DEVELOPMENT OF PROBLEM-BASED LEARNING INSTRUCTIONAL DESIGN TO IMPROVE THE PROBLEM-SOLVING ABILITY OF SMA NEGERI 3 LAMONGAN STUDENTS
Abstract
Desain pembelajaran memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas Pembelajaran dan pengalaman belajar peserta didik. Namun pada kenyataanya, banyak Perguruan tinggi (khususnya pada bidang Teknologi Informasi) belum mengembangkan desain pembelajaran secara terstruktur, sehingga proses pembelajaran menjadi tidak Efektif. Melalui pendekatan PBL digunakan karena mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam pemecahan masalah nyata yang relevan dengan materi pembelajaran, yang pada gilirannya akan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas. Pendekatan ini didukung oleh teori konstruktivisme dan kognitif sosial, yang menekankan peran aktif siswa dalam membangun pengetahuan mereka sendiri melalui interaksi dengan konten pembelajaran dan interaksi sosial. Hasil uji coba terbatas menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam nilai post-tes dibandingkan dengan pre-tes, mendukung konsep bahwa pembelajaran aktif, seperti yang diterapkan dalam modul PBL, dapat meningkatkan pemahaman siswa. Proses pengembangan dan pengujian modul ini mencerminkan pendekatan yang sistematis dan berkelanjutan dalam merancang instruksi yang efektif, dengan potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia
References
Anisah, A., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Dengan Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 159–164.
Ashoumi, H., & Shobirin, M. S. (2019). Peningkatan Aktifitas Belajar Mahasiswa dengan Media Pembelajaran Kelas Virtual Google Classroom. E-Prosiding SNasTekS, 1(1), 149–160.
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan besar pendidikan adalah tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Bakri, F., Sunaryo, S., Irawan, V. F., & Muliyati, D. (2018). E-learning model for problem based learning on heat and thermodynamic topics in high school. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2), 101–112.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(3), 283–287.
Kristinawati, E., Susilo, H., & Gofur, A. (2018). ICT based-problem based learning on students’ cognitive learning outcomes. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 38–42.
Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematik siswa smp di tinjau dari resiliensi matematik. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 933–940.
Machsunah, Y. C., Nurdiana, R., & Sutarum. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Pemahaman Konsep Business Model Canvas pada Mata Kuliah Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 434–446.
Muga, W., Suryono, B., & Januarisca, E. L. (2017). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis model Problem Based Learning dengan menggunakan model dick and carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260–264.
Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dan inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33–44.
Purwanto, W., RWW, E. T. D., & Hariyono, H. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1700–1705.
Pusparini, S. T., Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 8(1), 35–42.
Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh penerapan problem based learning (pbl) dan project based learning (pjbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan self efficacy siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346.
Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88.
Tiara, M. (2022). Penerapan Teori Kognitif Sosial Walter Mischel dalam Pembelajaran PPKn. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2).
Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2.
Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 406–411.
Wraga, W. G. (2017). Understanding the Tyler rationale: Basic Principles of Curriculum and Instruction in historical contex. Espacio, Tiempo y Educación, 4(2), 227–252.
Anisah, A., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Dengan Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 159–164.
Ashoumi, H., & Shobirin, M. S. (2019). Peningkatan Aktifitas Belajar Mahasiswa dengan Media Pembelajaran Kelas Virtual Google Classroom. E-Prosiding SNasTekS, 1(1), 149–160.
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan besar pendidikan adalah tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Bakri, F., Sunaryo, S., Irawan, V. F., & Muliyati, D. (2018). E-learning model for problem based learning on heat and thermodynamic topics in high school. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2), 101–112.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(3), 283–287.
Kristinawati, E., Susilo, H., & Gofur, A. (2018). ICT based-problem based learning on students’ cognitive learning outcomes. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 38–42.
Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematik siswa smp di tinjau dari resiliensi matematik. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 933–940.
Machsunah, Y. C., Nurdiana, R., & Sutarum. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Pemahaman Konsep Business Model Canvas pada Mata Kuliah Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 434–446.
Muga, W., Suryono, B., & Januarisca, E. L. (2017). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis model Problem Based Learning dengan menggunakan model dick and carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260–264.
Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dan inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33–44.
Purwanto, W., RWW, E. T. D., & Hariyono, H. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1700–1705.
Pusparini, S. T., Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 8(1), 35–42.
Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh penerapan problem based learning (pbl) dan project based learning (pjbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan self efficacy siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346.
Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88.
Tiara, M. (2022). Penerapan Teori Kognitif Sosial Walter Mischel dalam Pembelajaran PPKn. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2).
Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2.
Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 406–411.
Wraga, W. G. (2017). Understanding the Tyler rationale: Basic Principles of Curriculum and Instruction in historical contex. Espacio, Tiempo y Educación, 4(2), 227–252.
Copyright (c) 2024 Ananda Faridatul Layliah, Yayuk Chayatun Machsunah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.