Analisis Pendidikan Kewirausahaan di Program Studi Tata Busana: Meta-Analysis untuk Mengukur Dampak Relevansinya

  • Qothrun Nada Ma'ruf Batubara Universitas Negeri Medan
  • Dermawan Dermawan Universitas Negeri Medan
  • Nirmalasari Nirmalasari Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini menganalisis evaluasi pendidikan kewirausahaan di Program Studi Pendidikan Tata Busana melalui pendekatan meta-analisis untuk mengukur dampak relevansi program terhadap kebutuhan industri mode dan tekstil. Dengan menggunakan metode PRISMA, 26 publikasi yang relevan diidentifikasi untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kualitas kurikulum, keterampilan kewirausahaan mahasiswa, dan keselarasan dengan tuntutan pasar kerja. Funnel plot mengonfirmasi representativitas data dan validitas temuan. Evaluasi berbasis teknologi, seperti analisis data besar dan pembelajaran mesin, menjadi tren yang mendukung inovasi dalam pengembangan pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini menegaskan pentingnya evaluasi berkelanjutan untuk menciptakan lulusan yang kompeten, inovatif, dan adaptif terhadap perubahan industri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bartoš, F., Maier, M., Quintana, D. S., & Wagenmakers, E. (2022). Adjusting for Publication Bias in JASP and R : Selection Models , PET-PEESE , and Robust Bayesian Meta-Analysis. 5(3). https://doi.org/10.1177/25152459221109259

Cheng, L., Ritzhaupt, A. D., & Antonenko, P. (2019). Effects of the flipped classroom instructional strategy on students’ learning outcomes: a meta-analysis. In Educational Technology Research and Development (Vol. 67, Issue 4). Springer US. https://doi.org/10.1007/s11423-018-9633-7

Claxton, S., & Kent, A. (2020). The management of sustainable fashion design strategies: An analysis of the designer’s role. Journal of Cleaner Production, 122112. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.122112

Fajar Budi Hartanto, C., Rusdarti, & Abdurrahman. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 163–171.

Gandini, G., Russanti, I., Arifiana, D., & Nashikhah, M. (2023). Pengembangan Media Video Pembuatan Pola Rok dengan Aplikasi Richpeace-Dgs untuk Siswa Tata Busana Kelas XI SMK Negeri 1 Sooko. 7, 1523–1531.

Kreisman, D., & Stange, K. (2020). Vocational and career tech education in american high schools: The value of depth over breadth. Education Finance and Policy, 15(1), 11–44. https://doi.org/10.1162/edfp_a_00266

Kumalasari, B., & Idawati, L. (2023). Evaluasi program pendidikan karakter di SD Athalia dengan model CIPP. 11(2), 1–5.

Maya, D., & Sawitri, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Pada Mata Pelajaran Desain Busana Di Smk Muhammadiyah 2 Boja. 12(1), 80–90.

Munandar, A., Nurholizah, S., Artika, D. T., & Mahroja, S. (2023). Evaluasi Program Pendidikan : Tinjauan Terhadap Efektivitas dan Tantangan. 9(2), 128–136.

Prasetyo Wibowo, A., Dwi Sukma, dan D., & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya Surabaya, U. (2020). Rancangan Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Bountyclothing Pada Cv. Aldikarya Intisar. Juminten : Jurnal Manajemen Industri Dan Teknologi, 01(04), 24–36.

Qolik, A., Suyetno, A., Nurmalasasi, R., & Tjiptady, B. C. (2021). Evaluasi CIPP Teaching Factory untuk Pengembangan dan Penjaminan Mutu Peserta Didik. 4, 91–96.

Ramadhina, R. (2021). Keterampilan Digital Abad 21 : Persiapan Kerja Siswa Tata Busana Di Era Industri 5 . 0. 10, 149–162.

Rukmana, A. R., Rahmawati, A., Murni, J. S., & Adzani, V. H. (2021). Evaluasi Program Bantuan Pelaksanaan Teaching Factory di SMK Jakarta Pusat 1. 07(03), 959–966.

Sahabudin, A. (2025). Menumbuhkan Digitalpreneur dan Literasi Digital Mahasiswa melalui Praktik Shopee Affiliate. Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 4(2), 53–56.

Suryati, L., & Yulastri, A. (2023). Penerapan Program Teaching Factory dalam Mempersiapkan Kompetensi Kewirausahan Siswa pada Pendidikan Vokasi. 7(1), 58–66.

Tabitanie Arum Sutawi, N. F. (2022). Pengembangan Video Tutorial Cad Richpeace Menggunakan Aplikasi Tiktok Untuk Media Pembelajaran Di Smkn 2 Godean. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana.

Widiasih, R., Susanti, R. D., Windani, C., Sari, M., & Hendrawati, S. (n.d.). Menyusun Protokol Penelitian Dengan Pendekatan Setpro : SCOPING REVIEW. 3(3), 171–180.

Yolanda, N., & Rizal, F. (2021). Website Based E-Module Development on Computer System Vocational High School 1 Painan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 14(1), 40–46. https://doi.org/10.24036/tip.v14i1.417

Published
2025-02-21
How to Cite
Batubara, Q. N., Dermawan, D., & Nirmalasari, N. (2025). Analisis Pendidikan Kewirausahaan di Program Studi Tata Busana: Meta-Analysis untuk Mengukur Dampak Relevansinya. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(3), 1153 - 1166. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i3.1710
Section
Articles