UJI PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATERI FISIKA DASAR DENGAN SOAL KONTEKSTUAL DAN NONKONTEKSTUAL

  • Fita Fatimah Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Noviana Mariatul Ulfa Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
Keywords: pemahaman konsep, fisika dasar, kontekstual nonkontekstual

Abstract

Fisika berasal dari bahasa Yunani yang berarti “alam”. Fokus dari ilmu fisika adalah mempelajari tentang sifat dan fenomena alam atau gejala alam dan seluruh interaksi yang terjadi didalamnya. Fisika berperan dalam berbagai ilmu pengetahuan lain, salah satunya biologi (biofisika). Hasil wawancara awal menunjukkan bahwa banyak yang masih menganggap fisika itu sulit dan tidak ada kaitannya dengan biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi pada materi Fisika Dasar yang disajikan dalam soal versi kontekstual dan nonkontekstual serta  mengetahui tanggapan mereka terhadap terhadap asesmen pemahaman konsep fisika soal “kontekstual” dan “nonkontekstual”. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen berupa soal-soal pemahaman konsep fisika yang disusun dalam versi kontekstual dan nonkontekstual serta  instrumen angket untuk menjaring tanggapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Secara umum pemahaman konsep mahasiswa program studi pendidikan biologi pada materi fisika dasar masih rendah baik dalam soal-soal versi kontekstual maupun nonkontekstual; 2) Kemampuan pemahaman konsep mahasiswa program studi pendidikan biologi pada materi fisika dasar lebih tinggi untuk soal versi kontekstual dibandingkan soal versi nonkontekstual; 3) penyajian soal-soal  pemahaman  konsep  dalam versi  “kontekstual” dapat mengubah  persepsi  mahasiswa  tentang fisika  yang  awalnya merupakan  mata kuliah  yang  tidak  berkaitan  dengan  biologi  menjadi  fisika sebagai  mata  kuliah  yang  diperlukan  dalam biologi. Hal ini menjadi motivasi bagi mahasiswa dalam mempelajari fisika untuk  meningkatkan  penguasaan  mereka  terhadap pengetahuan  atau  fenomena  yang  dipelajari  dalam  biologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpindo, O., & Dahnuss, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbantuan Games Pada Matakuliah Fisika Dasar Di Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Kiprah. November 2019; 7 (2): 117-124. http://ojs.umrah.ac.id/index.php/kiprah/

Damayanti,W., Perdana,KF., & Sukarmin. (2016). Penguasaan Konsep Biologi Berbasis Konsep Fisika Menggunakan Pembelajaran Tematik dengan Model Problem Based Learning. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek 2016 (ISSN: 2557-533X)

Eraikhuemen, L., & Ogumogu, A.E. (2014). An Assessment of secondary school physics teachers conceptual understanding of force and motion in Edo South Senatorial District. Academic Research International, 5(1), 253-262. Retrieved from http://www.journals.savap.org.pk/

Fauzi, A & Radiyono.Y (2011). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar I Berbasis Spreadsheet Dengan Pendekatan Analitik Dan Numerik. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) Vol 1 No 1

Hartini, S., Misbah., Helda., & Dewantara, D. (2017). The effective of physics learning material based on south Kalimantan local wisdom. AIP Conference Proceedings. 1-8. http://dx.doi.org/10.1063/1.4995182

Hasibuan, FA & Abidin, J. (2019). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis PhET Simulation. Jurnal Pendidikan Fisika, 8 (2), 102-108. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf

Nur Kadarisman. (2015). Keterpaduan dalam Fisika. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Pathoni, H., Rohati, & Nazarudin (2015). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Dan Aktifitas Mahasiswa Dengan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Media Animasi. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, Volume 2, Nomor 2,119-122 November 2015

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukardiyono., Rustaman, N Y., Setiawan, A., & Hinduan, A. (2011). Tanggapan Mahasiswa Calon Guru Biologi Dan Kimia Terhadap Asesmen “Kontekstual” Pemahaman Konsep Fisika Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011

Toto, T., & Yulisma, L. (2017). Analisis Aplikasi Konsep Gaya dalam Fisika yang Berkaitan dengan Bidang Biologi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 63 - 72. DOI : https://doi.org/10.21009/1.03109

Zahara, L. (2018). Penerapan Model Hands On Activity Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Kappa Journal Pendidikan Fisika FKIP Universitas Hamzanwadi Vol. II. No. 2. 28-33. DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v2i2.1212

Published
2022-08-20
How to Cite
Fatimah, F., & Ulfa, N. (2022). UJI PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATERI FISIKA DASAR DENGAN SOAL KONTEKSTUAL DAN NONKONTEKSTUAL. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 582-592. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.545
Section
Articles