangan modernisasi dan globalisasi sehingga berdampak menipisnya moral dan akhlak remaja/siswa. Perlunya sekolah yang dapat mengembangkan karakter siswa, khususnya di sekolah berasrama karena kegiatannya menginternalisasi dan personalisasi nilai karakter. Untuk tinggal di asrama perlu pembina asrama sebagai pelaksana program kegiatan di asrama. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa pengaruh manajemen sekolah berasrama dan peran pembina asrama terhadap karakter siswa pada SMAN yang memiliki asrama di SUMBAR.
“Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan kuantitatif. SPopulasi dari penelitian ini adalah sekolah yang memiliki asrama dengan mengambil 3 sekolah yaitu SMAN 1 Sumbar, SMAN 3 Painan, SMAN Unggul Dharmasraya.“Instrumen pada peneltian ini dalam menggumpulkan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert. Alternatif jawaban adalah “sangat setuju, setuju, kurang setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju”. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dan pengolahan data penelitian menggunakan bantuan SPSS for windows. “
“Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Manajemen Sekolah berasrama terhadap Karakter Siswa sebesar 59,1 % pada kategori baik dan Peran Pembina Asrama terhadap Karakter Siswa sebesar 76,6 %, pada kategori baik. Persamaan regresi berganda pada variabel X1 terhadap Y adalah Y1 = 103,821 + 0,065X dan persamaan regresi sederhananya pada variabel X2 terhadap Y adalah Y2 = 30,418 + 1,529X. Hasil pengujian hipotesis ditentukan pada variabel X1 bahwa rxy = 0,361 atau 36,1 % sedangkan pada variabel rxy = 0,413 atau 41,3 %. dengan taraf uji t sebesar 6,723 rhitung X1 = 0,361 dan rhitung X2 = 0,413 dan rtabel = 0,1255 artinya rhitung lebih.besar dari rtabel. Kesimpulannya.bahwa manajemen sekolah berasrama dan peran pembina asrama berkorelasi sangat kuat dengan karakter siswa dengan signifikan 0,01 < 0,05 maka Ha di terima dan Ho ditolak dimana hitungan statistiknya pengaruh manajemen sekolah berasrama terhadap karakter siswa adalah sebesar 59,1 % dan peran pembina asrama terhadap karakter siswa adalah sebesar 23,4, dapat diartikan bahwa 59,1 % karakter siswa dipengaruhi oleh manajemen sekolah berasrama dan peran pembina asrama.“Ini dapat diasumsikan bahwa 59,1 % dipengaruhi dari faktor-faktor atau sebab-sebab lain diluar variabel.yang diteliti. “
Downloads
References
DAFTAR RUJUKAN
Abidin.Ibnu.Rusn. .Pemikiran.Al-Ghazali.Tentang.Pendidikan. .Yogyakarta: Pustaka Pelajar, .1998.
Al-Ghazali.Muhammad. .1993. .Akhlak.Seorang.Muslim. .Semarang: Wicaksana.
As-tsauri, M. S., & Rochman, Chaerul, M. (2021). Jurnal Al-Fikrah: Jurnal Manajemen.Pendidikan. IX(1).
Asmendri. Melejitkan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah/Sekolah. Lima Puluh Kota: Mazaya, 2021
Asmendri (2011). Pengembangan.Model.Perkuliahan.Berbasis.Masalah pada Mata Kuliah Manajemen.Pendidikan.melalui.Survei Manajemen Madrasah. .Ta’dib, Volume 14. No 2 (Desember 2011)
Basyaruddin, A., & Khoiruddin, A. (2020). Peran Pembina Asrama dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren. Pendidikan Islam, 4(1), 3. Eg, S., & Pendidikan, M. (n.d.). Pe ndidika n.
Bukhari Umar. .Ilmu Pendidikan.Islam. Jakarta: .Amzah, 2017.
Ersha M, Dinie A, Yayang F, (2021) Penerapan.Pendidikan.Karakter.Pancasila dalam.Lingkungan.Sekolah. Jurnal Pendidikan.Tambusai 5 (3)
Ferianto dkk, Manajemen sekolah berasrama dalam meningkatkan prestasi akademik siswa. 2018
Fuad dkk, .PERAN PEMBIMBING.ASRAMA. (MUSYRIF) DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BERIBADAH SANTRI DI MA’HAD HUDA.ISLAMI. (MHI) TAMANSARI.KABUPATEN.BOGOR, Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, P-ISSN: 2654-5829 E-ISSN: 2654-3753, hal 77-88
Hidayatullah, .R., Pido, S. .A. T., & Yasin, Z. (2020). EFEKTIVITAS MANAJEMEN.BOARDING.SCHOOL.BERBASIS SEMI MILITER SMA.TERPADU.WIRA.BHAKTI.GORONTALO. 8(1), 178–187.
