Studi Implementasi STEAM (Sciece, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Pembelajaran di Jenjang PAUD Kabupaten Jember

  • Fita Fatimah Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Noviana Mariatul Ulfa Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Helly Aprianti Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
Keywords: STEAM, Early Childhood

Abstract

Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) merupakan pembelajaran yang disiapkan bagi anak-anak untuk menghadapi abad 21 dimana anak dituntut untuk menguasai empat keterampilan utama (4K) yaitu kreativitas, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi. Pembelajaran STEAM ini haruslah dimulai sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi pelaksanaan STEAM dalam pembelajaran di jenjang PAUD di kabupaten Jember. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan keadaan yang akan diamati di lapangan dengan lebih spesifik, transparan, dan mendalam. Sumber data utama berasal dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang sudah dibuat oleh para guru di lembaga PAUD. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan persentase implementasi STEAM dalam pembelajaran PAUD sebesar 63%. Capaian implementasi STEAM ini masih sangat perlu untuk ditingkatkan agar bisa memberikan yang terbaik bagi anak-anak. Hal berikutnya yang menjadi perhatian berdasarkan data yang diperoleh adalah bahwa ternyata pelaksanaan STEAM ini masih terpisah-pisah, guru masih menganggap STEAM sebagai bidang-bidang yang terpisah seperti mata pelajaran dimana pembelajarannya berkaitan dengan teknologi dan eksperimen-eksperimen sains, padahal STEAM harus dilihat dalam satu kesatuan yang terintegrasi diantara bidang-bidang pendukungnya dalam rangka melatih anak untuk berpikir sistematis dan kritis dalam memecahkan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admayati, dkk. ___. Peningkatan Kemampuan Sains Pemulaan Melalui Metode Pengamatan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP UNTAN, Pontianak

Agustini, dkk. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Kelompok B Semester II TK Kartika VII-3. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 4. No. 2 - Tahun 2016)

Alam, I., & Perry, C. (2002). A customer-oriented new service development process. Journal of Services Marketing. https://doi.org/10.1108/08876040210443391

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Bishop, J., & Ph, D. (2017). 21st Century Skills ( P21 ).

Gonzalez, H. B., & Kuenzi, J. (2012). What Is STEM Education and Why Is It Important? Congressional Research Service.

Han, S., Rosli, R., Capraro, M. M., & Capraro, R. M. (2016). The effect of Science, technology, engineering and mathematics (STEM) project based learning (PBL) on students’ Achievement in four mathematics topics. Journal of Turkish Science Education. https://doi.org/10.12973/tused.10168a

Jackman, H. L. (2009). Early Education Curriculum A Child’s Connection to the World Fourth Edition. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning

Kemendikbud. 2018. Model Penerapan STEAM untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Ungaran: PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah.

Krogh, S.L & Slentz, K. L. (2008). The Early Childhood Curriculum. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc

Michel, A., & Wortham, S. (2007). Listening beyond the self: How organizations create direct involvement. Learning Inquiry, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.1007/s11519-007-0016-y

Morrison, J. 2006. TIES STEM Education Monograph Series : Attributes of STEM Education. Baltimore, MD : TIES

Munawar, M., Roshayanti, F., Sugiyanti. (2019). IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - BASED EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING IN SEMARANG CITY. JURNAL CERIA Vol.2 | No.5 | September 2019

NAEYC and NCTM. (2002). https://www.naeyc.org/sites/default/files/globally shared/downloads/PDFs/resources/position-statements/psmath.pdf. Diakses pada 14 November 2019, Pukul 18.00

Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas

Siantajani, Yulianti. 2020. Konsep dan Praktek STE(A)M di PAUD. Semarang : PT Sarang Seratus Aksara

Quigley, C. F., & Herro, D. (2016). “Finding the Joy in the Unknown”: Implementation of STEAM Teaching Practices in Middle School Science and Math Classrooms. Journal of Science Education and Technology. https://doi.org/10.1007/s10956-016-9602-z

Roberts, A. dan Cantu, D. 2012. Applying STEM Instructional Strategies to Design and Technology Curriculum. Department of STEM Education and Proffesional Studies Old Dominion University. Norfolk, VA, USA.

Septiyaningsih. 2016. Studi Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Anak TK Kelompok B Di Gugus II Kecamatan Kretek, Bantul. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Tabi’in, A. (2019). Implementation of STEAM Method (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) for Early Childhood Developing in Kindergarten Mutiara Paradise Pekalongan. ECRJ (Early Childhood Reseach Journal) VOL. 02 No 1 June 2019. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Rasmani, U. E. E., Nurjanah, N. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 4 Issue 1 (2020) Pages 305-311

Yakman, G., & Lee, H. (2012). Exploring the Exemplary STEAM Education in the U.S. as a Practical Educational Framework for Korea. Journal of The Korean Association For Science Education. https://doi.org/10.14697/jkase.2012.32.6.1072

Published
2022-01-29
How to Cite
Fatimah, F., Ulfa, N., & Aprianti, H. (2022). Studi Implementasi STEAM (Sciece, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Pembelajaran di Jenjang PAUD Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 392-402. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.385
Section
Articles