Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Tata Boga di SMKN 1 Praya Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aspek yang dipelajari selama mengikuti praktik kerja industri (2) Bagaimana Pengalaman praktik kerja industri SMKN 1 Praya Barat (3) Bagaimana Kesiapan kerja siswa lulusan SMKN 1 Praya Barat(4) Pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian tata boga SMKN 1 Praya Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan ex post facto. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Praya Barat di Lombok Tengah pada program keahlian Tata Boga kelas XII. Populasi siswa berjumlah 30 siswa.. Teknik pengambilan sampel menggunakan non Probability sampling sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data melalui angket(kuisioner) yang telah diuji validasi isi oleh validator ahli, validitas konstruk, serta reliabelitas menggunakan rumus Alpha Croanbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan regresi sederhana dengan taraf signifikansi 5% diuji menggunakan IBM SPPS versi 28.0 Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Aspek yang dipelajari selama praktik kerja industri yaitu pengalaman persiapan, pengolahan dan penyajian. Pengalaman yang dipelajari cooking, pastry bakery dan service (2) Pengalaman praktik kerja industri termasuk katagori cukup 60%, pengalaman praktik kerja 3 bulan 66,7%, 6 bulan 74,5%, berdasarkan tempat di hotel bintang 3 yaitu 74,1%, hotel bintang 4 yaitu 82,9% Pengalaman praktik kerja industri di departemen cooking 70,7% pastry and bakery 73,5% dan service 77,8% (3) kesiapan kerja siswa termasuk katagori baik 66,7%, kesiapan kerja berdasarkan lama prakerin 3 bulan 50,0%, 6 bulan 81,6% kesiapan kerja berdasarkan tempat di hotel bintang 3 yaitu 100%, hotel bintang 4 yaitu 82,9% hotel bintang 5 yaitu 50%. Kesiapan kerja terhadap bidang cooking 55,1% pastry and bakery 70,6% dan pada service 77,8% (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja yaitu 0,000 < 0,05 adapun besaran efektif pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja dengan kontribusi 40,3% dan sebesar 59,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti
Downloads
References
Badan Pusat Statistik. (2021). Keadaan ketenagakerjaan Indonesia Februari 2021 (No. 37/05/th.xxivo5).
Defi, E. (2024). Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan (Tkj) Di Smk Muhammadiyah 2 Bandar Lampung . UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Edriati, S. (2020). Korelasi Pengalaman Praktik Kerja Industri Dengan Kesiapan Siswa Menghadapi Dunia Kerja. Edik Informatika, 6(2), 1–6. https://doi.org/10.22202/ei.2020.v6i2.3745
Kholifatus Sya’diyah, N. (2020). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Taruna Jaya Gresik.
Megayanti, W., Rosadi, N., & Robbani, H. (2023). Stimulasi Rasa Percaya dalam Menghadapi Dunia Kerja bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan IT Napala, Bogor, Jawa Barat.
Noviyanti, D., & Setiyani, R. (2019). Kesiapan kerja siswa: Studi empiris tentang pengaruh mediasi employability skill. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 551–567.
Pertiwi, V. I. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Kesiapan Kerja Siswa (Survei Pada Kelas XII Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 11 Bandung Tahun Pelajaran 2020/2021). FKIP UNPAS.
Ramadhan, G., Kusuma, I. H., & Solehudin, A. (2020). Pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik di Smk Negeri 2 Bandung. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 7(2), 225–234.
Ratnasari, S. L., Awaliah, N., Zahara, Z., Pancaningrum, E., Jesajas, T. G. J., Sanga, M. H., Marnisah, L., & Herminingsih, A. (2023). Dasar-Dasar Manajemen. Yayasan Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.
Rofiudin, A., Prasetya, L. A., & Prasetya, D. D. (2024). Pembelajaran Kolaboratif di SMK: Peran Kerja Sama Siswa dalam Meningkatkan Keterampilan Soft skills. Journal of Education Research, 5(4), 4444–4455.
Rusliyanto, I., & Kusmuriyanto, K. (2019). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Bursa Kerja Khusus, Kompetensi Produktif Akuntansi, Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 33–46.
Sulaeman, Z. M., Nurlaeli, A., & Ma’shum, S. (2024). Implemetasi Kurikulum Pusat Keunggulan Melalui Program Magang Industri di SMK 1 Cikarang Selatan. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 29–35.
Wahyuni, S., Hapsari, F., & Herawati, M. (2021). Pengaruh praktik kerja industri dan minat kerja terhadap kesiapan kerja pada dunia usaha dan dunia industri siswa smk. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1766–1772.
Yahya, H. M., & Mahande, R. D. (2023). Belajar dan Pembelajaran Kejuruan. Indonesia Emas Group.
Yusuf, M. H., Narto, N., Rosyidi, M. R., Suparno, S., Sutarto, A. P., Izzah, N., Rufaidah, A., & Iksan, I. (2024). Kedudukan Soft Skills Dalam Mendukung Kemajuan Karir Siswa Smk Untuk Menghadapi Industri4.0. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 308–312.
Copyright (c) 2024 Nirmalasari Nirmalasari, Qothrun Nada Ma'ruf Batubara, Oktomi Harja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.