Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Tata Boga di SMKN 1 Praya Barat

  • Nirmalasari Nirmalasari Universitas Negeri Medan
  • Oktomi Harja Politeknik Pariwisata Lombok
  • Qothrun Nada Ma'ruf Batubara Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aspek yang dipelajari selama mengikuti praktik kerja industri (2) Bagaimana Pengalaman praktik kerja industri SMKN 1 Praya Barat (3) Bagaimana Kesiapan kerja siswa lulusan SMKN 1 Praya Barat(4) Pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian tata boga SMKN 1 Praya Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan ex post facto. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Praya Barat di Lombok Tengah pada program keahlian Tata Boga kelas XII. Populasi siswa berjumlah 30 siswa.. Teknik pengambilan sampel menggunakan non Probability sampling sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data melalui angket(kuisioner) yang telah diuji validasi isi oleh validator ahli, validitas konstruk, serta reliabelitas menggunakan rumus Alpha Croanbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan regresi sederhana dengan taraf signifikansi 5% diuji menggunakan IBM SPPS versi 28.0 Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Aspek yang dipelajari selama  praktik kerja industri yaitu pengalaman persiapan, pengolahan dan penyajian. Pengalaman yang dipelajari cooking, pastry bakery dan service (2) Pengalaman praktik kerja industri termasuk katagori cukup 60%, pengalaman praktik kerja 3 bulan 66,7%,  6 bulan 74,5%, berdasarkan tempat di hotel bintang 3 yaitu 74,1%, hotel bintang 4 yaitu 82,9% Pengalaman praktik kerja industri di departemen cooking 70,7% pastry and bakery 73,5% dan service 77,8% (3) kesiapan kerja siswa termasuk katagori baik 66,7%, kesiapan kerja berdasarkan lama prakerin 3 bulan 50,0%, 6 bulan 81,6% kesiapan kerja berdasarkan tempat di hotel bintang 3 yaitu 100%, hotel bintang 4 yaitu 82,9% hotel bintang 5 yaitu 50%. Kesiapan kerja terhadap bidang cooking 55,1% pastry and bakery 70,6% dan pada  service 77,8% (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja yaitu 0,000 < 0,05  adapun besaran efektif pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja dengan kontribusi 40,3% dan sebesar 59,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2021). Keadaan ketenagakerjaan Indonesia Februari 2021 (No. 37/05/th.xxivo5).

Defi, E. (2024). Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan (Tkj) Di Smk Muhammadiyah 2 Bandar Lampung . UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Edriati, S. (2020). Korelasi Pengalaman Praktik Kerja Industri Dengan Kesiapan Siswa Menghadapi Dunia Kerja. Edik Informatika, 6(2), 1–6. https://doi.org/10.22202/ei.2020.v6i2.3745

Kholifatus Sya’diyah, N. (2020). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Taruna Jaya Gresik.

Megayanti, W., Rosadi, N., & Robbani, H. (2023). Stimulasi Rasa Percaya dalam Menghadapi Dunia Kerja bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan IT Napala, Bogor, Jawa Barat.

Noviyanti, D., & Setiyani, R. (2019). Kesiapan kerja siswa: Studi empiris tentang pengaruh mediasi employability skill. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 551–567.

Pertiwi, V. I. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Kesiapan Kerja Siswa (Survei Pada Kelas XII Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 11 Bandung Tahun Pelajaran 2020/2021). FKIP UNPAS.

Ramadhan, G., Kusuma, I. H., & Solehudin, A. (2020). Pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik di Smk Negeri 2 Bandung. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 7(2), 225–234.

Ratnasari, S. L., Awaliah, N., Zahara, Z., Pancaningrum, E., Jesajas, T. G. J., Sanga, M. H., Marnisah, L., & Herminingsih, A. (2023). Dasar-Dasar Manajemen. Yayasan Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.

Rofiudin, A., Prasetya, L. A., & Prasetya, D. D. (2024). Pembelajaran Kolaboratif di SMK: Peran Kerja Sama Siswa dalam Meningkatkan Keterampilan Soft skills. Journal of Education Research, 5(4), 4444–4455.

Rusliyanto, I., & Kusmuriyanto, K. (2019). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Bursa Kerja Khusus, Kompetensi Produktif Akuntansi, Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 33–46.

Sulaeman, Z. M., Nurlaeli, A., & Ma’shum, S. (2024). Implemetasi Kurikulum Pusat Keunggulan Melalui Program Magang Industri di SMK 1 Cikarang Selatan. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 29–35.

Wahyuni, S., Hapsari, F., & Herawati, M. (2021). Pengaruh praktik kerja industri dan minat kerja terhadap kesiapan kerja pada dunia usaha dan dunia industri siswa smk. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1766–1772.

Yahya, H. M., & Mahande, R. D. (2023). Belajar dan Pembelajaran Kejuruan. Indonesia Emas Group.

Yusuf, M. H., Narto, N., Rosyidi, M. R., Suparno, S., Sutarto, A. P., Izzah, N., Rufaidah, A., & Iksan, I. (2024). Kedudukan Soft Skills Dalam Mendukung Kemajuan Karir Siswa Smk Untuk Menghadapi Industri4.0. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 308–312.

Published
2025-02-20
How to Cite
Nirmalasari, N., Harja, O., & Batubara, Q. N. (2025). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Tata Boga di SMKN 1 Praya Barat. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(3), 1140 -1152. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i3.1709
Section
Articles