Analisis Keterampilan Ecoprinting dalam Pendidikan Tata Busana: Meta-Analisis terhadap Inovasi Berbasis Lingkungan

  • Qothrun Nada Ma'ruf Batubara Universitas Negeri Medan
  • Winda Bali Ulina Tarigan Universitas Negeri Medan
  • Netty Juliana Universitas Negeri Medan
  • Nirmalasari Nirmalasari Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan ecoprinting dalam pendidikan tata busana melalui pendekatan meta-analisis terhadap publikasi-publikasi nasional. Teknik ecoprinting, sebagai metode pencetakan kain menggunakan bahan alami seperti daun dan bunga, dinilai relevan dalam mendorong pendidikan yang ramah lingkungan dan berorientasi pada keberlanjutan. Metode PRISMA digunakan untuk menyeleksi artikel yang berkaitan dengan praktik ecoprint dalam pembelajaran vokasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ecoprinting berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kreativitas, kesadaran lingkungan, serta kemampuan teknis mahasiswa. Dengan effect size yang tinggi dan standar error yang rendah pada sebagian besar studi kuantitatif, keterampilan ecoprint terbukti berdampak positif dalam membentuk lulusan yang adaptif terhadap tuntutan industri fashion berkelanjutan. Temuan ini mendukung perlunya penguatan kurikulum, fasilitas pendukung, serta kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri kreatif lokal untuk mendorong praktik pembelajaran ecoprint yang lebih kontekstual dan aplikatif. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, A. B., Achmadi, T. A., Rohmantoro, D., & Sari, G. (2020). Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Keterampilan Teknis Era Revolusi Industri 4 . 0. 8(2), 161–165. https://doi.org/10.15294/teknobuga.v8i2.28948

Bartoš, F., Maier, M., Quintana, D. S., & Wagenmakers, E. (2022). Adjusting for Publication Bias in JASP and R : Selection Models, PET-PEESE, and Robust Bayesian Meta-Analysis. 5(3). https://doi.org/10.1177/25152459221109259

Ekeng, E. B., Arop, L. O., Ngwu, M. E., & Ukwekie, S. I. (2022). Analysis of Child Rights and Parental Influence on Career Choice and Development in Nigeria. Journal of Advances in Education and Philosophy, 6(5), 301–305. https://doi.org/10.36348/jaep.2022.v06i05.007

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah. (2020). The Effect of Blended Learning on Learning Activities and Learning Outcomes of Accounting Students. Jurnal Akuntansi Indonesia, 16(2), 93–106.

Fatkhi, N., & Achyar, N. (2024). THE NEEDS FOR DEVELOPING THE SABU-SABU METHOD TO INCREASE THE READING INTEREST OF STUDENTS. 3(1), 14–22. https://doi.org/10.62590/regy.v3i1.106

Gandini, G., Russanti, I., Arifiana, D., & Nashikhah, M. (2023). Pengembangan Media Video Pembuatan Pola Rok dengan Aplikasi Richpeace-Dgs untuk Siswa Tata Busana Kelas XI SMK Negeri 1 Sooko. 7, 1523–1531.

Hikmah, A. R., Retnasari, D., & Indonesia, D. (2020). Ecoprint sebagai alternatif peluang usaha fashion yang ramah lingkungan.

Maya, D., & Sawitri, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Pada Mata Pelajaran Desain Busana Di Smk Muhammadiyah 2 Boja. 12(1), 80–90.

Miller, C. J., Smith, S. N., & Pugatch, M. (2020). Experimental and quasi-experimental designs in implementation research. Psychiatry Research, 283(March 2019), 112452. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2019.06.027

Munandar, A., Nurholizah, S., Artika, D. T., & Mahroja, S. (2023). Evaluasi Program Pendidikan : Tinjauan Terhadap Efektivitas dan Tantangan. 9(2), 128–136.

Nazhif, M. N., & Nugraha, I. (2023). BRANDING UMKM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ECOPRINT. 7, 261–267. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12673

Prasetyo Wibowo, A., Dwi Sukma, dan D., & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya Surabaya, U. (2020). Rancangan Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Bountyclothing Pada Cv. Aldikarya Intisar. Juminten : Jurnal Manajemen Industri Dan Teknologi, 01(04), 24–36. https://doi.org/10.33005/juminten.v1i4.137

Ramadhina, R. (2021). KETERAMPILAN DIGITAL ABAD 21 : PERSIAPAN KERJA SISWA TATA BUSANA DI ERA INDUSTRI 5 . 0. 10, 149–162.

Strelan, P., Osborn, A., & Palmer, E. (2020). The flipped classroom: A meta-analysis of effects on student performance across disciplines and education levels. Educational Research Review, 30(November 2019), 100314. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100314

Susiani, K., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). A study of improving the quality of learning to improve the quality of elementary school education. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 37. https://doi.org/10.29210/1202221786

Widiasih, R., Susanti, R. D., Windani, C., Sari, M., & Hendrawati, S. (n.d.). MENYUSUN PROTOKOL PENELITIAN DENGAN PENDEKATAN SETPRO : SCOPING REVIEW. 3(3), 171–180. https://doi.org/10.24198/jnc.v3i3.28831

Published
2025-08-08
How to Cite
Batubara, Q. N., Tarigan, W. B., Juliana, N., & Nirmalasari, N. (2025). Analisis Keterampilan Ecoprinting dalam Pendidikan Tata Busana: Meta-Analisis terhadap Inovasi Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 13(1), 141 - 154. https://doi.org/10.47668/pkwu.v13i1.1878
Section
Articles