PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH BERASRAMA DAN PERAN PEMBINA ASRAMA TERHADAP PEMBINAAN KARAKTER SISWA SEKOLAH BERASRAMA PADA SMAN DI SUMBAR

  • Melisa Meli Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Asmendri Asmendri Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • M. Yusuf Salam Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Sirajul Munir Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Elda Herlina Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
Keywords: Manajemen Pendidikan, Sekolah Berasrama, Karakter Siswa

Abstract

 Permasalahan dalam penelitian ini adalah terjadinya krisis moral pada generasi penerus bangsa yang berkaitan dengan karakter.Pergaulan remaja saat ini sangat merisaukan dikarenakan perkembangan modernisasi dan globalisasi sehingga berdampak menipisnya moral dan akhlak  remaja/siswa. Perlunya sekolah yang dapat mengembangkan karakter siswa, khususnya di sekolah berasrama karena kegiatannya menginternalisasi dan personalisasi nilai karakter. Untuk tinggal di asrama perlu pembina asrama sebagai pelaksana program kegiatan di asrama. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa pengaruh manajemen sekolah berasrama  dan peran pembina asrama terhadap karakter siswa pada SMAN yang memiliki asrama di SUMBAR.

Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan kuantitatif. SPopulasi dari penelitian ini adalah sekolah yang memiliki asrama dengan mengambil 3 sekolah yaitu SMAN 1 Sumbar, SMAN 3 Painan, SMAN Unggul Dharmasraya.Instrumen pada peneltian ini dalam menggumpulkan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert. Alternatif jawaban adalah “sangat setuju, setuju, kurang setuju, tidak setuju,  sangat tidak setuju”. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dan pengolahan data penelitian menggunakan bantuan SPSS for windows.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan  bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Manajemen Sekolah berasrama terhadap Karakter Siswa sebesar 59,1 % pada kategori baik dan Peran Pembina Asrama terhadap Karakter Siswa sebesar 76,6 %, pada kategori baik. Persamaan regresi berganda pada variabel X1 terhadap Y adalah Y1 = 103,821 + 0,065X dan persamaan regresi sederhananya pada variabel X2 terhadap Y adalah Y2 = 30,418 + 1,529X. Hasil pengujian hipotesis ditentukan pada variabel X1 bahwa rxy  = 0,361 atau 36,1 % sedangkan pada variabel rxy  = 0,413 atau 41,3 %. dengan taraf uji t sebesar 6,723 rhitung X1 = 0,361 dan rhitung X2 = 0,413 dan rtabel = 0,1255  artinya rhitung lebih.besar dari rtabel. Kesimpulannya.bahwa manajemen sekolah berasrama  dan peran pembina asrama berkorelasi sangat kuat dengan karakter siswa dengan signifikan 0,01 < 0,05 maka Ha di terima dan Ho ditolak dimana hitungan statistiknya pengaruh manajemen sekolah berasrama  terhadap karakter siswa adalah sebesar 59,1 % dan peran pembina asrama terhadap karakter siswa adalah sebesar 23,4, dapat diartikan bahwa 59,1 % karakter siswa dipengaruhi oleh manajemen sekolah berasrama  dan peran pembina asrama.Ini dapat diasumsikan bahwa 59,1 % dipengaruhi dari faktor-faktor atau sebab-sebab lain diluar variabel.yang diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR RUJUKAN

Abidin.Ibnu.Rusn. .Pemikiran.Al-Ghazali.Tentang.Pendidikan. .Yogyakarta: Pustaka Pelajar, .1998.

Al-Ghazali.Muhammad. .1993. .Akhlak.Seorang.Muslim. .Semarang: Wicaksana.

As-tsauri, M. S., & Rochman, Chaerul, M. (2021). Jurnal Al-Fikrah: Jurnal Manajemen.Pendidikan. IX(1).

Asmendri. Melejitkan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah/Sekolah. Lima Puluh Kota: Mazaya, 2021

Asmendri (2011). Pengembangan.Model.Perkuliahan.Berbasis.Masalah pada Mata Kuliah Manajemen.Pendidikan.melalui.Survei Manajemen Madrasah. .Ta’dib, Volume 14. No 2 (Desember 2011)

Basyaruddin, A., & Khoiruddin, A. (2020). Peran Pembina Asrama dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren. Pendidikan Islam, 4(1), 3. Eg, S., & Pendidikan, M. (n.d.). Pe ndidika n.

Bukhari Umar. .Ilmu Pendidikan.Islam. Jakarta: .Amzah, 2017.

Ersha M, Dinie A, Yayang F, (2021) Penerapan.Pendidikan.Karakter.Pancasila dalam.Lingkungan.Sekolah. Jurnal Pendidikan.Tambusai 5 (3)

Ferianto dkk, Manajemen sekolah berasrama dalam meningkatkan prestasi akademik siswa. 2018

Fuad dkk, .PERAN PEMBIMBING.ASRAMA. (MUSYRIF) DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BERIBADAH SANTRI DI MA’HAD HUDA.ISLAMI. (MHI) TAMANSARI.KABUPATEN.BOGOR, Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, P-ISSN: 2654-5829 E-ISSN: 2654-3753, hal 77-88

Hidayatullah, .R., Pido, S. .A. T., & Yasin, Z. (2020). EFEKTIVITAS MANAJEMEN.BOARDING.SCHOOL.BERBASIS SEMI MILITER SMA.TERPADU.WIRA.BHAKTI.GORONTALO. 8(1), 178–187.

