PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 2 ASEMBAGUS SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

  • Miftahus Surur
  • Firman Dwiyanto
Keywords: Cooperative Learning, Team Assisted Individualization, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Abstract

Abstrak: Aktivitas belajar yang rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu
berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang
mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh guru.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui penerapan model pembelajaran
Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian
ini dilakukan sejak tanggal 12 Mei 2016 sampai dengan 21 Mei 2016 dengan
objek penelitian adalah siswa kelas VII-B sebanyak 24 siswa. Desain
penelitian ini adalah skema Hopkins, dengan menggunakan 4 fase, yaitu
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data,
penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Analisis
data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa sebelum
tindakan dalam kriteria sedang. Dari hasil analisis ulangan harian pada siklus
I diperoleh tingkat ketuntasan klasikal 77,86%. Hal ini menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Assisted
Individualization (TAI) pada siklus I belum berhasil, maka dilanjutkan pada
siklus II. Hasil analisis ulangan harian pada siklus II diperoleh ketuntasan
klasikal sebesar 91,14%. Keberhasilan siswa pada ulangan harian
menunjukkan bahwa pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Assised
Individualization (TAI) telah berhasil dan telah dapat membawa siswa pada
hasil belajar yang semakin meningkat serta ditunjukkan ketuntasan belajar
secara individu dengan nilai rata-rata  75 dan tingkat ketercapaian
ketuntasan klasikal 75%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan,
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative
Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) terbukti dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VII B dengan
tingkat ketuntasan klasikal sebesar 91,14%.

Kata Kunci : Cooperative Learning, Team Assisted Individualization,
Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-20
How to Cite
Surur, M., & Dwiyanto, F. (2019). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 2 ASEMBAGUS SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 7-18. https://doi.org/10.47668/pkwu.v6i2.2
Section
Articles