ANALISIS KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK MAHASISWA PADA MATERI GERAK LURUS

  • Fita Fatimah Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
Keywords: graphic interpretation, basic physics, straight motion

Abstract

Graphs are a form of presenting data that shows relationships or comparisons between variables as well as patterns and tendencies of a data. The ability to interpret graphs is needed so that we can get the right information from the data presented. In basic physics courses, a lot of data is presented in graphical form, one of which is in the material of straight motion. This research is a quantitative descriptive study that aims to determine students' abilities in interpreting graphs on straight motion material in basic physics courses. The instrument used was in the form of multiple choice questions which were tested on 26 students participating in basic physics courses. Based on the data analysis carried out, the result was that students' interpretation abilities in general were still low where on average students were only able to solve graph interpretation questions by 21.8% and only 7.7% of students were able to complete graph interpretation questions up to 50%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, T. (2022). Studi Kemampuan Mahasiswa Menginterpretasi Grafik Pada Pokok Bahasan Termodinamika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya

Anugraheni, N. S., & Handhika, J. (2018). Profil Kemampuan Multirepresentasi Siswa Dalam Materi Fluida. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 533-537).

Busyairi, A., & Zuhdi, M. (2020). Profil Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Ditinjau Dari Berbagai Representasi Pada Materi Gerak Lurus Dan Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 90–98. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1683

Doyan, dkk. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i1.99

Handayani, dkk. 2017. Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol. 2, No. 2, 2017, Hal. 42-48, November 2017

Hasbullah & Nazriana, L. 2017. Peningkatan Kemampuan Interprestasi Grafik Melalui Pendekatan Multi Representasi Pada Materi Gerak Lurus. Prosiding Seminar Nasional Kemaritiman Aceh Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh, 24 Agustus 2017, 1(1): 114 – 118

Hasbullah, dkk. 2018. Penerapan pendekatan multi Representasi terhadap pemahaman konsep gerak lurus. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 2(2), 69-74.

Ma’rifa, dkk. 2016. Analisis Pemahaman Konsep Gerak Lurus pada Siswa SMA Negeri di Kota Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Volume 4 No.3 2016

Munfaridah. 2017. Analisis Miskonsepsi “Gerak Dan Gaya” Menggunakan Instrumen Force Concept Inventory (FCI) Pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Lentera Sains : Jurnal Pendidikan IPA, Volume 7 No 2 November 2017

Mursalin. 2014. Analisis Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada Topik Kinematika Partikel. Jurnal Inpafi Volume 2 No.2 Mei 2014

Nikat, dkk. 2021. Kajian Pendekatan Multirepresentasi Dalam Konteks Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) Vol. 01; No. 02; 2021; 45-53

Nurwahidah, I. 2022. Analisis Pemahaman Konsep Gerak dan Gaya Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan Volume 02 No 01 Februari 2022

Purwana, dkk. (2020). Pengujian Kemampuan Menginterpretasikan Grafik Kinematika Calon Guru Fisika: The Polytomous Rasch Analysis. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika. Volume 6, Nomor 2, November 2020.

Purwanto, C. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Grafik Pada Perkuliahan Fisika Dasar I Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang. Skripsi : Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Puspitasari, W.D., & Febrinita, F. 2020. Persepsi Mahasiswa Tentang Pemahaman Konsep Kinematika Gerak Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. UPEJ : Unnes Physics Education Journal Volume 9 No. 2 2020

Putra, dkk. 2018. Analisis pemahaman konseptual mahasiswa pada materi kinematika partikel melalui tes diagnostik, Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika Volume. 5, No. 1 : hal. 10, 2018.

Riani dkk. 2020. Assessing graph interpretation of high school students: an examination by students’ gender. Journal of Physics: Conference Series. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE) 2020

Subali, dkk. 2015. Analisis Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015)

Subali, dkk. 2020. Profil Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Ditinjau Dari Berbagai Representasi Pada Materi Gerak Lurus Dan Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT). Volume 6 No. 1 Juni 2020. http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1683

Sulistyawati, dkk. 2022. Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Blended Learning Di Masa Pandemi Covid19. Kadikma : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Jember. Vol.13, No.1, hal. 68-73, 2022

Yustiandi & Saepuzzaman, D. (2017). Profil Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika Siswa Sma Kelas X. GRAVITY: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol. 3 No. 1 (2017) hal 30-39

Published
2023-02-19
How to Cite
Fatimah, F. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK MAHASISWA PADA MATERI GERAK LURUS. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 554-566. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.735
Section
Articles