UJI PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATERI FISIKA DASAR DENGAN SOAL KONTEKSTUAL DAN NONKONTEKSTUAL
Abstract
Fisika berasal dari bahasa Yunani yang berarti “alam”. Fokus dari ilmu fisika adalah mempelajari tentang sifat dan fenomena alam atau gejala alam dan seluruh interaksi yang terjadi didalamnya. Fisika berperan dalam berbagai ilmu pengetahuan lain, salah satunya biologi (biofisika). Hasil wawancara awal menunjukkan bahwa banyak yang masih menganggap fisika itu sulit dan tidak ada kaitannya dengan biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi pada materi Fisika Dasar yang disajikan dalam soal versi kontekstual dan nonkontekstual serta mengetahui tanggapan mereka terhadap terhadap asesmen pemahaman konsep fisika soal “kontekstual” dan “nonkontekstual”. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen berupa soal-soal pemahaman konsep fisika yang disusun dalam versi kontekstual dan nonkontekstual serta instrumen angket untuk menjaring tanggapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Secara umum pemahaman konsep mahasiswa program studi pendidikan biologi pada materi fisika dasar masih rendah baik dalam soal-soal versi kontekstual maupun nonkontekstual; 2) Kemampuan pemahaman konsep mahasiswa program studi pendidikan biologi pada materi fisika dasar lebih tinggi untuk soal versi kontekstual dibandingkan soal versi nonkontekstual; 3) penyajian soal-soal pemahaman konsep dalam versi “kontekstual” dapat mengubah persepsi mahasiswa tentang fisika yang awalnya merupakan mata kuliah yang tidak berkaitan dengan biologi menjadi fisika sebagai mata kuliah yang diperlukan dalam biologi. Hal ini menjadi motivasi bagi mahasiswa dalam mempelajari fisika untuk meningkatkan penguasaan mereka terhadap pengetahuan atau fenomena yang dipelajari dalam biologi.
Downloads
References
Alpindo, O., & Dahnuss, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbantuan Games Pada Matakuliah Fisika Dasar Di Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Kiprah. November 2019; 7 (2): 117-124. http://ojs.umrah.ac.id/index.php/kiprah/
Damayanti,W., Perdana,KF., & Sukarmin. (2016). Penguasaan Konsep Biologi Berbasis Konsep Fisika Menggunakan Pembelajaran Tematik dengan Model Problem Based Learning. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek 2016 (ISSN: 2557-533X)
Eraikhuemen, L., & Ogumogu, A.E. (2014). An Assessment of secondary school physics teachers conceptual understanding of force and motion in Edo South Senatorial District. Academic Research International, 5(1), 253-262. Retrieved from http://www.journals.savap.org.pk/
Fauzi, A & Radiyono.Y (2011). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar I Berbasis Spreadsheet Dengan Pendekatan Analitik Dan Numerik. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) Vol 1 No 1
Hartini, S., Misbah., Helda., & Dewantara, D. (2017). The effective of physics learning material based on south Kalimantan local wisdom. AIP Conference Proceedings. 1-8. http://dx.doi.org/10.1063/1.4995182
Hasibuan, FA & Abidin, J. (2019). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis PhET Simulation. Jurnal Pendidikan Fisika, 8 (2), 102-108. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf
Nur Kadarisman. (2015). Keterpaduan dalam Fisika. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Pathoni, H., Rohati, & Nazarudin (2015). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Dan Aktifitas Mahasiswa Dengan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Media Animasi. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, Volume 2, Nomor 2,119-122 November 2015
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sukardiyono., Rustaman, N Y., Setiawan, A., & Hinduan, A. (2011). Tanggapan Mahasiswa Calon Guru Biologi Dan Kimia Terhadap Asesmen “Kontekstual” Pemahaman Konsep Fisika Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011
Toto, T., & Yulisma, L. (2017). Analisis Aplikasi Konsep Gaya dalam Fisika yang Berkaitan dengan Bidang Biologi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 63 - 72. DOI : https://doi.org/10.21009/1.03109
Zahara, L. (2018). Penerapan Model Hands On Activity Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Kappa Journal Pendidikan Fisika FKIP Universitas Hamzanwadi Vol. II. No. 2. 28-33. DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v2i2.1212
Copyright (c) 2022 Fita Fatimah, Noviana Mariatul Ulfa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.