PENGARUH COMMUNITY OF INQUIRY BERBANTUAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

  • Yayuk Chayatun Machsunah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Durrotun Nafisah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Sutarum Sutarum Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
Keywords: Community of Inquiry, Media Sosial, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Model pembelajaran CoI (Community Of Inquiry) merupakan model pembelajaran yang memberikan ruang kepada mahasiswa untuk terlibat aktif dalam kelompok belajar dalam menyelesaikan masalah guna mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh CoI berbantuan media sosial terhadap kemampuan pemecahan masalah serta untuk mengetahui keterlaksanaannya pada mata kuliah kebijakan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Kampus Lamongan.  Sampel penelitian dari prodi pendidikan PKn sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 mahasiswa dan prodi pendidikan ekonomi sebagai kelas kontrol sebanyak 28 mahasiswa. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling. Proses pembelajaran di kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran CoI berbantuan media sosial dan di kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran CoI tanpa bantuan. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal essai berjumlah sembilan soal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi untuk melihat aktivitas dan keterlaksanaan pembelajaran. Dari penelitian ini didapatkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan (α) = 0,05, dan diperoleh nilai 3,585 pada equal variaces not assumed memiliki sig. 0,001 lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran CoI berbantuan media sosial terhadap pemecahan masalah pada mata kuliah kebijakan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angrraeni, V. (2020). Media Sosial : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuan. https:// dosenpintar. com/pengertian-media-sosial

Devi Syukri Azhari et al. (2017). Peran Dosen Dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pelangi, 9(2), 88–97. https:/ /doi.org/http //dx.doi.org/10.11102/jp.2017.v9i2.1856

Effa Rachma Pratiwi. (2016). The Implementation Of Community Of Inquiry (Coi) Through Blended Learning In Distillation Based On Understanding Of Concepts. Research Report Publikasi Penelitian Dosen Universitas Muhammadiyah Malang.

Fattah, N. (2018). Kebijakan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Garrison, D. (2017). Thinking Collaborativelly. Taylor & Francis.

Hamdi et al. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.

Ida Rahmawati et al. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 404–418. https://doi.org/ https://doi.org/ 10.47668/ edusaintek. v9i2.461

Khasanah et al., (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1 SE-Articles), 41–48. https:// sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44

Majeski et al., (2018). The Community of Inquiry and Emotional Presence. Adult Learning, 29(2), 53–61. https://doi.org/10.1177/1045159518758696

Muzaki et al., (2022). Penerapan Media Pembelajaran Go-Lab Melalui Pendekatan Inquiry Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang Di Kelas VIII SMP IT Al-Fityah Pekanbaru. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3 SE-Articles). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.621

Nabila, Dhifa et al., (2021). Peradaban Media Sosial di Era Industri 4.0. Publishing Group.

Parta. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri, Refleksi Membangun Pertanyaan Penghalusan Pengetahuan Internalisasi Pengetahuan. Universitas Negeri Malang.

Setyosari, P. (2013). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan (6th ed.). Prenadamedia Group.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suranto et al., (2022). Pentingnya Manajemen Ssarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 59–66. https://doi.org/https://doi.org/ 10.33578/kpd.v1i2.26

Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasiona. Bumi aksara.

Published
2023-06-30
How to Cite
Machsunah, Y., Nafisah, D., & Sutarum, S. (2023). PENGARUH COMMUNITY OF INQUIRY BERBANTUAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1071- 1080. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.900
Section
Articles