Hinggil Permana dkk. 2021. Perkembangan Model mnajemen Pendidikan sekolah. vol 01 hal 2021
Juabdin, Heru S.(2015). Pendidik.dalam.Perspektif.Al-Qur'an"..Jurnal Pendidikan.Islam 6 (93-105)
Kharisma, R. . (2018). Pengelolaan.Pendidikan.Karakter.Siswa.Berasrama di Sekolah.Insan.Cendekia.Gorontalo. 5(2), 107–116.
Legistia, Y. T. (2019). Pengembangan.Lembaga : Upaya.Membangun.Sekolah Berasrama.Berkualitas.untuk Mencetak.Human Capital.dan Social Capital.Institutional.Development.: The Efforts.to Build.of Quality Boarding.Schools to.Create.of Human.Capital.and.Social Capital yang mencerminkan. Nizamul.’Ilmi: Jurnal.Manajemen.Pendidikan.Islam (JMPI), 04, 42–58.
Mujib, Abdul. Kepribadian.Dalam.Psikologi.Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Mujib, Abdul dan Mudzakkir , Jusuf. Ilmu.Pendidikan.Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.
Nana Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008),
Pamungkas, M. I. (2017). Akhlak Muslim: Membangun Karakter Generasi Muda. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 38–53. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/70 Perawironegoro, D. (2019). Manajemen Asrama di Pesantren. 3(2).
Praktik, D., & Insan, M. A. N. (n.d.). Manajemen berbasis sekolah
Okafor Obiefuna A. (Ph.D). THE ROLE OF TOP MANAGEMENT IN BUSINESS ORGANIZATIONS. Review of Public Administration and Management Vol. 3, No. 5, July 2014. ISSN: 2315-7844. Website: www.arabianjbmr.com/RPAM_index.php. Publisher: Department of Public Administration Nnamdi Azikiwe. University, Awka, Nigeria and Zainab Arabian Research Society. for Multidisciplinary Issues Dubai, UAE 93
Qomar, .Mujamil, .Manajemen.Pendidikan.Pendidikan.Islam: Strategi Baru Pendidikan Islam, Malang: Erlangga, 2007.
Riduwan. 2006. "Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan PenelitiMahasiswa, dan Psikometrian" Yogyakarta: Parama Publishing
Rizkiani,.A. (2012). Pengaruh.Sistem.Boarding.School.Terhadap.Pembentukan Karakter.Peserta.Didik (Penelitian.di.Ma’had.Darul.Arqam Muhammadiyah.Daerah Garut). Jurnal.Pendidikan.Universitas.Garut, 06(01), 10–18. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/45
Saepul, Asep Hidayat, Manajemen.Sekolah Bebasis Karakter: Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Volume 1, No 1 Jamuari 2021
Septilinda S Andri “Manajemen.Boarding.School.dan.Relevansinya.dengan Tujuan.Pendidikan.Islam di Muhammadiyah.Boarding.School (MBS) Yogyakarta” Jurnal.Pendidikan.Madrasah, Volume 2, Nomor 2, November 2017 P-ISSN: 2527-4287 - E-ISSN: 2527-6794
Siti asiah tjabolo. (2018). Manajemen Pendidikan Islam (A. Erwinsyah (ed.); 1st ed.). Pustaka Cendikia.
Sugiyono. .Metode.Penelitian.Pendidikan.pendekatan kuantitatif, .kualitatif, dan R&D. Bandung: .Alfabeta, 2008.
Suharsimi.Arikunto. .Prosedur.Penelitian.Suatu.Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Sulistyorini dan.Muhammad.Fathurrohman, Esensi.Manajemen.Pendidikan Islam: Pengelolaan.Lembaga.Untuk.Meningkatkan.Kualitas Pendidikan.Islam, Yogyakarta: .Teras, 2014.
______________, Manajemen.Pendidikan.Islam, Konsep.Strategi dan Aplikasi, Yogyakarta: Teras, 2009.
Susanto. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah, 2015.
Sonal ett al (2016). administration and Management of Education" English Education. VIKAS PUBLISHING Trademark House PVT. LTD.
Tim Laboratorium Jurusan, Pedoman Penyusunan Skripsi STAIN Tulungagung, (Tulungagung:STAIN Tulungagung, 2012)
Tantan Heryadi1, Tantri Fitriani2, dan Z. M. (1969). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN.BERASRAMA (BOARDING.SCHOOL) DI.MTs AL FALAH.TANJUNGJAYA. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 35(8), 791–792. https://doi.org/10.2331/suisan.35.791
UU.dan.Peraturan.Pemerintah.RI. .No.20.Tahun.2003.Tentang.Sistem Pendidikan.Nasional. .Jakarta: Departemen.Agama RI, 2003.
Wiratna.Sujarweni. Metodologi.Penelitian. Yogyakarta: Pustaka.Baru.Press, 2014
Copyright (c) 2023 Melisa Meli, Asmendri Asmendri, M. Yusuf Salam, Sirajul Munir, Elda Herlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.