Hinggil Permana dkk. 2021. Perkembangan Model mnajemen Pendidikan sekolah. vol 01 hal 2021

Juabdin, Heru S.(2015). Pendidik.dalam.Perspektif.Al-Qur'an"..Jurnal Pendidikan.Islam 6 (93-105)

Kharisma, R. . (2018). Pengelolaan.Pendidikan.Karakter.Siswa.Berasrama di Sekolah.Insan.Cendekia.Gorontalo. 5(2), 107–116.

Legistia, Y. T. (2019). Pengembangan.Lembaga : Upaya.Membangun.Sekolah Berasrama.Berkualitas.untuk Mencetak.Human Capital.dan Social Capital.Institutional.Development.: The Efforts.to Build.of Quality Boarding.Schools to.Create.of Human.Capital.and.Social Capital yang mencerminkan. Nizamul.’Ilmi: Jurnal.Manajemen.Pendidikan.Islam (JMPI), 04, 42–58.

Mujib, Abdul. Kepribadian.Dalam.Psikologi.Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Mujib, Abdul dan Mudzakkir , Jusuf. Ilmu.Pendidikan.Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.

Nana Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008),

Pamungkas, M. I. (2017). Akhlak Muslim: Membangun Karakter Generasi Muda. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 38–53. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/70 Perawironegoro, D. (2019). Manajemen Asrama di Pesantren. 3(2).

Praktik, D., & Insan, M. A. N. (n.d.). Manajemen berbasis sekolah

Okafor Obiefuna A. (Ph.D). THE ROLE OF TOP MANAGEMENT IN BUSINESS ORGANIZATIONS. Review of Public Administration and Management Vol. 3, No. 5, July 2014. ISSN: 2315-7844. Website: www.arabianjbmr.com/RPAM_index.php. Publisher: Department of Public Administration Nnamdi Azikiwe. University, Awka, Nigeria and Zainab Arabian Research Society. for Multidisciplinary Issues Dubai, UAE 93

Qomar, .Mujamil, .Manajemen.Pendidikan.Pendidikan.Islam: Strategi Baru Pendidikan Islam, Malang: Erlangga, 2007.

Riduwan. 2006. "Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan PenelitiMahasiswa, dan Psikometrian" Yogyakarta: Parama Publishing

Rizkiani,.A. (2012). Pengaruh.Sistem.Boarding.School.Terhadap.Pembentukan Karakter.Peserta.Didik (Penelitian.di.Ma’had.Darul.Arqam Muhammadiyah.Daerah Garut). Jurnal.Pendidikan.Universitas.Garut, 06(01), 10–18. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/45

Saepul, Asep Hidayat, Manajemen.Sekolah Bebasis Karakter: Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Volume 1, No 1 Jamuari 2021

Septilinda S Andri “Manajemen.Boarding.School.dan.Relevansinya.dengan Tujuan.Pendidikan.Islam di Muhammadiyah.Boarding.School (MBS) Yogyakarta” Jurnal.Pendidikan.Madrasah, Volume 2, Nomor 2, November 2017 P-ISSN: 2527-4287 - E-ISSN: 2527-6794

Siti asiah tjabolo. (2018). Manajemen Pendidikan Islam (A. Erwinsyah (ed.); 1st ed.). Pustaka Cendikia.

Sugiyono. .Metode.Penelitian.Pendidikan.pendekatan kuantitatif, .kualitatif, dan R&D. Bandung: .Alfabeta, 2008.

Suharsimi.Arikunto. .Prosedur.Penelitian.Suatu.Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Sulistyorini dan.Muhammad.Fathurrohman, Esensi.Manajemen.Pendidikan Islam: Pengelolaan.Lembaga.Untuk.Meningkatkan.Kualitas Pendidikan.Islam, Yogyakarta: .Teras, 2014.

______________, Manajemen.Pendidikan.Islam, Konsep.Strategi dan Aplikasi, Yogyakarta: Teras, 2009.

Susanto. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah, 2015.

Sonal ett al (2016). administration and Management of Education" English Education. VIKAS PUBLISHING Trademark House PVT. LTD.

Tim Laboratorium Jurusan, Pedoman Penyusunan Skripsi STAIN Tulungagung, (Tulungagung:STAIN Tulungagung, 2012)

Tantan Heryadi1, Tantri Fitriani2, dan Z. M. (1969). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN.BERASRAMA (BOARDING.SCHOOL) DI.MTs AL FALAH.TANJUNGJAYA. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 35(8), 791–792. https://doi.org/10.2331/suisan.35.791

UU.dan.Peraturan.Pemerintah.RI. .No.20.Tahun.2003.Tentang.Sistem Pendidikan.Nasional. .Jakarta: Departemen.Agama RI, 2003.

Wiratna.Sujarweni. Metodologi.Penelitian. Yogyakarta: Pustaka.Baru.Press, 2014

Published
2023-05-22
How to Cite
Meli, M., Asmendri, A., Salam, M., Munir, S., & Herlina, E. (2023). PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH BERASRAMA DAN PERAN PEMBINA ASRAMA TERHADAP PEMBINAAN KARAKTER SISWA SEKOLAH BERASRAMA PADA SMAN DI SUMBAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 830-862. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.806
Section
Articles